Screenshot Panjang di Android Xiaomi Semua Type Tanpa Aplikasi

Bagaiman cara Screenshot Panjang di Android Xiaomi semua type tanpa aplikasi? Tentu sangat mudah karena pada ponsel android Xiaomi dengan MIUI andalanya telah dibekali fitur menarik untuk melakukan screenshoot di halaman yang panjang.

Mungkin dari anda sudah banyak yang tahu tentang cara screenshot itu, karena umumnya dilakukan dengan cara menekan lama pada recent app, swipe dengan jari atau melalui kombinasi menekan tombol pada perangkat ponsel. Tapi tahukah kamu cara screenshot panjang / long shot ? tapi sebelumnya kamu harus tahu ini dulu.

Apa Screenshot Panjang Itu?

Screenshot panjang sama halnya dengan screenshot biasa pada umumnya, namun yang menjadi pembeda Screenshot panjang bisa mencapture halaman yang memerlukan scroll atau gulir kebawah karena panjangnya bagian atau halaman yang akan di capture.

Sebagai contohnya saat ingin meng capture pesan chat WA, Line dan sebagainya dari lawan komunikasi anda maka cara ini sangat cocok untuk digunakan daripada Screenshot biasa yang kadang masih terpotong bawahnya dan melakukan beberapa kali pengambilan capture.

Melakukan Screenshot panjang ini juga tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan di Play Store, sehingga kamu praktis bisa langsung menggunakanya, hanya saja terkadang pengguna baru Xiaomi tidak menyadari fitur ini.

Fitur menarik lain di Android Xiaomi adalah dapat mengunci dan menyembunyikan (hide) aplikasi.

Screenshot Panjang di Android Xiaomi Semua Type Tanpa Aplikasi

Istilah lain dari Screenshot semacam ini adalah Long-Screen, dan kamu bisa menerapkan aktifitas capture ini baik melalui Xiaomi baik itu Redmi 4X, Redmi 5, Redmi 5A, Redmi Note 5, Redmi Note 7, Redmi Note 8 maupun Redmi yang lainya dan pastikan perangkat minimal berjalan pada versi MIUI 8 atau keatas.

Cara Screenshot Panjang di Android Xiaomi Redmi Semua Type


  1. Tentukan bagian yang akan di Screenshot baik itu pesan Chat atau sosial media lainya.
  2. Usap dengan 3 jari kearah bawah pada layar. Jika fungsi ini belum aktif kamu bisa masuk ke Settings – Additional SettingsButton and gesture shortcutTake a screenshot pilih menjadi Slide 3 Fingers Down.
  3. Setelah melakukan Screenshot biasa kamu ketuk Preview Screenshot, dan di bagain bawah pilih Gulir/Scroll.
  4. Biarkan men-scroll secara otomatis hingga bagian yang di inginkan. 
  5. Jika sudah cukup klik Done atau Selesai.

Screenshot Panjang di Android Xiaomi Semua Type Tanpa Aplikasi

Cukup mudah bukan, Jika diamati Screenshots panjang ini mirip struk pembelian, memang tampak begitu haha. Agar tidak terlampau panjang, kamu bisa mengatur panjang secukupknya saja. Dan perlu di ingat fitur ini hanya berfungsi pada halaman yang bisa di scroll kebawah saja seperti Instagram, Facebook dan sebagainya.

Kendala yang timbul saat menggunakan Screenshot panjang ini mungkin akan gagal pada beberapa aktifitas, seperti saat meng Screenshot tampilan di aplikasi Browser.

Solusinya adalah dengan menggunakan browser bawaan Xiaomi jika ingin men screenshot suatu halaman pada situs website dan lain sebagainya, karena jika menggunakan browser seperti Google Chrome, Opera dan lain sebagainya fitur ini tidak dapat bekerja. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Screenshot Panjang di Android Xiaomi Semua Type Tanpa Aplikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close