6 Tips Menonton Video Youtube Hemat Kuota, Efektif & Multitask

Tips menonton Video Youtube durasi panjang. Menonton video di Youtube atau menonton channel Youtube yang dibuat oleh content creator memang lebih mengasikan ketimbang menonton siaran TV lokal & nasional.

Bukan tanpa alasan karena pada channel Youtube penonton atau biasa disebut viewers ini bisa menyesuaikan konten apa yang ingin di lihat sesuai dengan kebutuhan informasi yang diminati.

Sehingga dengan ini penonton tinggal mengetik topik atau informasi apa saja yang ingin di tonton. Ini berbeda pada saluran TV, dimana penonton hanya terpaku pada siaran yang itu-itu saja dengan jumlah channel televisi yang sedikit.

Alasan kedua lebih sering menonton YouTube adalah karena masing-masing stasiun televisi sekarang juga membuka channel pada kanal broadcast Youtube, sehingga bisa live maupun streaming seperti di TV, belum lagi konten tayangan di TV juga kebanyakan di upload di Youtube, sehingga tanpa menonton Televisi kamu dapat memperoleh informasi yang sama.


Tips Menonton Video Youtube Durasi Panjang Jadi Efektif


Beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusi bagi Anda. Terutama ketika menjumpai video youtube durasi panjang lebih dari satu jam maka akan bosan dan terkesan lamban, ingin sekali masuk ke topik inti belum lagi Anda memperhitungkan kuota yang mepet, maka berikut beberapa tips oleh zotutorial.


1. Mempercepat Video Youtube Agar Cepat Selesai


Durasi video youtube panjang? dan video ingin cepat selesai tanpa di skip-skip? Atau boring karena gaya pembicara lamban? Maka tips berikut bisa menjadi solusinya untuk mempercepat speed video youtube tersebut. Langsung saja berikut cara mempercepat menonton video youtube.

  1. Jika menonton Youtube pada Ponsel klik bagian pojok kanan atas [ ]
  2. Jika pada komputer klik logo Gear.
  3. Pilih Playback Speed dari normal ke nilai 1.25x hingga 2x

6 Tips Menonton Video Youtube Durasi Panjang by zotutorial.com

Anda bisa mempercepat speed video youtube sesuai dengan kebutuhan, pada speed youtube terdapat 4 pilihan yaitu 1.25x, 1.5x, 1.75x dan 2x semakin tinggi semakin cepat. 

Umunya speed ideal ada pada speed 1.5 atau 1,75 menjadikan cara ini efektif untuk menonton video youtube dengan durasi satu jam atau lebih.


2. Mengurangi Resolusi Video Youtube Agar Hemat Kuota Internet 


Tips kedua ini kusus untuk Anda yang tidak menggunakan wifi dan mengandalkan paket data dengan kuota pas-pasan untuk di hemat. Yaitu dengan cara mengurangi resolusi video Youtube.

  • Caranya klik bagian pojok kanan atas [ ⁝ ] pada video yang diputar.
  • Klik Quality dari Auto ubah menjadi 144p.

6 Tips Menonton Video Youtube Hemat Kuota by zotutorial.com

Kekurangan cara ini adalah mengorbankan kualitas video menjadi pecah atau blur, tetapi tidak mengurangi kualitas Audio yang Anda dengar.

Cocok untuk konten seperti podcast dan edukasi dengan fokus audio.


3. Agar Bisa Menonton Video Youtube bersama Aktifitas kerja lain (Multitask)


Untuk tips yang satu ini Anda bisa lakukan ketikan menonton youtube di laptop atau komputer PC. Yaitu dengan mode Picture-in-picture display. Sehingga muncul pop-up video yang melayang dan bisa diatur ukuran beserta kolasinya.

Dengan cara ini Anda tetap bisa mengerjakan pekerjaan seperti laporan, office, rekap, aplikasi dashboard sembari menonton Video Youtube secara bersamaan. Detail caranya bisa Anda baca disini.


4. Save to Watch Later Video Youtube Yang Menarik


Ketika Anda menonton Youtube biasanya ada aktivitas kesibukan lain dan ingin mengakhiri, tetapi Anda malas untuk mengetik dan mencari lagi video tersebut di pencarian.

Atau di beranda youtube ada video yang menarik untuk di tonton nanti karena Anda tidak ada waktu untuk menonton pada saat yang bersamaan.

  1. Maka caranya video yang belum selesai Anda tonton tersebut klik to Save to Watch Later.
  2. Atau dari thumbnail video di beranda youtube
  3. Klik titik [ ] di bawah kanan Thumbnail dan pilih Save to Watch Later.

6 Tips Menonton Video Youtube Tonton Nanti Save to watch later zotutorial.com

Membuka kembali Anda tinggal ketuk tab menu Library pada Youtube dan pilih Watch Later.


5. Menggunakan Headset atau Headphone saat menonton YouTube


Menggunakan headset solusi Anda untuk memperoleh audio yang lebih jelas privat dan silent dari lingkungan sekitar Anda dan bebas gangguan bising lingkungan.

Terutama ketika mendengarkan konten-konten yang berbobot untuk menambah ilmu rasanya sangat penting untuk menggunakan headset ini agar lebih fokus. 



6. Maksimalkan Search Fitur Pencarian Video Youtube


Mencari topik video yang menarik ada 2 pilihan kata kunci video lokal dan kata kunci video luar negeri dengan konten bahasa inggris.

Jika Anda tidak menemukan refrensi video yang sedang dicari kamu bisa mencari pada konten video berbahasa inggris, tentunya dengan cara memasukan kata kunci bahasa inggris sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Pastikan input kata kunci ‘keyword’ padat dan jelas antara 3 – 6 kata maka akan muncul suggest keyword dari youtube. Misalnya Cara Membuat Proposal maka akan ditawari beberapa nama pencarian terkait yang cocok untuk Anda.

6 Tips Menonton Video YouTube pencarian kata kunci zotutorial.com


Akhir Kata


Itulah beberapa Tips Menonton Video Youtube durasi panjang agar lebih efektif sekaligus bisa menghemat kuota bagi yang memanfaatkan paket kuota data terbatas.

Sebisa mungkin Anda memanfaatkan kuota data unlimited untuk youtube agar lebih bisa menikmati dan mengeksplore lebih banyak jenis video yang di putar tanpa khawatir kuota utama cepat habis - zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "6 Tips Menonton Video Youtube Hemat Kuota, Efektif & Multitask"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close