Cara Print Pas Foto 4x6 lewat Photoshop di Rumah

ZOTUTORIAL.com - Print pas foto dapat dilakukan siapa saja terlebih harga printer yang kian terjangkau membuat sebagian orang mampu membelinya. Cetak pas foto ukuran 4x6 dan 3x4 dengan printer di rumah dapat dibuat berbekal aplikasi Photoshop bawaan laptop dan PC yang dimiliki.

Setidaknya ketika akan mencetak pas foto secara mandiri menggunakan printer pribadi dirumah dan printer kantor, persiapkan dahulu kertas khusus cetak foto seperti kertas foto glossy, kertas foto doff harganya pun terjangkau.

Untuk menghindari pas foto dapat luntur, proses cetak pas foto rumahan ini tidak di sarankan untuk keperluan pas foto dokumen jangka panjang yang di simpan dalam durasi lama seperti untuk pas foto ijazah dan pas foto buku nikah. Namun cocok dugunakan untuk dokumen sementara seperti pas foto CV lamaran kerja, SKCK dan berkas lain yang bersifat sementara.

Nah bagaimana langkah membuat dan menyusun beberapa pas foto ukuran 4x6 pada 1 kertas foto ukuran A4 pada lembar canvas photoshop, mari ikuti step-step tutorial berikut.


Langkah Print Pas Foto di Photoshop


Pastikan sudah menyiapkan pas foto yang telah di croping dengan ukuran yang sesuai, caranya bisa Anda simak di pembahasan tutorial crop foto 4x6 di photoshop.

  • Pertama buat lembar kerja baru dengan ukuran kertas foto yang telah di sesuaikan, sebagai contoh ukuran A4 dengan setingan international paper.

Cara Cetak Pas Foto 4x6 lewat Photoshop

  • Masukan pas foto atau tarik drag dan drop kedalam canvas photoshop.
  • Atur pas foto dengan mengunci rasio, klik icon rantai dan tarik sudut pas foto hingga mengecil.
  • Taruh pas foto di pojok kiri atas dan atur ukuran menjadi sesuai rulers / garisan photoshop yaitu 4cm lebar dan 6cm tinggi.
  • Untuk cara memunculkan rulers photoshop bisa dengan klik tab menu View – Rulers.
  • Bila sudah sesuai klik centang dibagian atas menubar.
  • Selanjutnya beri sedikit border jarak atas dan samping seperlunya untuk frame pas foto dengan cara geser menggunakan mouse.

Cara Cetak Pas Foto 4x6 lewat Photoshop

  • Kemudian gandakan foto dengan cara klik foto dan tekan Ctrl + J atau F2
  • Kemudian geser foto menggunakan mouse tepat di samping foto pertama.
  • Lakukan hal serupa hingga pas foto tersusun rapi kesamping kanan.
  • Dan gunakan langkah serupa untuk pas foto yang berjejer di bagian bawahnya.

Cara Cetak Pas Foto 4x6 lewat Photoshop

  • Bisa juga anda lakukan dengan cara merger layer untuk deret foto bagian atas kemudian di duplikat layer tarik kebawah.
  • Selanjutnya siap untuk proses cetak pas foto 4x6 menggunakan printer di rumah dan kertas foto glossy yang anda miliki.

Cara Cetak Pas Foto 4x6 lewat Photoshop

Selesai dan setelah tercetak, pas foto dapat anda potong dengan menggunakan penggaris dan cuter agar potongan lurus dan rapi.

Sobat bisa memberi bingkai frame dengan garis border menggunakan rectangle untuk memudahkan proses pemotangan tepian pas foto dengan cara membuat frame di awal proses pembuatan pas foto mentah maupun saat penyusunan awal pas foto pertama.

Semoga tutorial kali ini menginspirasi sekaligus mengedukasi anda dalam proses cetak pas foto yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah tanpa perlu pergi ke percetakan foto, selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Print Pas Foto 4x6 lewat Photoshop di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close