Membuat Bootable Windows di FlashDisk dengan Rufus

Zona Tutorial - Kembali lagi dengan ulasan dan tutorial seputar Windows. Proses intalasi atau umum disebut install ulang windows yang awalnya menggunakan CD (Compact Disk) sekarang mulai bergeser menggunakan USB Flashdisk, walaupun tidak sepenuhnya instalasi menggunakan CD ini di tinggalkan, apabila anda membeli Windows yang Original tentunya masih menggunakan CD dalam paket penjualanya.

Namun saya tidak akan membahas install ulang menggunakan CD, kali ini saya akan membagikan cara untuk membuat bootable windows pada USB Flashdisk menggunakan rufus. Mungkin ada yang belum tahu Bootable Windows itu apa, berikut saya beri penjelasan singkatnya.

Apa Bootable itu ?

Bootable merupakan fasilitas yang dapat digunakan system operasi untuk di tempatkan dalam media penyimpanan seperti CD/DVD-ROM, USB Flashdisk atau media penyimpanan lainya. Dinamakan bootable windows ini karena system operasi akan melakukan first boot menggunakan media penyimpanan flashdisk atau CD yang telah di pasang ISO Windows, linux atau Operating System yang lain saat tahapan pengaturan BIOS.

Sehingga apabila kita ingin meng install ulang computer BIOS harus di tentukan media apa yang akan di load system operasinya dengan menentukan first boot nya, apakah akan menggunakan Hardisk, Flashdisk atau melalui CD-ROM untuk di teruskan ke proses selanjutnya. Rufus sendiri adalah aplikasi ringan sebagai mount antara ISO windows ke dalam flashdisk. Bagaimana cara membuat bootable windows dengan rufus langsung saja simak langkah-langkah berikut.

Tutorial Membuat Bootable Windows pada USB Flashdisk Dengan Rufus

Langkah Pertama
Sebelum membuat bootable windows pastikan anda sudah memiliki Rufus dan ISO Windows yang akan di install, Bila belum memiliki rufus dapat anda download di Rufus atau di sini filehippo.com.
Aplikasi Rufus ini bersifat portable, jadi anda tidak perlu menginstall program. Tinggal open dan siap digunakan, dan ukuranya pun kecil tidak sampai 1 Mb.

Langkah Kedua
Siapkan Flahdisk dengan kapasitas 4Gb atau 8Gb di sesuaikan dengan ukuran ISO Windows. Backup semua data dalam Flashdisk ke device atau media lainya, karena kita akan mengosongkan dan memformat FD tersebut. Saya mengguakan Flashdisk kapasitas 8Gb untuk bahan kali ini.

Langkah Ketiga
Buka aplikasi Rufus, dan atur seperti pada gambar dibawah ini, untuk memasukan klik icon ISO Windows dan cari directory folder tempat anda menyimpan ISO Windows. Pada contoh kali ini saya menggunakan ISO Windows 8.1 AIO sebesar 5.8 Gb. Setelah itu klik Start - OK. Biarkan hingga proses copy selesai.


Langkah Keempat
Setelah proses Copying ISO Files selesai ditandai dengan tulisan Ready atau Done selanjutnya klik button close. Eject Flashdisk tersebut, lalu tancapkan kembali apakah sudah berubah menjadi seperti ini untuk icon device di list partisi.

Membuat Bootable Windows di FlashDisk dengan Rufus

Selesai cukup mudah bukan dan USB Flashdisk siap digunakan untuk menginstall windows pada computer PC maupun Leptop untuk berulangkali, apabila anda ingin mengembalikan fungsi asli flashdisk tersebut untuk menyimpan dan copas data tinggal di Format kembali. Sobat juga dapat menggunakan ISO Linux, untuk MacOS saya belum pernah mencoba untuk diaplikasikan pada Macinthos, bagi sobat yang pernah mencoba bisa tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Itulah sedikit informasi dan tutorial yang dapat saya bagikan tentang cara untuk membuat bootable windows pada USB flashdisk menggunakan Rufus. Simak tutorial-tutorial lainya dari zona tutorial, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan selamat mencoba.

0 Response to "Membuat Bootable Windows di FlashDisk dengan Rufus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel