2 Cara Cek Tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows

2 cara cek tipe partisi Hardisk MBR atau GPT di Windows 10, 8.1, 7 by zotutorial. Hardisk atau banyak menyebut HDD Storage merupakan penyimpanan data digital berbentuk piringan cakram yang berputar. Media penyimpanan hardisk ini sudah sejak lama digunakan pada perangkat komputer PC dekstop, laptop dan untuk keperluan storage server. Hingga pada akhirnya munculah revolusi pengganti hardisk jenis HDD konvensional mekanik dengan hard disk jenis SSD (Solid State Disk) yang lebih cepat dan mumpuni dengan beragam kelebihan lainya.

Penting Cek Tipe Hardisk Sebelum Install Ulang

Sebelum anda menginstall ulang sebuah perangkat laptop atau komputer pc perlu anda ketahui dahulu mengenai jenis patisi hardisk yang digunakan karena skema partisi pada hardisk baik HDD maupun SSD terdiri dari 2 jenis yaitu partisi disk tipe MBR dan GPT, untuk tipe keduanya baik tipe hardisk MBR maupun GPT terdapat beberapa perbedaan diantaranya yaitu sebagai berikut.

Tipe Partisi MBR (Master Boot Record)

  • Mampu mendukung maksimal 4 Primary Partitions.
  • Hanya mendukung kapasitas Hardsik maksimal sebesar 2 Terabyte (TB).
  • Dapat digunakan di semua versi Operating System Windows.

Tipe Partisi GPT (GUID Partition Table)

  • Mendukung penyimpanan storage up to 9 ZB (zettabyte) tetapi belum ada kapasitan penyimpanan sebesar ini karena 3 tingkat diatas TB atau Terabyte.
  • Mampu dibagi partisinya hingga 128 partisi.
  • Support Windows XP 64 bit atau beberapa versi windows yang kompatibel saja.

Sebelum hadirnya windows 8 dan windows 10 skema partisi ini memang jarang dibahas dan dugunakan karena kebanyaan masih mengandalkan skema pastisi lama yaitu dengan MBR, tetapi ketika teknologi semakin update maka GPT sekarang juga banyak diterapkan dan diperhitungkan dengan beragam kelebihan yang dimiliki.

Mengetahui tipe ini penting diperhatikan ketika akan membuat bootable windows untuk menginstal ulang, dimana biasanya terdapat pilihan apakah akan membuat bootable jenis GPT atau MBR, agar tidak salah dalam menentukan jenis tipe partisi maka baiknya anda mengecek atau memeriksa terlebih dahulu melalui 2 cara cek tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows 10, 8.1, 7.


1. Cek Tipe Partisi Hardisk Menggunakan Disk Management


1. Masuk ke disk management bisa melalui pojok kiri icon start windows klik kananDisk Management.
2. Bisa juga dengan run tombol Windows + R – ketik diskmgmt.msc

2 Cara Cek Tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows

3. Maka akan ditampilkan Disk Management - klik kanan pada disk yang akan di cek – pilih Properties.

2 Cara Cek Tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows

4. Pada tab properties pilih Volumes – dan lihat Partition Style – Apakah MBR atau GPT?

2 Cara Cek Tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows



2. Cek Tipe Partisi Hardisk Menggunakan CMD


  • Masuk kedalam Command Promt / CMD Admin.
  • Ketikan pada command – diskpart – Enter, kemudian ketik list disk.
  • Pada GPT liat apakah ada tanda bintang (*) dibawah garis --- jika ada maka tipe partition style menggunakan GPT tetapi jika kosong seperti gambar dibawah ini berarti menunjukan tipe partisi MBR.

2 Cara Cek Tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows

Setelah kamu mengetahui jenis pastisi Hardisk yang akan digunakan sekarang kamu bisa menetukan Partition Scheme pada saat membuat bootable windows, tutorial cara membuat bootable juga bisa kamu simak caranya pada link di bawah ini.


Dengan begitu anda tidak perlu khawatir salah dalam membuat dan menentukan schema partisi windows yang akan di instal. Cukup sampai disini informasi dan tutorial dari zotutorial mengenai 2 Cara mengetahui Tipe Partisi Hard disk (MBR atau GPT) di Windows 10, 8.1, 7 selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "2 Cara Cek Tipe Partisi Hardisk (MBR atau GPT) di Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close