6 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Pembajakan

Tips Cara Mengamankan Akun WhatsApp - Penggunaan aplikasi pesan instan WhatsApp yang begitu besar menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku usaha dan bisnis di era digital saat ini untuk menjaring lebih banyak profit.

Tidak terkecuali menjadi sasaran target bagi penjahat cyber yang ingin menguasai akun untuk tujuan yang sangat merugikan, maka Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Pembajakan ini bisa menjadikan Anda agar lebih secure.

WhatsApp aplikasi populer dengan pengguna lebih dari 5 miliar user di seluruh dunia ini merupakan satu corporate dengan facebook. Dimana aplikasi ini memanfaatkan nomor telepon sebagai id pengguna.

Aplikasi yang sudah diakuisisi Facebook ini tak hanya memberikan keleluasaan pengguna dalam bertukar pesan chat, tetapi lebih dari itu seperti voice note, video call, kirim video, berbagi lokasi, kirim gambar dokumen seperti pdf, ppt, txt, word dan masih banyak lagi bisa dilakukan.

Belum lagi kedepanya WA diwacanakan bisa sebagai alat pembayaran mirip dengan E-wallet, tentu sangat menjanjikan dan menguntungkan.

6 Cara Mengamankan Akun WhatsApp by zotutorial.com


6 Tips Mengamankan Akun WhatsApp dari Pembajakan


Karena itu disini zotutorial akan membagikan tips pengaturan dan konfigurasi akun WhatsApp Anda agar Akun WA Anda menjadi lebih aman dan meminimalkan kejadian pemb4jakan dari oknum cyber berikut info langkapnya.


1. Kunci akun WhatsApp dengan Fingerprint Lock


Pada layanan WhatsApp telah disediakan fitur untuk mengunci akun, yaitu dengan kunci sidik jari khusus untuk penggunanya di ponsel. Kelebihan fitur ini adalah orang lain tidak dapat mengakses riwayat chating pribadi Anda biarpun ada orang yang mencuri dan kamu tidak mengunci ponsel dengan pin / password / pattern / face lock.

Cara mengaktifkan Fingerprint Lock pada whatsapp. 

  • Akses WhatsApp - Pengaturan - Akun - Privasi. 
  • Pada pengaturan privasi scroll ke paling bawah dan klik Fingerprint Lock atau kunci sidik jari. 
  • Pastikan set ke setiap saat atau Immediately.


2. Verifikasi dua langkah WA


Sebagai sarana untuk pertahanan lapis kedua pada akun WA Anda. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur verifikasi dua langkah (Two Step Verification). Dimana cara ini adalah mengandalkan kode PIN 6 digit angka ketika ada oknum yang ingin login dengan akun Anda.

Cara mengaktifkan fitur ini bisa Anda lakukan dengan cara, pergi ke 
  • Pengaturan - Akun - Verifikasi dua langkah - Aktifkan. 
Kamu juga bisa menambahkan alamat email untuk membantu reset ulang jika terjadi lupa pin WA.


3. Set Pengaturan Privasi WA


Foto profil WA secara default dapat di lihat dan di ambil oleh orang lain secara bebas selama orang tersebut mengetahui nomor WA Anda. Maka Anda bisa mengatur hanya orang yang Anda kenal dan hanya Ada di daftar kontak Anda yang bisa mengakses Foto Profil akun WA. Hal ini mirip dengan cara mematikan centang biru dan last seen.

  • Caranya pergi ke menu WhatsApp di ponsel klik titik 3 di sudut kanan atas. 
  • Selanjutnya Akses Pengaturan WhatsApp - Akun - Privasi - Photo Profil
  • Kemudian pilih opsi My Contacts agar hanya rekan di kontak yang bisa melihat WA kamu.


4. Memperbarui WA dan OS perangkat


Aplikasi WhatsApp seringkali mendapat pembaharuan dimana fungsinya adalah untuk menyempurnakan fitur, menambah fitur hingga menambah celah keamanan, jadi pastikan Anda rutin mengupdate Aplikasi penting ini ke versi terbaru.

Caranya tinggal buka Play Store atau App Store dan perbarui (Update) WA. Selain itu pastikan juga untuk mengupdate sistem operasi (OS) yang Anda gunakan baik kernel Android maupun IOS.


5. Memperbarui Browser


Selain penggunaan Smartphone biasanya Akses WA juga bisa dilakukan melalui komputer dan laptop baik melalui Aplikasi WA for PC atau menggunakan browser dengan mengakses WhatsApp web. Yaitu dengan memindai Kode QR yang ada di komputer dengan WA di ponsel sobat. 

Penggunaan WhatsApp web ini juga rentan sehingga pastikan untuk rutin memperbarui browser komputer yang kamu gunakan. Dan jangan lupa sealu rutin update Antivirus Windows yang digunakan.



6. Block, Report Laporkan Spam


Tiba tiba mendapat pesan WA dari orang tidak di kenal? Sering mendapat spam dari marketing? Maka sebaiknya bila terganggu bisa me report dan block nomor akun tersebut.

Jika mengalami chat spam tersebut, sangat mudah caranya pada buka chat WhatsApp orang tersebut –  klik di sudut kanan atas dan pilih More – kemudian pilih report spam atau block.

Dan bila terlanjut terjadi pembajakan akun, untuk penanganan lebih lanjut kamu bisa juga menghubungi pihak WhatsApp dengan melaporkan masalah Anda di Pengaturan - Tentang dan bantuan - Hubungi kami.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "6 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Pembajakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel