Cara Screenshot Panjang di Laptop/PC Format JPG, PNG dan PDF

Zotutorial.com - Tangkapan layar secara memanjang atau disebut Full Screenshot web page, biasa dilakukan oleh pengguna gadget, biasanya screenshot panjang ini biasa dilakukan pada layar chat wa dan aplikasi sosmed Hp Android maupun IOS. Tetapi pada komputer kamu bisa juga melakukan sc memanjang di laptop atau komputer PC yang sobat gunakan.

Screenshot memanjang sangat penting penggunaanya mengingat biasa digunakan untuk dokumentasi dan refrensi baik urusan pribadi ataupun pekerjaan. Selain mempermudah urusan pekerjaan juga tanpa perlu screenshot berulang kali pada bagian tertentu suatu halaman / pages web di internet sehingga lebih efisien kerja.

Screenshot panjang di laptop/pc ini tentunya digunakan pada aktifitas browsing atau penelusuran googling dengan menggunakan Browser Google Chrome atau browser lain misalnya Edge, Firefox yang Anda miliki, bukan untuk screenshot windows atau diluar aktifitas browser.


3 Cara Screenshot Panjang di Laptop & PC


Jika pada smartphone Android screenshot memanjang bisa dilakukan secara mudah dengan melakukan tab scroll pada preview sc, penulis ambil contoh screenshot memanjang pada ponsel Android yang sudah pernah dibahas disini. Namun bagaimana jika tangkapan layar memanjang ini dilakukan pada komputer PC dan Laptop?

Langkah membuat screenshot panjang di laptop dan pc ini dilakukan dengan menggunakan tambahan tool ekstensi browser atau biasa disebut juga add-ons & plug-in yang bisa Anda unduh di webstore secara gratis. Sebagai contoh penggunaan pada browser Google Chrome, berikut langkah penggunaanya.


Cara Screenshot Panjang di Browser Google Chrome


  • Buka Browser Google Chrome Anda dan masuk ke webstore.
  • Ketik dan cari ekstensi dengan nama Awesome Screenshot & Screen Recorder atau klik disini.

Cara Screenshot Panjang di Laptop/PC by zotutorial.com

  • Lalu Add to chrome dan tunggu hingga terinstal pada browser Anda.
  • Setelah dipastikan sudah terinstal dan aktif.
  • Kini ekstensi sudah siap untuk digunakan untuk Screenshot memanjang.
  • Jangan lupa memberi pin agar icon muncul di bar browser.

Selanjutnya Anda tinggal melakukan screenshot panjang pada layar yang Anda inginkan melalui klik icon Capture yang ada di atas browser.

Ekstensi screenshot lainya serupa yang bisa Anda gunakan adalah Nimbus Screenshot hanya saja ukuranya terlampau besar untuk ukuran add-ons.


Format Screenshot Panjang Yang bisa Digunakan


Terdapat beberapa pilihan format yang bisa digunakan pengguna pada fitur Awesome Screenshot & Screen Recorder ini.

Caranya setelah melakukan klik screenshot kemudian dari menu yang tersedia atau klik pada Options – Settings image format dengan pilihan (.jpg atau .png) dan juga sc format (.pdf) dengan jenis paper pages yang bisa diatur sesuai kebutuhan Anda.

Kamu bisa juga menggunakan ekstensi diatas pada browser lain misalnya Browser Edge, Opera Browser, Mozilla, Brave dan lainya melalui pencarian ekstensi serupa.


Screenshot Panjang di Browser Mozilla dan Opera?


Bagi Anda pengguna browser lain juga bisa langsung melakukan screenshot panjang tanpa ekstensi seperti diatas hanya saja lebih minim fitur, pastikan browser Anda terupdate.

  • Untuk pengguna browser Mozilla Firefox for PC.
  • Bisa langsung klik kanan pada pages dan Take Screenshot.
  • Jika menggunakan Opera Browser bisa dengan cara klik kanan Save As pdf.


Dengan demikian kini Anda bisa menggunakan tangkapan layar memanjang long shot pada laptop dan komputer dekstop Anda, sehingga lebih maksimal dan praktis ketika ingin mengambil refrensi dari sumber internet untuk berbagai keperluan sobat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Screenshot Panjang di Laptop/PC Format JPG, PNG dan PDF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close