Cara Update Antivirus Avast di Laptop/PC Windows

Antivirus dari namanya pasti anda sudah tidak asing lagi, apa lagi jika bukan untuk menangkal dan membasmi Virus dan Mallware pada laptop atau komputer PC. Sehingga pengguna dapat memproteksi dokumen digital pada perangkat dari ancaman tersebut.

Antivirus gratis bawaan Windows mungkin bisa menjadi solusi yaitu dengan Windows Defender. Tetapi jika dirasa kurang puas terkadang pengguna memilih install Anti Virus pihak ketiga dengan perlindungan yang lebih lengkap.

Banyak vendor Antivirus yang menawarkan perlindungan terhadap ancaman serangan mallware dan ransomeware dan salah satunya yang akan dibahas ini adalah dari Avast.

Cara Update Antivirus Avast di Laptop/PC Windows


Mengapa Harus Update Antivirus?


Sama seperti virus pada kehidupan nyata manusia, virus di dunia digital ini memiliki banyak varian dan jenis beserta virus turunanya, setiap harinya juga semakin bertambah maka tak jarang Antivirus menerapkan Update Definisi Antivirus untuk selalu memperbarui perkembangan virus yang tersedia.

Update definisi virus berbeda dengan update program Antivirus. Karena update definisi virus adalah memperbarui/menambah daftar (database) varian virus baru agar bisa dilakukan pencekalan jika system suatu saat terjangkit jenis virus/mallware tersebut.


Dampak Tidak Update Definisi Antivirus


Dampaknya yaitu Anti Virus anda sama saja seperti antivirus yang tidak berguna karena tidak bisa mendeteksi jenis varian virus baru yang muncul. Dan sama saja ibarat tidak menggunakan Anti Virus.

Jadi ketika Laptop/PC anda terjangkit mallware, virus atau ransomeware komputer tidak bisa melakukan tindakan karantina Virus tersebut akibat dari Anti Virus tidak memiliki daftar Definitions Virus yang tersedia karena tidak di update.


Cara Update Antivirus Avast di Laptop/PC


Mudah saja ketika anda ingin update definisi Antivirus Avast Free Maupun Avast Premium Security caranya sama saja, berikut langkah yang bisa anda lakukan untuk pembaruan definisi antivirus.

Update Definisi Virus Avast di Laptop/PC


  1. Wajib Koneksi Internet.
  2. Klik kanan pada icon Avast di Task Bar komputer.
  3. Pilih menu Update – Klik Engine and virus definitions.
  4. Secara otomatis akan memperbarui definisi virus.

Cara Update Antivirus Avast di Laptop/PC Windows


Update Program Antivirus Avast di Laptop/PC?


  1. Pastikan terkoneksi internet.
  2. Klik kanan icon Avast di Task Bar komputer.
  3. Pilih menu Update – klik Program.



Cara lain Update Antivirus Avast yang bisa dilakukan adalah

  • Buka aplikasi Avast klik Menu - Pilih settings.
  • Selanjutnya pada tab General - klik Update dan pilih pembaruan mana yang dingin di update apakah definisi atau update applikasi.



Seperti yang sudah di jelaskan di awal bahwa memperbarui Aplikasi Program berbeda dengan memperbarui Definisi Virus. Pastikan Anda selalu mengupdate Definisi Virus ini.

Meskipun begitu umumnya anti virus ini auto update atau ketika terkoneksi internet akan memperbarui secara otomatis. Cara mematikan Auto Update Antivirus Avast bisa anda baca disini.


Kesimpulan


Memperbarui atau update Definisi Virus pada aplikasi Antivirus merupakan suatu langkah yang wajib dilakukan agar Antivirus yang anda gunakan dapat melindungi dan memproteksi dari varian Virus, Mallware dan ransomeware jenis baru. 

Sehingga jika ada potensi penularan virus dari internet maupun port USB (Flashdisk) Antivirus bisa mendeteksi secara cepat dengan mengkarantina virus tersebut, dan sebaliknya jika tidak memiliki update definisi virus maka varian virus baru bisa lolos dari deteksi Antivirus yang anda.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Update Antivirus Avast di Laptop/PC Windows"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close