Tutorial Crop Foto 4x6 di Photoshop Paling Mudah

ZOTUTORIAL.com - Langkah crop pas foto ukuran 4x6 seringkali dibutuhkan saat membuat dokumen seperti berkas formulir pedaftaran KUA untuk foto buku nikah, pendaftaran kerja atau CV, pembuatan SKCK, pembuatan plakat dan masih banyak lagi, selain itu ada juga ukuran pas foto 3x4 yang lebih kecil, namun apa sebenarnya fungsi croping foto itu?


Fungsi Crop Foto


Fungsi Crop foto adalah untuk memotong bagian yang tidak diperlukan, selain itu crop juga diperlukan agar ukuran foto sesuai kebutuhan, seperti ukuran foto menjadi 4x6, 3x4 dan 3x2 demikian untuk ukuran lainya.

Crop foto juga biasa digunakan untuk mengganti bacground pas foto, hingga mengambil objek yang di crop untuk digabungkan dengan foto gambar lain. Selain itu membuat foto dengan background transparan juga bisa dilakukan.

Beberapa metode crop foto dapat dilakukan seperti dengan menggunakan aplikasi crop online gratis atau web tools online untuk memotong pas foto hingga sesuai yang di inginkan. Atau crop foto pun juga dapat dilakukan dengan menggunakan HP android segala merek.

Namun kali ini akan membahas bagaimana cara crop foto dengan menggunakan photoshop yang biasa digunakan untuk beragam proses editing foto. Crop foto di photoshop bisa dilakukan dengan beragam metode pula, seperti cara berikut ini.


Cara Crop Pas Foto ukuran 4x6 di Photoshop


Sobat bisa menggunakan Photoshop CC maupun Photoshop Cs6 versi berapapun untuk memulai langkah ini berikut dapat anda amati langkahnya.

  • Masukan Foto yang akan di crop kedalam Adobe Photoshop
  • Pada menu bar photoshop pilih Crop Tool atau tekan C pada keyboard.
  • Selanjutnya akan muncul bingkai croping, pada bagian atas pilih ratio 2 : 3 (4 : 6)

Tutorial Crop Foto 4x6 di Photoshop

  • Atur area foto yang akan di crop dengan cara tarik kedalam / keluar ujungnya hingga sesuai.
  • Setelah itu klik tanda centang pada bagian atas menu untuk langkah akhir croping.

Tutorial Crop Foto 4x6 di Photoshop

Selesai dan sobat tinggal Save As untuk menyimpan foto yang dapat dilanjutkan langkah selanjutnya apabila ingin mencetak di cetak foto digital, warung fotocopy maupun cetak sendiri dengan printer di rumah menggunakan kertas khusus foto.



Cara Crop Foto ukuran 3x4 di Photoshop


Sama seperti cara sebelumnya hanya berbeda skala atau rasio. Untuk pas foto 3x4 rasionya sedikit lebih pendek yaitu pengurangan pada tinggi sebesar 1cm.

  • Pilih menu Crop Tool (C) di photoshop dan atur rasio menjadi menjadi 3 dan 4 
  • Atur dengan menarik ujung croping dan menggeser area foto hingga sesuai, dan klik centang.
  • Selanjutnya anda tinggal save as image.

Cara Crop Foto 3x4 di Photoshop


Kini sobat bisa melakukan tutorial crop foto seperti langkah diatas, karena photoshop tidak terlalu sulit untuk beberapa editing foto ringan.

Tentunya untuk menjadi expert dalam pengeditan foto misalnya dengan menggunakan pen tools untuk menyeleksi dan mengambil bagian tertentu pada objek foto perlu banyak melatih skill keterampilan photoshop.

Kamu dapat mengikuti tutorial photoshop lainya di situs ini maupun pengeditan lain menggunakan coreldraw, selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Crop Foto 4x6 di Photoshop Paling Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close