Membuat dan Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8 Work!

Cara membuat dan mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8 oleh zotutorial. Secara default setelah menginstall windows 10 atau menggunakan windows 10 yang masih “Fresh” pengaturan System Restore masih dalam keadaan OFF maka kamu bisa mengaktifkan system restore pada windows agar suatu saat ketika terjadi masalah pada system dapat di pulihkan kembali. Tapi sebelumnya bagi anda yang belum tahu simak dahulu apa itu System Restore.

Apa System Restore Itu?

System Restore merupakan fitur yang diberikan oleh Microsoft terhadap produknya Windows agar pengguna dapat mengembalikan kondisi system windows ke titik pemulihan dimana restore point dibuat, atau dalam istilah lain pemulihan system windows sebelum suatu masalah terjadi, entah karena error, terkena virus, bug setelah update windows dan lain sebagainya. Fitur System Restore ini sudah ada sejak lama, dari windows generasi awal hingga yang terbaru windows 10 saat ini

Apa Restore Point Itu?

Sedangkan Restore Point merupakan titik dimana pengguna bisa menentukan posisi awal sebelum suatu masalah terjadi atau bisa disebut point pemulihan atau siaga jika terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan maka pengguna masih bisa mengembalikan system windows pada titik restore point tersebut sebelum terjadi suatu error atau masalah lain.

Sebagai contoh : pengguna meng create restore point pada jam 14.25 tanggal 2/12/2020. Kemudian pada beberapa menit, jam, hari atau minggu kemudian terjadi suatu masalah pada windows karena kesalaan penggunaan maka, kamu bisa melakukan restore system kedalam jam dan tanggal point restore (poin pemulihan) tersebut dibuat.

Harap Diperhatikan

Sebelum melakukan System Restore pastikan kamu juga mengetahui bahwa system restore ini juga akan menghilangkan program yang telah terinstall. Jadi ketika Anda install suatu program yang di install setelah tanggal dan jam dimana Restore System dilakukan atau pada Point yang dipilih.

Maka aplikasi/program yang telah di instal juga akan hilang seperti keadaan dimana saat membuat point System Restore tersebut. Begitu juga ketika kamu telah meng uninstall suatu program maka bisa muncul kembali. Jadi pastikan juga anda telah mengetahui hal ini.

Masuk kedalam System Restore bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dari Control Panel > system, bisa juga dari This PC klik kanan Properties > System Protection. Tetapi kali ini menggunakan perintah di run agar cepat dalam membuka, bagaimana caranya simak tutorial dibawah ini.


Cara Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8

1. Pertama jalankan RUN (WIN + R) pada tombol keyboard.
2. Masukan perintah "SystemPropertiesProtection" kemudian klik Ok.
3. Maka akan muncul tampilan System Properties.

Membuat dan Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8 Work!

4. Pada Protection Settings terdapat partisi yang kamu miliki, lihat apakah ON atau OFF.
5. Jika Off - klik pada pastisi system Local Disk (C:) - pilih Configure.
6. Pastikan pilih ke Turn on system protection untuk mengaktifkan System Restore.
7. Dibagian bawah Disk Space Usage atur Max usage terserah anda misal 10% pada contoh ini.
Jangan lupa klik Ok, dan lihat apakah disk (C:) telah berubah menjadi ON.

Membuat dan Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8 Work!

*Pada penggunan Windows 10 secara default System Restore akan Off


Cara Membuat System Restore Point di Windows 10 dan 8

1. Sama seperti cara diatas, buka System Restore - jalankan RUN (WIN + R) ketik ''SystemPropertiesProtection'' Klik OK.
2. Pilih dan klik partisi disk system windows pastikan telah ON.
3. Kemudian klik Create - Beri keterangan pada Create restore point - klik Create.
4. Maka akan muncul keterangan ''The restore point was created sucessfully'' dan restore point siap digunakan jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Membuat dan Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8 Work!

Untuk proses melakukan restore anda bisa baca di sini Cara Menggunakan System Restore.

System Restore efektif untuk mengembalikan system registry windows ke posisi awal, bukan berarti seperti backup data yang dapat mengembalikan data-data pribadi yang telah hilang, melainkan lebih ke pemulihan registry system windows baik windows 10, 8 maupun 7.

Cukun jelas dan mudah tutorial kali ini tentang cara Membuat dan Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8. Semoga tutorial ini bisa membantu mengatasi masalah pada windows milik anda selamat mencoba dan semoga bermanfaat | zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat dan Mengaktifkan System Restore di Windows 10 dan 8 Work!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel