Cara Menonaktifkan atau Disable Antivirus (AVAST) Sementara

Zotutorial.com - Bagi sebagian orang, komputer telah menjadi perangkat yang mungkin tidak terpisahkan dalam kesehariannya mulai dari multitasking office, internet, hiburan, bermain game hingga mencari rejeki juga dapat dilakukan melalui perangkat computer PC maupun laptop.

Keberadaan Antivirus dalam sebuah device Komputer PC atau laptop pun sudah menjadi suatu software yang wajib di install dalam perangkat sama halnya seperti web browser dan juga office. Sebanyak 25% pengguna komputer di dunia lebih memilih mematikan antivirusnya karena berbagai alasan. Salah satu penyebabnya adalah karena sering membuat kinerja komputer jadi melambat.

Antivirus Avast merupakan salah satu antivirus favorit yang saya gunakan di laptop karena ringan. Tetapi pada kondisi tertentu terpakasa saya harus nonaktifkan (Disable) antivirus Avast, misalnya saat menginstall program patch tertentu terkadang dianggap virus oleh Avast, hal ini terjadi karena ada beberapa program yang struktur scriptnya mirip dengan worm atau trojan sehingga dicurigai sebagai virus karena memanfaatkan suatu celah pada system, dan setelah program selesai terinstall antivirus Avast dapat diaktifkan kembali.

Mengapa bisa demikian, ini karena antivirus memang di desain sedemikian rupa untuk menjadikan tameng perlindungan komputer terhadap berbagai jenis program jahat dari luar baik proses instalasi program maupun transfer antar device dan jaringan (internet).

Menonaktifkan atau Disable Antivirus (AVAST) Sementara

Meskipun antivirus dapat dinonaktifkan sementara, anda tetap harus berhati-hati dan selektiv jika akan menginstall suatu program patch. Untuk cara mematikan sementara antivirus avast dapat dilakukan dengan 2 cara lebih lengkapnya mari simak langkah-langkah berikut ini.

Cara Menonaktifkan (Disable) Sementara Antivirus Avast 2018

Cara Pertama anda bisa lihat pada icon menu Task Bar kanan bawah seperti gambar berikut, klik kanan Avast Shields Control - pilih durasi waktu Disable yang diperlukan.

Menonaktifkan atau Disable Antivirus (AVAST) Sementara

Terdapat 4 Pilihan Durasi Disable Shields :
  • Disable For 10 Minute : Menonaktifkan Avast selama 10 menit dan setelah itu otomatis aktif kembali
  • Disable For 1 Hour : Menonaktifkan Avast Selama 1 jam dan setelah itu otomatis aktif kembali
  • Disable until Computer is Restarted : Menonaktifkan Avast hingga komputer di restart, bila komputer di shutdown dan hidup kembali maka avast akan tetap Disable.
  • Disable Permanently : Menonaktifkan Avast secara total atau permanen.

Cara Kedua adalah dengan membuka interface Antivirus Avast, yaitu buka terlebih dahulu Avast anda kemudian klik  Settings Components - File Shield - dan pilih durasi Disable seperi diatas.

Menonaktifkan atau Disable Antivirus (AVAST) Sementara

Bagaimana Cara Mengaktifkan (Enable) Antivirus Avast kembali ??

Untuk mengaktifkan kembali Avast anda klik kanan icon Avast pada Task bar - Avast Sields Control - Klik Enable All Shields - selesai 

Itulah beberapa ulasan yang dapat saya share kali ini tentang cara Menonaktifkan atau Disable Antivirus (Avast) Sementara pada computer atau laptop. Terimakasih atas kunjunganya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menonaktifkan atau Disable Antivirus (AVAST) Sementara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel