Pentingnya Repaste (Thermal Paste) Processor Komputer PC dan Laptop

Apakah anda termasuk orang yang sering menggunakan laptop atau PC untuk bekerja berat? Seberapa rutin perawatan pada perangkat laptop atau komputer PC anda? Padahal perangkat kerja anda tersebut digunakan berjam-jam setiap harinya untuk menemani anda dalam multitask pekerjaan atau juga bermain game berat. Mari simak penjelasan berikut.

Apasih Fungsi Thermal Paste Itu ?

Fungsi dari pasta termal (thermal paste) tidak lain adalah sebagai penghantar panas untuk mengkonduksikan panas (kalor) dari processor dengan heatsink melalui celah sempit diantara keduanya, agar kalor menjadi tersalurkan dengan baik maka celah bidang yang saling bersinggungan tersebut diberi suatu pasta (mirip pasta gigi) yang bersifat sebagai penghantar, sehingga kalor menjalar hingga kisi-kisi dan didinginkan oleh kipas (fan).

Pentingnya Repaste (Thermal Paste) Processor Komputer PC dan Laptop

Sedangkan Repaste adalah aktivitas pasta ulang atau penggantian pasta pada sebuah processor komputer PC atau laptop, yang merupakan bagian dari perawatan untuk menjaga perangkat komputer / laptop agar tetap dingin dan berjalan secara optimal dari suhu maksimal yang di produksi processor.

Akibat Yang Bisa di Timbulkan ?

Ibarat kendaraan yang perlu di service dan penggantian oli secara rutin untuk mencegah kerusakan pada mesin, maka sama halnya perawatan rutin perlu dilakukan juga pada mesin perangkat komputermu. Adapun dampak yang bisa di timbulkan dari perangkat komputermu jika pasta termal telah mengering dan melemah antara lain :

  • Panas berlebih atau Overheat
  • Sering mati mendadak
  • CPU/Processor menjadi lemah
  • Performa tidak maksimal
  • Komputer jadi hang, lag dan lemot
  • Beberapa kasus dilaporkan Freeze
  • Produktifitas kerja anda terganggu

Faktor Yang Mempercepat Penggantian

Semakin sering dan berat processor (CPU) dalam memroses bit data semakin panas pula kalor yang di hasilkan, maka hal itu akan membuat thermal pasta cepat mengering dan konduktivitas kalor menjadi tidak optimal, apa lagi jika Clock Speed (GHz) processor sangat tinggi.

Selain itu kualitas kipas (fan) pendingin, aktivitas membersihkan kipas dari debu, Overclock dan kualitas thermal paste processor yang buruk juga dapat mempercepat usia penggantian thermal.

Berapa Lama Sebaiknya Mengganti Pasta ?

Untuk penggantian sebenarnya tidak ada aturan baku, karena ini lebih berdasarkan pada pola penggunaan komputer anda, apakah high pressure seperti sering rendering, editing, game berat atau low pessure office, streaming atau browsing dan kondisi lingkungan perangkat bersih atau berdebu.

Beberapa sumber ada yg menyebut setiap 6 bulan untuk PC dan 2 tahun untuk Laptop, ada juga yang lebih dan kurang dari itu. Jika kalian telah menggunakan thermal dengan kualitas baik, tentu kamu juga tidak perlu untuk sering merepasta karena materialnya di desain penggunaan jangka panjang dan tidak cepat mengering.

Pada penggunaan komputer PC biasanya penggantian sekaligus saat membersihkan kisi-kisi fan dari debu maka kamu bisa sekalian me repaste setelah fan di bersihkan.

Sedangkan pada beberapa laptop karena tidak perlu melepas heatsink saat membersihkan fan maka kamu tidak perlu me repasta terlalu sering, hanya saja perlu perhatikan suhu idle dari waktu ke waktu, jika terjadi suhu yang meningkat saat idle dengan kondisi fan yang bersih dari debu dan normal, maka bisa untuk segera me repaste.

Untuk memantau suhu pada komputer kamu bisa menggunakan aplikasi yang bisa kalian download secara gratis melalui mesin pencarian

Jadi ?

Masihkan anda abai dalam penggantian thermal paste processor ini, mengingat begitu pentingnya pasta termal dalam menghantarkan kalor processor. Perawatan dan pencegahan dini juga sebagai bentuk upaya menghindari dari gangguan dan kerusakan yang lebih fatal. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pentingnya Repaste (Thermal Paste) Processor Komputer PC dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close