Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw

2 cara membuat tepi foto gelap (Efek Vignette) di CorelDraw 2020. Kembali lagi dengan zotutorial yang akan memberi ulasan seputar CorelDraw tentang apa dan bagaimana membuat tepi foto gelap (Efek Vignette) di CorelDraw. Efek ini sering digunakan pada foto-foto studio cetak, foto dokumentasi pribadi hingga foto untuk keperluan sovenir, foto undangan, dan foto wisuda. Tapi apa itu efek Vignette simak dulu ulasan berikut ini.

Apa Foto Efek Vignette Itu?

Efek Vignette merupakan efek pada foto maupun video yang akan membuat ngeblur hitam gelap di tepi sekeliling objek yang menjadi fokus pada foto atau di tepian foto, sehingga menimbulkan seperti bayangan hitam tipis gelap yang mengelilingi objek fokus. Jadi misalkan foto keluarga maka wajah dan badan orang yang akan nampak jelas serta sekeliling foto akan gelap samar seperti bayangan atau gradasi hitam yang tipis dan memudar.

Fungsi pemberian Efek Vignette ini sendiri sama seperti efek blur di sekeliling foto dimana agar membuat samar atau mengabaikan lingkungan fokus yang di bidik, hanya saja untuk Vignette ini umumnya cenderung menggunkan warna hitam samar atau warna putih pada proses penerapanya.

Membuat Foto Efek Vignette di CorelDraw?

Ya, membuat efek vignette ini umumnya bisa dilakukan hampir di semua aplikasi editing dan manipulasi gambar seperti juga pada penggunaan aplikasi CorelDraw yang anda gunakan juga akan bisa menghasilkan effek layaknya pengeditan menggunakan Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Caranya pun mudah saja, anda hanya perlu beberpa langkah dengan kombinasi tambahan perintah pada menu Effects CorelDraw. Tutorial ini menggunakan versi CorelDraw 2020 jika anda menggunakan versi CorelDraw X7, X8 atau CorelDraw versi dibawah maupun diatas secara teknis caranya tidak jauh berbeda, berikut langkah pembuatanya.

Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw
Contoh Hasil Efek Vignette dengan CorelDraw

Langkah Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw


1. Import atau masukan gambar kedalam CorelDraw.

2. Klik foto dan pilih pada Menu Bar klik Effects – Creative – Vignette.
*Jika Anda menggunakan versi CorelDraw X7 atau versi lama lainya, kamu bisa menemukan Vignette di Bitmaps – Creative – Vignette.

Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw

3. Pilih Other beri warna hitam menggunakan color Eyedropper, pada tutorial ini menggunakan hitam 60% dengan kode warna #666666 jika terlalu gelap anda bisa juga menurunkan menjadi 50% dengan kode #808080.

4. Atur Shape ke Ellipse juga Offset dan Fade, di sesuaikan dengan foto milik anda karena masing-masing tampilan foto memerlukan pengaturan yang berbeda agar pas sesuai dengan suasana foto anda.

5.  Jika sudah klik Ok.

Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw



Cara Lain Membuat Foto Efek Vignette di CorelDraw dengan Transparency Tool

Cara kedua ini dengan memanfaatkan fitur Transparency Tool dan bisa digunakan untuk membuat efek Vignette hanya saja memerlukan background hitam untuk proses pembuatanya. Sedangkan cara pertama di atas tidak memerlukan background gelap.

1. Buat kotak dengan ukuran yang sama persis dengan ukuran foto yang akan di edit, menggunakan Rectangle Tool (F6) dan beri warna dasar hitam.

2. Letakan foto menutupi kotak hitam tersebut dengan cara klik kanan Order – Forward One (Ctrl + PgUp).

Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw

3. Klik foto dan pilih Transparency tool – Elliptical fountain transparency, lalu atur sedemikian rupa hingga berada di tengah seperti gambar dibawah ini.

4. Atur titik transparansi yang ada di tengah gambar menjadi 0% atau tanpa transparansi, dan transparansi di luar pada 47% atau atur sesuai kondisi gambar anda.

Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw


Akhir Kata

Dari kedua cara diatas kamu bisa menggunakan dengan cara mana yang kamu anggap mudah dan efisien, sekian tutorial tentang 2 cara membuat tepi foto gelap Efek Vignette di CorelDraw ini semoga dapat membantu dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Tepi Foto Gelap (Efek Vignette) di CorelDraw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close