Cara Mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome HP Android (Custom DNS)

Bagi anda yang senang browsing untuk mendapatkan informasi, download atau akses aktifitas pekerjaan lain melalui browser google chrome via ponsel Android atau IOS, mungkin Anda bisa mencoba fitur baru yang di tambahkan oleh chrome pada perangkat smartphone android belum lama ini, yaitu Custom DNS. Dengan demikian kini Anda bisa mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome Android.

Cara Mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome HP Android (Custom DNS)


Apa DNS Itu ?


Bagi anda yang belum tahu, DNS atau (Domain Name System) merupakan sistem penamaan domain berupa catatan domain di seluruh dunia yang disediakan oleh provider yang mana di fungsikan untuk memudahkan komunikasi manusia dengan bahasa mesin. 

Seperti diketahui manusia menggunakan penamaan domain misalnya www.zotutorial.com sedangkan bahasa mesin adalah angka biner berupa IP server, maka akan di tanyakan oleh penyedia DNS resolver siapa pemilik dari nama tersebut dan di convert menjadi angka (IP Address) untuk selanjutnya di teruskan ke server tujuan.

Secara default DNS yang Anda gunakan adalah menggunakan DNS dari ISP provider yang sedang anda gunakan saat ini seperti contohnya (Telkomsel, Tri, Indosat, Smartfren dll) hanya saja, terdapat beberapa kelemahan dari penggunaan DNS oleh provider selular, diantaranya tidak ter-enskripsi, dan riskan DNS Spoofing.


Apa Custom DNS Itu ?


Custom DNS adalah mengganti DNS standar dengan DNS pihak ketiga yang lebih powerfull dan secure, bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet di samping itu penyedia DNS resolver umumnya menyuguhkan privasi dan security yang lebih baik sekaligus menjadi pilihan lain dari penyedia provider DNS yang bisa digunakan secara gratis.

Salah satunya adalah custom DNS dengan Cloudflare. Jika anda belum tahu, Cloudflare merupakan perusahaan yang menyediakan Content Delivery Network (CDN), proteksi DDoS dan kini menyediakan DNS resolver untuk memenuhi kebutuhan pivasi & security yang tentunya Free!


DNS 1.1.1.1 dari CloudFlare Tercepat ?


Cloudflare di klaim tercepat menurut pengujian pada 2019 lalu, jika DNS provider miliknya merupakan yang tercepat daripada beberapa DNS server lain seperti GoogleDNS, OpenDNS dan lainya. Cloudflare juga tersedia dalam aplikasi Android (.apk) yang bisa di download secara gratis di sini.

Selain itu DNS Cloudflare juga aman karena mengenskripsi pipa sambunganya dengan DoH (DNS over HTTPS) sehingga terhindar dari resiko DNS spoofing atau penyadapan melalui teknik MITM yang umum terjadi. Cara setting DNS Cloudflare ini sangat mudah berikut langkahnya.


Cara Mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome Browser Android & IOS (Costom DNS)


* Pastikan browser Google Chrome telah di Update versi terbaru

  1. Buka Chrome Browser Android Anda
  2. Klik menu browser ( )
  3. Pilih Settings
  4. Pada list klik Privacy and security
  5. Aktifkan Use secure DNS
  6. Choose another provider
  7. Pilih DNS list Cloudflare (1.1.1.1)

Cara Mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome HP Android (Custom DNS)


Cek melalui alamat 1.1.1.1/help untuk memastikan konesi dns anda telah berjalan dengan baik untuk mode Cloudflare.

Cara Mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome HP Android (Custom DNS)



Setidaknya terdapat 5 pilihan DNS yang bisa anda gunakan yaitu : Quad9, CleanBrowsing, OpenDNS, Google DNS dan DNS Cloudflare seperti gambar diatas.

Anda bisa juga custom dengan DNS lain misalnya dari AdGuard DNS, caranya mudah saja tinggal klik Custom dan masukan alamat ip dari DNS server yang akan digunakan. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mengaktifkan DNS Cloudflare di Chrome HP Android (Custom DNS)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close