8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget? Harus Coba Ini!

8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Wajib di Coba by zotutorial.com

Jika kamu merasa gelisah ketika tidak mengakses media sosial, bermain game atau untuk cek ponsel itu berarti sudah termasuk kecanduan gadget. Efek candu gadget bisa dialami siapa saja baik anak-anak hingga orang dewasa, tingkat keparahan addicted gadget ini juga berbeda-beda di tiap orangnya.

Kecanduan HP disamping mempengaruhi mental atau psikis, juga dapat mempengaruhi fisik. Selain itu dampaknya juga akan membuat boros kuota internet anda sehingga menambah biaya pengeluaran untuk menghemat kuota, lengkapnya kamu bisa baca pada ulasan 8 cara menghemaat kuota internet untuk sosmed instagram, youtub dan fb dan lainya.

Agar terhindar dalam fase kecanduan dan efek yang lebih dalam, karena itu pentingnya membatasi rutinitas sosmed dan ponsel harian Anda dengan 8 cara mengatasi kecanduan gadget berikut ini.


1. Meditasi


Tidak memikirkan hal yang mengasikan berkaitan dengan ponsel untuk sementara waktu perlu dilakukan. Ini biasanya akan timbul ketika Anda bingung tidak ada kegiatan apa yang akan dilakukan, sehingga pikiran terdistraksi untuk mengecek ponsel.

Karena itu agar pikiran Anda tenang, dapat mencoba redam dengan cara meditasi. Beragam teknik meditasi bisa Anda coba seperti meditasi olah nafas, meditasi zikir, meditasi hening, fokus 1 titik dan sebagainya yang menurut Anda cocok untuk diterapkan. 


2. Lakukan Aktivitas Fisik atau Sosial


Melakukan aktifitas fisik selain bagus untuk otot dan menyehatkan tubuh Anda, juga menghindari ingin membuka ponsel. Itu karena otak akan cenderung melakukan apa yang sering dilakukan ketika sedang tidak memiliki aktivitas atau kegiatan, sehingga menimbulkan rasa ingin membuka ponsel.

Selain itu bersosialisasi dengan teman dan warga sekitar atau hanya sekedar merawat tanam dan hewan peliharaan juga hal yang positif untuk mengurangi kecanduan gadget.  


3. Atur Durasi Membuka Instagram, Youtube, FB, WA


Kebiasaan yang susah biasanya adalah karena anda tidak bisa lepas dari ponsel karena keinginan chat dengan sang kekasih lebih sering, jika Anda orang yang sedang memadu kasih, pecandu game online, dan kepo terhadap beranda sosmed juga youtube sehingga selalu ingin membuka.

Pastikan kamu memiliki kemauan untuk membatasi bermain medsos misalkan selama satu jam saja atau 2 jam dalam sehari, diluar akses gadget untuk urusan bekerja. Dengan melakukan hal ini secara konsisten dalam beberapa hari hingga minggu, dengan demikian sekaligus bisa membantu kamu mengatasi masalah boros kuota dan efek candu.


4. Jangan Main HP 1 Jam Sebelum Tidur


Tidak bisa dipungkiri jika pada jam-jam malam biasanya akan sering digunakan untuk mengakses ponsel, ini juga akan mempengaruhi otak untuk terus bekerja hingga puncak kejenuhan. Selain itu kualitas tidur Anda juga bisa terganggu, seperti tidak bisa tidur lelap, dan insomnia berkepanjangan. Karena itu pastikan jangan memainkan ponsel 1 jam hingga 30 menit sebelum tidur malam.


5. Menyembunyikan Aplikasi


Aplikasi yang sering di lihat pada tampilan menu utama atau homepage Android, ini akan membuat keinginan dan teringat untuk mengaksesnya, maka demikian hilangkan widget icon aplikasi yang ingin di hilangkan pada menu utama ponselmu caranya bisa dengan hidden aplikasi android.

Atau dengan cara menyembunyikan (hidden) aplikasi Android bisa dilakukan dengan fitur yang terdapat pada ponselmu jika tersedia.


6. Hapus (Uninstall) Aplikasi


Selain menyembunyikan, bisa juga secara totalitas langsung menghapus aplikasi yang membuat candu secara permanen, seperti game tertentu. Hal ini agar tidak memberi kesempatan untuk membuka kembali. 


7. Jalan-jalan ke Perpustakaan atau Toko Buku


Kamu bisa mengganti kebosanan karena tidak ada rutinitas akibat tidak memegang ponsel dengan menggantinya dengan membaca buku-buku yang anda senangi. Selain itu bisa juga mencari majalah atau inspirasi dari buku di toko seperti gramedia agar pikiran anda menjadi aktif.


8. Nonaktifkan Notifikasi Sosial Media


Satu lagi yang efektif untuk menekan keinginan membuka media sosial adalah dengan mematikan notifikasi. Dengan begitu anda tidak terganggu sekaligus penasaran untuk membuka dan selalu membuka ponsel setiap ada notif instagram, Fb dan lainya masuk.

  • Caranya tekan tahan ikon aplikasi di beranda ponselmu.
  • Pilih App Info / Info Aplikasi.
  • Lalu ketuk pada Notification.
  • Matikan Show Notification atau semuanya.
  • Atau bisa baca disini untuk detainya.


Maka notifikasi sosmed yang mengganggu karena muncul di atas ponsel tidak akan muncul lagi.

Dengan begitu selain dapat mengatasi efek kecanduan gadget dan selalu ingin mengakses sosial media, 8 Cara Mengatasi Kecanduan HP ini juga tentunya akan menghemat kuota internet ponsel, semoga bermanfaat | zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "8 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget? Harus Coba Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close