Beli Laptop Bekas? 14 Poin ini Wajib di Cek dan Test Saat Membeli

Apakah kamu berencana membeli notebook atau laptop bekas (Second) dengan kondisi yang masih bagus? Maka tips ini wajib untuk Anda simak jika akan membeli laptop bekas atau laptop seken, agar sesuai dengan harapan, tidak tertipu atau kecewa di kemudian hari.


Laptop Itu Penting ?


Laptop, notebook atau netbook (ukuran kecil), keberadaanya sudah seperti kebutuhan primer yang sangat diperlukan di jaman sekarang, itu karena banyak yang Anda bisa melakukan banyak hal dengan perangkat tipis ini. 

Mulai dari bekerja office, programing, surfing, desain, editing, hingga hiburan streaming, gaming bisa kalian lakukan melalui laptop. Disamping itu jenis computer laptop sangatlah fleksibel dan mobilitas tinggi (berpindah tempat) daripada komputer PC atau dekstop yang cenderung untuk pekerjaan statis, tentu disesuaikan dengan kemampuan dan peruntukanya.


Beli Laptop Second Awet atau Malah Beresiko ?


Membeli laptop seken dengan spesifikasi mumpuni ditambah harga yang miring pastilah menggiurkan. Apalagi gap antara membeli baru dengan membeli laptop bekas bisa selisih 1-4 Jutaan, tergantung kondisi dan tahun generasi laptop. Mengenai awet dan tidaknya juga tergantung dari perlakuan dan perawatan pengguna pertama dan tentunya kehati-hatian Anda saat mengecek laptop yang akan di beli.

14 Point Test Wajib Sebelum Membeli Laptop Bekas (Second)

Kamu bisa perhatikan poin-poin di bawah ini sebelum membeli laptop bekas atau laptop second, perlu kecermatan dan tidak terburu-buru (terlalu bernafsu meminang) karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan, mulai dari budget maksimal, spek untuk jenis kebutuhan yang diperlukan, ragam merek dan tipe laptop yang beredar. 

Karena dengan membeli laptop bekas secara sembarangan tanpa cek kondisi dan asal percaya membuat anda berpotensi keluar uang lagi dikemudian hari untuk mengganti komponen parts laptop, pastinya ini akan merugikan bukan.

Note : Tanyakan dahulu kepada si penjual mengenai apa minus dari laptop yang akan kamu pinang (misal batrai drop dsb), setelah mengetahui minus laptop, anda bisa melanjutkan cek & test kondisi dengan poin check list yang ada di bawah ini dengan cermat.

14 Poin Wajib di Cek dan Test Saat Membeli Laptop Bekas (Second)


1. Body, Engsel, Mur, Segel

Pastikan body engsel layar mur dan segel dalam kondisi baik, bila penjual menjamin belum pernah bongkar, sorot saja mur tutup bawah dengan lampu senter untuk melihat apakah ada tanda bekas dibuka/goresan pada cat mur dan cacat segel.

2. Layar

Pastikan layar tidak dead pixel,  bergaris atau shadow putih pada bagian tepian layar, cek dengan cara mengganti wallpaper dengan warna terang dan gelap yang solid agar terlihat. Karena harga layar laptop cukup mahal apalagi untuk display laptop dengan tipe IPS.

3. Stiker Dengan Spek

Amati apakah sticker benar-benar sama dengan spesifikasi real laptop? Jangan sampai tertipu, misal sticker intel dan info di iklan spek generasi 8 tapi realnya generasi 5 atau dibawahnya dan cek juga GPU. Usahakan membawa CPU-Z portable & GPU-Z dalam flashdisk untuk mengecek ini secara detail, termasuk RAM juga.

4. Fan (Kipas Pendingin)

Taruh jari anda di depan pembuangan fan laptop dan rasakan untuk mengetahui apakah angin yang keluar cukup baik, yang berarti menandakan fan berfungsi dengan lancar dan kisi-kisi heatsink terjaga.

