Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap

Cara Menggunakan System Restore di Windows 10, 8, 7 lengkap gambar dan mudah by zotutorial. Menggunakan system restore merupakan sesuatu yang penting disaat genting, maksudnya di saat system windows milik anda terjadi sesuatu yang tidak di inginkan bahkan windows menjadi error ngebug crash dan sebagainya. Maka langkah mengembalikan atau cara memulihkan windows yang error dengan system restore merupakan salah satu solusi tepat yang bisa anda coba.

System Restore merupakan fitur bawaan yang di sematkan oleh windows untuk mengatasi (resolve) keadaan system windows yang terjadi gangguan akibat suatu tindakan, misalnya setelah meng install program tertentu, meng update windows dan setelah itu menjadi bug, dan karena kerusakan registry windows. Maka cara ini akan sangat membantu memulihkan ke kondisi awal sebelum terjadi masalah, dan beberapa dari fungsinya adalah sebagai berikut.

Fungsi System Restore Berguna Untuk


  • Berjaga-jaga jika aktivitas update windows ada masalah bug.
  • Terjadi error mendadak saat melakukan aktifitas uji coba atau eksperiment pada system.
  • Mengembalikan windows karena terkena mallware ringan.
  • Memulihkan Error/crash setelah menginstal suatu aplikasi kedalam windows.

Sebelum Melakukan :

Pastikan titik point (Restore Point) sebelum melakukan Restore System, windows tidak dalam posisi error. Jika posisi point restore sebelumnya sudah error maka akan menambah masalah pada windows anda. Jika menggunakan Laptop pastikan baterai mencukupi atau jika perlu sambil di charger saja.

Menjalankan System Restore pada penggunaan windows 10 windows 8 atau windows 7 caranya tidak jauh berbeda dari segi penggunaanya.

Penting!! : Jika anda akan menjalankan System Restore tetapi posisi System Restore - Lokasi Partisi System belum ON maka langkah System restore terpaksa tidak bisa dilakukan. Lebih jelasnya bisa anda baca di sini : Cara Mengaktifkan dan Membuat System Restore Windows 10 & 8.


Tutorial Menggunakan System Restore di Windows 10, 8, 7


1. Buka RUN dengan tombol Win + R pada keyboard. Kemudian masukan perintah SystemPropertiesProtection - klik Ok.

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap

Mengakses Restore System bisa juga melalui Control Panel - System and Security - System Protection.


2. Selanjutnya akan akan muncul tampilan System Protection. Pastikan pastisi pada system windows Local Disk (C:) sudah ON. Kemudian klik System Restore kemudian klik Next.

Jika masih OFF? maka dengan berat hati anda tidak bisa melakukan restore point windows. Silahkan baca artikel saya sebelumnya DI SINI.

Jika partisi (D:) (E:) (F:) statusnya OFF? Tidak masalah yang penting lokasi partisi system windows anda ON.

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap


3. Pada tampilan gambar No 2 tadi biasanya juga muncul Recommended Restore dan Choose a different restore point.

Jika anda ingin memilih daftar point system restore yang tersedia seperti gambar ini maka pilih Choose a different restore point.

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap

Pilih sesuai dengan tanggal jam pemulihan sebelum terjadi masalah kemudian klik Next.


4. Kemudian akan di tampilkan Konfirmasi point pengembalian, harap di teliti lagi tentang tanggal dan jam pemulihan karena setelah proses berhasil tidak dapat di Undo kembali. Jika sudah sesuai klik Finish - Yes.

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap

Tunggu hingga proses selesai, biasanya memakan cukup waktu lama untuk proses ini, tergantung kondisi komputer dan windows anda.


5. Setelah berhasil atau proses System Restore complete successfully maka akan tampil notifikasi seperti gambar berikut.

Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap

Dan sekarang windows anda sudah berhasil di pulihkan ke point normal dimana sebelum terjadi masalah error, bug atau sebagainya karena suatu hal. Baca Juga : Cara Mematikan Update Otomatis di Windows 10.

Semoga anda terbantu dengan tutorial cara menggunakan System Restore di Windows 10, 8, 7 kali ini, jika cara ini tidak berhasil untuk anda maka terpaksa anda bisa menempuh cara lain misalnya repair system atau bisa juga dengan meng-install ulang windows.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Menggunakan System Restore Di Windows 10, 8, 7 Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel