Fungsi DNS over HTTPS & Cara Mengaktifkan DoH di Mozilla Firefox

Cara Mengaktifkan DoH (DNS-over-HTTPS) di Mozilla Firefox beserta fungsinya, industri dan teknologi digital semakin berkembang pesat di iringi dengan semakin membuat developer Internet Browser selalu update dan meningkatkan layananya agar selalu memberi rasa aman kepada pengguna internet di seluluh dunia.

Privasi pengguna internet merupakan hak dari setiap pengguna internet, dimana sejatinya tidak ada yang mengintip lalu lintas apa yang sedang di akses oleh pengguna. Namun kadang kala tidak seperti yang diharapkan. Tetapi ditur dari Browser mozilla firefox ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi masalah tersebut. 


Apa Fungsi DNS-over-HTTPS?


Fungsi DNS-over-HTTPS (DoH) pada browser adalah untuk mengenskripsi alamat web atau domain web yang di request client, dimana DNS atau Domain Name Server yang merupakan buku tamu untuk menanyakan siapa pemilik alamat domain yang dimasukan pada URL Bar browser untuk selanjutnya di convert menjadi angka IP address dan di teruskan ke IP server alamat tujuan.

Sebagai contoh anda mengakses www.zotutorial.com pada url bar dan klik enter kemudian komputer anda menanyakan pada server DNS siap pemilik situs tersebut dan di ubah ke angka IP Address untuk di kirimkan ke server tujuan, skema itulah yang di proteksi dengan HTTPS.


Dengan DoH setidaknya lalulintas jaringan anda sedikit lebih aman karena apa yang anda request di enskripsi dengan HTTPS, sehingga aman dari penyadapan dan spoffing DNS pada jaringan wifi public.


Menggunakan DoH = Menggunakan VPN?


Tidak, DNS over HTTPS (DoH) & DNS over TLS (DoT) memang mirip dengan kinerja VPN hanya saja VPN menggunakan tunnel yang di enskripsi dan Proxy untuk koneksi antar client server nya. Berbeda dengan menggunaan DoH & DoT yang hanya enskripsi pada koneksi jaringan DNS.

Selain itu perbedaan DoH/DoT dengan VPN adalah IP address asli anda tidak di samarkan dengan IP lain dan secara anonimitas tidak sebaik menggunakan VPN sehingga koneksi anda dengan dunia luar masih dapat di tracing melalui IP asli.


Cara Mengaktifkan DNS-over-HTTPS di Mozilla Firefox


Menggunakan DNS-over-HTTPS (DoH) ini Gratis! Anda tidak perlu membayar untuk membeli lisensi atau berlangganan untuk bisa menggunakan DoH ini pada browser Mozilla Firefox.

Penyedia DNS resolver untuk DoH/DoT ini beragam mulai dari CloudFlare, AdGuard, Quad9, Google DNS, Open DNS dan masih banyak lagi. Cara menggantinya adalah sebagai berikut. 


  • Buka Mozilla Firefox browser.
  • Pilih MenuOptions.


  • Pada tab General scroll hingga akhir Network Settings – klik Settings.

Fungsi DNS over HTTPS & Cara Mengaktifkan DoH di Mozilla Firefox

  • Connections Settings dibagian paling bawah.
  • Centang Enable DNS over HTTPS.
  • Use provider pilih CloudFlare (1.1.1.1) atau bisa custom dengan Provider DNS yang lainya.

Fungsi DNS over HTTPS & Cara Mengaktifkan DoH di Mozilla Firefox

Jangan lupa klik Ok dan silahkan cek pada 1.1.1.1/help untuk mengetahui koneksi apakah sudah berhasil.

Cara mengaktifkan DNS over HTTPS untuk browser Google Chrome juga bisa anda baca disini.



Akhir Kata

Menggunakan DNS over HTTPS pada browser tidak secara default aktif, melainkan pengguna harus mengaktifkan sendiri seperti pada langkah diatas.

Selain semakin membuat koneksi anda lebih aman, cepat dan privasi DNS over HTTPS (DoH) ini juga gratis diguanakan, juga bisa dimanfaatkan untuk menembus situs yang diblokir tanpa menggunakan VPN, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Fungsi DNS over HTTPS & Cara Mengaktifkan DoH di Mozilla Firefox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel