Cara Menurunkan dan Meningkatkan Kualitas Video di Youtube

zotutorial.com - Cara setting menurunkan dan meningkatkan kualitas video YouTube di Android dan komputer. Aktivitas menonton video youtube atau live streaming channel youtube memang mengasikan, terlebih dimasa pandemi orang kebanyakan mengurangi aktivitas diluar rumah sehingga memaksa bersosialisasi dan belajar dengan menggunakan media Youtube.

Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa untuk mengakses video Youtube memerlukan akses internet yang bisa diperoleh dari wifi maupun kuota paket data yang biasa disediakan oleh masing-masing provider internet.

Mulai jenis kuota internet gretongan yang bisa membeli paket youtube unlimited 1, 2, 3 hingga 7 hari saja atau dalam 30 hari sekaligus. Hal ini membuat semakin banya peminat menonton channel youtube secara streaming ketimbang menonton siaran TV.

Belum lagi ditambah tayangan di youtube beragam mulai dari hiburan dan edukasi yang pengguna bisa memilah mana yang layak dan ingin di tonton.


Setting Kualitas Video Youtube HD atau Low Quality


Bicara soal menonton video youtube ini pastinya tidak terlepas dari kualitas video yang dilihat, dan sebenarnya pengguna bisa mengaturnya sendiri, apakah ingin menonton siaran Youtube dengan kualitas maksimal HD – 4K atau low quality 144p – 240p saja.

Tentu tergantung dengan kebutuhan Anda jika menginginkan tampilan tajam dan memuaskan ketika live stream youtube maka bisa di set Meningkatkan Kualitas Video ke pengaturan maksimal, dan sebaliknya jika mempertimbangkan kuota yang limit maka perlu diturunkan agar lebih hemat.


Cara Setting Youtube Video Quality


Secara default ketika pengguna menonton video di Youtube maka setingan video qualitynya ialah Otomatis. Kualitas Ini akan menyesuaikan secara otomatis kuat atau lemahnya jaringan internet Anda.

Jika jaringan kuat dan stabil misalnya menggunakan Wifi maka secara otomatis akan naik ke HD Quality dan sebaliknya jika jaringan lemah maka hanya di 144-240pixel saja.

Namun tenang saja karena Pengguna bisa memaksimalkan dengan menset ke 4K, 2K atau FHD ketika menonton Youtube, caranya seperti berikut.


Cara Menurunkan Kualitas Video di Youtube (Hemat Kuota)


Setingan ini berguna untuk Anda yang ingin menghemat kuota dengan mengorbankan kualitas video yang di tonton. Atau kendala kualitas jaringan yang lemah dan tidak stabil, agar tidak buffering. Tetapi kualitas Audio tidak berkurang.

  • Buka salah satu video Youtube pada Ponsel Anda.
  • Klik pada bagian pojok kanan atas [  ]
  • Jika menggunakan laptop/PC klik icon Gear.
  • Kemudian klik Kualitas (Quality) – dari Auto menjadi 144p.
  • Semakin rendah Quality konsumsi data semakin rendah dan kualitas video semakin rendah.

Cara Menurunkan Kualitas Video di Youtube agar stabil by zotutorial.com


Tips terbaik untuk jaringan yang lemah Anda setting ke 144p dahulu jika berjalan lancar bisa di tingkatkan ke 240p – 360p.


Cara Meningkatkan Kualitas Video di Youtube


Setingan ini berguna untuk Anda yang menginginkan kualitas video paling maksimal dan jernih tanpa mempedulikan kuota karena menggunakan wifi atau paket Unlimited Youtube

  • Pada video Youtube yang di tonton klik [  ]
  • Youtube pada laptop/PC klik icon gear.
  • Kemudian Pada Quality atur dari Auto menjadi yang paling maksimal, 720p atau diatasnya.
  • Semakin tinggi semakin baik.

Cara Meningkatkan Kualitas Video di Youtube by zotutorial.com


Dengan pengaturan maksimal maka tidak akan terlihat video menjadi pecah-pecah dan blur karena penurunan resolusi pixels.



Mengapa Kualitas Video Hanya Mentok 720p ?


Umumnya beberapa video mentok hanya di 720p tidak bisa 4K atau 2K. itu karena video yang ada di Youtube masing-masing berbeda untuk kualitas maksimalnya karena tergantung si pembuat video tersebut dalam merender video sebelum di upload Youtube atau bisa juga resolusi kamera yang digunakan content creator.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menurunkan dan Meningkatkan Kualitas Video di Youtube"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close