5. Port - Port

Periksa port-port (USB, VGA, HDMI, Card Reader, jack audio) yang ada di laptop pada laptop dengan test menancapkan flashdisk pada setiap port nya. Kamu bisa juga siapkan microSD atau headphone untuk cek port jika diperlukan.

6. Touch Pad & Keyboard

Test touchpad & keyboard laptop dengan test mengetik di word atau notepad untuk mengetahui masing-masih tombol apakah masih berfungsi baik. Kamu bisa juga test dengan menggunakan keyboard tester online.

7. Baterai 

Jika sang penjual meyakini baterai laptop masih baik/kuat beberapa jam kamu bisa amati penurunan presentase baterai saat kamu cek laptop posisi tidak di cas (discharge), apakah terjadi penurunan yang signifikan atau penurunan normal saat kamu sedang mengoperasikan. Cek juga Charger laptop apakah daya masuk dengan baik dan periksa apakah Adaptor Charger Ori.

8. Indikator Lampu

Pastikan lampu indikator HDD, Power, Caps Lock, dan WiFi menyala normal ketika sedang digunakan, bila ada yang tidak menyala bisa dipastikan ada bagian yang tidak normal.

9. Sound Play Music & Video

Untuk test suara dan video pastikan siapkan juga musik (.mp3) dan film kualitas HD dalam flashdisk untuk test speaker dan video pada laptop incaran, bisa juga test dengan membuka video youtube pada laptop.

10. Cek Kesehatan HDD/SSD

Ini juga tidak kalah penting agar tidak terjadi kehilangan atau kerusakan data karena masalah HDD bad sector. Untuk mengetahui kesehatan hardisk laptop dari bad sector, hdd yang baik bilamana menunjukan 100% health & performance, siapkan HDD Sentinel portable dalam flashdiskmu sebelum mengunjungi lapak laptop.

11. WIFI & Browsing

Test koneksi internet laptop dengan browser dan wifi menggunakan koneksi hotspot tethering dari HP kamu. Ini berfungsi untuk memeriksa driver dan adapter wirelles apakah berfungsi dengan baik ketika digunakan untuk berselancar internet.

12. Cek Windows

Cek versi windows apakah sudah teraktivasi atau belum, bila sudah teraktivasi tanyakan juga apakah menggunakan windows Original atau hasil cr4ck. Karena penggunaan windows original juga akan berpengaruh pada harga dan keamanan pengoperasian Operating System.

13. DVD Room

Meskipun DVD room sudah usang dan jarang tersedia pada laptop-laptop keluaran terbaru, tidak ada salahnya untuk mengecek dan test dengan membawa CD untuk melihat apakah perangkat dvd room bisa membaca disk dengan normal.

14. Restart & BIOS

Terakhir, cek kondisi laptop setelah di restart, apakah masih berfungsi dengan baik setelah di restart ? dan masuk ke BIOS untuk mengetahui apakah BIOS terkunci atau tidak.

Dan yang yak kalah penting, belilah laptop second dengan melihat fisik dan test barang secara langsung, bukan membeli laptop second dengan transfer atau kirim via ekspedisi. 

Karena dengan melihat dan cek langsung anda dapat leluasa mengecek secara langsung untuk mengetahui minusnya. Kecuali anda telah memahami resikonya dan atau telah menaruh kepercayaan pada si penjual.


Bawa Catatan Check List


Jika kamu sangat awam dan ragu membeli laptop bekas yang baik, ajaklah teman, kerabat atau saudara yang paham tentang masalah laptop, dan jangan lupa bawa catatan ini atau tulis di kertas sebagai catatan check list kondisi laptop. 

Anda patut curiga jika si penjual tidak memperlolehkan melakukan pengecekan laptop. Jika tips ini bermanfaat kamu bisa juga share ke teman kamu yang akan membeli laptop bekas atau kondisi seken.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Beli Laptop Bekas? 14 Poin ini Wajib di Cek dan Test Saat Membeli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel