3 Cara Agar File CorelDraw Bisa dibuka di Semua Versi

3 Cara agar File CorelDraw bisa dibuka semua versi dibawahnya misalkan file yang dibuat pada CorelDraw 2020 bisa dibuka pada versi coreldraw X3, X4, X6, X7 dan sebagainya, maka informasi dan tutorial ini cocok untuk anda praktekan.

CorelDraw dari tahun ke tahun pihak corel merilis versi terbarunya, maka tak heran tersedia beragam versi coreldraw yang digunakan masyarakat. Perkembangan versi corel dapat meliputi penambahan fitur, penyempurnaan fitur yang telah ada dan pembaharuan tampilan interface serta icon-iconya.

File CorelDraw Tidak Bisa Dibuka?

File coreldraw yang disimpan secara default akan ber ekstensi (.CDR) namun pada versi CorelDraw yang beragam digunakan oleh masyarakat terkadang menimbulkan masalah baru yaitu file CDR yang dibuat pada corel versi tinggi, tidak bisa dibuka pada versi coreldraw dibawahnya. Seperti contoh file .CDR dari CorelDraw 2020 maka tidak bisa dibuka pada versi coreldraw X7 atau dibawahnya tanpa menseting terlebih dahulu.

Hal ini kadang menjengkelkan mengingat sudah susah payah mendapatkan file (.cdr) untuk di re-design kembali tetapi ketika dibuka pada versi coreldraw yang kalian punya file ini tidak bisa dibuka dan muncul notifikasi karena versi corel yang tidak compatible dari versi file coreldraw tersebut dibuat. Biasanya akan tampil pesan “This file is version .. To open the file, you must upgrade your version of the program

Atau mungkin juga saat kita diberi tugas dengan mengirimkan file coreldraw ke orang lain untuk di cetak atau di edit, namun saat dibuka oleh orang yang menerima file cdr tidak bisa dibuka, maka cara lain yang tepat adalah dengan mengubah format agar bisa dibuka kesemua versi saat akan save data coreldraw.

3 Cara Simpan File CorelDraw Agar Bisa dibuka di Semua Versi

Untuk menghindari permasalahan seperti diatas maka kamu perlu melakukan salah satu cara berikut ini Jika kamu menggunakna versi CorelDraw teratas dan ingin agar format file dan desain anda bisa dibuka pada semua versi corel dibawahnya.

Cara Pertama Save As menjadi PDF

  1. Caranya klik File - Save As (Ctrl+Sift+S) atau Export (Ctrl + E)
  2. Pilih Save as type dengan format (.PDF) Adobe Portable Document Format. Preset standar Documents Distributin – klik Export.
  3. Atau bisa juga dengan icon pintasan .PDF – lalu Save.

3 Cara Agar File CorelDraw Bisa dibuka di Semua Versi

Cara Kedua Save As menjadi CMX

  1. Sama seperti diatas Save As (Ctrl+Sift+S) atau bisa dengan icon Export (Ctrl + E)
  2. Pilih Save as type dengan format (CMX) Corel Presentation Exchange Legacy.
  3. Setelah itu klik Export.

3 Cara Agar File CorelDraw Bisa dibuka di Semua Versi

Cara Ketiga dengan Convert Online

Yang ketiga adalah dengan cara convert file (.CDR) menjadi (.PDF) melalui situs convert online. Dengan cara convert secara online ini kamu tidak perlu repot upgrade coreldraw pada versi yang sesuai dengan file corel tersebut dibuat.

Caranya mudah saja kamu bisa menggunkana salah satu dari situs convert yang banyak tersedia di google, antara lain :

  • https://cloudconvert.com/cdr-converter
  • https://pdfmall.com/id/cdr-to-pdf
  • https://anyconv.com/id/ubah-cdr-ke-pdf/

Pastikan pilih convert to PDF Unggah file milikmu dan klik convert setelah itu download, jika setelah di import ke Coreldraw milikmu menjadi berantakan tentu kamu harus mengatur ulang, apalagi jika font tidak di Convert to Curves.

Jika kamu menggunakan versi CorelDraw paling atas atau terbaru saat ini kamu tidak perlu khawatir tidak bisa membuka file .cdr karena CorelDraw versi paling atas dapat membuka semua jenis file .cdr coreldraw versi dibawahnya.

Dari beberapa cara diatas yang bisa kamu coba untuk menyimpan coreldraw agar bisa dibuka di semua versi sehingga tidak ada kendala dalam mengimport corel di versi milikmu. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "3 Cara Agar File CorelDraw Bisa dibuka di Semua Versi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel