2 Cara Memotong (Crop) Foto Menjadi Bulat di CorelDraw

Cara Memotong (Crop) Foto Menjadi Bulat di CorelDraw dan bagaimana cara untuk crop foto menjadi Oval dengan CorelDraw? Nah Jika kamu sedang mencari tahu tentang cara untuk membuat foto menjadi bulat dan oval maka tutorial ini cocok untuk anda simak.

Anda mungkin seringkali menemui foto dengan bentuk bulat atau foto bentuk lingkaran yang biasa didapati pada tampilan beberapa Photo Profile (PP) aplikasi chating seperti whatsapp, Telegram, Line atau sosial media Instagram dan twitter yang semua rata-rata menggunakan foto profil berbentuk bulat.

Untuk membuat foto profil sosial media berbentuk bulat tentu kamu tidak perlu menyiapkan foto khusus bentuk bulat pula, karena di aplikasi tersebut biasanya sudah bisa men-setting secara otomatis biarpun foto anda berbentuk kotak. Baca Juga : Membuat efek tepi foto gelap dengan CorelDraw.


Membuat Foto Bulat & Oval di CorelDraw?

Tetapi bagaimana jika anda memerlukan foto dengan bentuk bulat untuk keperluan desain? misalnya kebutuhan untuk di tempel pada poster, banner kartu nama undangan maupun pas foto untuk curriculum vitae atau CV, maka mau tidak mau harus membuat foto bentuk lingkaran secara manual dengan software editing foto atau vector.

Crop atau memotong foto menjadi bulat bisa dibuat dengan menggunakan beragam software atau aplikasi, mulai dari aplikasi di android hingga software laptop dan komputer dekstop yang  profesional dalam membuat grafis vector dan salah satunya adalah CorelDraw.

2 Cara Memotong (Crop) Foto Menjadi Bulat di CorelDraw

Kali ini zotutorial memberikan informasi dan tutorial tentang bagaimana cara untuk membuat foto bentuk bulat menggunakan CorelDraw 2020, untuk anda pengguna versi dibawahnya seperti CorelDraw X4, X7, X8 tidak jauh berbeda dari segi penggunaan, hanya berbeda lokasi tool atau tampilan icon. Berikut 2 cara memotong crop foto menjadi bulat di CorelDraw.


Crop Foto Menjadi Bulat di CorelDraw dengan Intersect | Cara #1


1. Masukan foto atau gambar yang ingin dibuat bulat / lingkaran, bisa dengan klik open atau drag & drop ke coreldraw.
2. Pada tool bar bilah samping kiri pilih Ellipse Tool (F7).
3. Buat lingkaran sempurna dengan cara Tekan Ctrl keyboard sambil klik lingkaran.
4. Jika sudah seleksi kedua objek tersebut dengan Tekan Shift tahan sambil klik lingkaran dan foto, bisa juga CTRL + A dengan syarat tidak ada objek lain selain 2 objek tersebut.
5. Kemudian pada Property Bar - pilih Intersect untuk memberi potongan. Lebih jelasnya amati gambar bergerak berikut ini.

2 Cara Memotong (Crop) Foto Menjadi Bulat di CorelDraw

Kamu bisa juga membuat foto dengan bentuk Oval atau lonjong tanpa menekan Ctrl seperti cara No 3 diatas, jadi anda bisa atur bentuk oval sesuka anda. Baca Juga : Agar file CorelDraw bisa di buka disemua Versi


Crop Foto Menjadi Oval di CorelDraw dengan Magnify | Cara #2


1. Buat lingkaran sama seperti cara 1 dengan Ellipse tool (F7) dan atur ukuran oval sesuai kebutuhan.
2. Siapkan foto gambar, kemudian pada Menu Bar bagian atas klik Windows - Dockers - Effects - Lens.
3. Kemudian pada Bitmap Effect - pilih Magnify.
4. Atur Amount menjadi 1.0 dan Centang Frozen.
5. Geser lingkaran Oval tadi dan lihat foto juga akan ikut membentuk Oval.

2 Cara Memotong (Crop) Foto Menjadi Bulat di CorelDraw

Dengan 2 cara diatas kamu sama-sama bisa membuat pola bentuk lingkaran dan oval, manakah yang menurut kamu paling mudah dan cepat? Tentu akan tergantung dengan kebiasaan penggunaan anda, sekian tutorial kali ini tentang 2 cara memotong (crop) foto menjadi bulat di CorelDraw semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "2 Cara Memotong (Crop) Foto Menjadi Bulat di CorelDraw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close