Membuat Daftar Isi Skripsi/TA dengan titik-titik Otomatis di Word


Cara Membuat Daftar Isi Skripsi, TA, Tesis Otomatis di Word zotutorial

Bagaimana cara membuat Daftar Isi di Word 2013, 2016, 2019 titik-titik Otomatis dan cara membuat Daftar isi yang benar? simak tutorial cara membuat daftar isi skripsi, TA, Tesis, buku, novel dan karya tulis lainya.

Daftar isi merupakan bagian yang sudah menjadi suatu keharusan, karena itu penyusunanya harus sesuai dengan kaidah dan pedoman penyusunan karya tulis ilmiah yang biasa dilakukan mahasiswa semester akhir.

Membuat Daftar Isi pada word bisa dibilang susah-susuah gampang jika belum mengetahui langkah yang tepat, apalagi jika dikejar revisi dan deadline yang membuat semakin pusing. Sebenarnya apa sih perbedaan Skripsi dan TA saat pembuatan karya tulis ilmiah? berikut penjelasan singkat perbedaanya.


Perbedaan TA, Skripsi, Tesis & Disertasi


Umumnya penyebutanya Tugas Akhir (TA) adalah untuk jenjang Diploma D1, D3, D4. Sedangkan Skripsi untuk S1 meskipun ada juga S1 TA, sedangkan Tesis adalah untuk S2 (Pascasarjana) dan Disertasi untuk program S3 atau doktor.

Finall Assignment ini merupakan salah satu syarat yang wajib yang harus dilalui mahasiswa dengan persyaratan predikat Lulus agar dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu penulisan jurnal dan wisuda.


Fungsi Daftar Isi


Fungsi daftar isi dalam karya tulis sendiri tidak lain untuk mempermudah pembaca untuk merayapi dan menelusuri halaman suatu karya tulis per bab, sub bab, poin-poin beserta isi yang ada dalam tajuk karya tulis tersebut. Biasanya daftar isi akan dibuat di akhir pembuatan karya tulis atau setelah selesai secara keseluruhan beserta revisinya.

Walau di mungkinkan juga penyusunan daftar isi pada skripsi bisa dibuat dalam per bab yang telah di selesaikan dan di acc. Membuat halaman daftar isi skripsi atau buku bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu secara otomatis dan membuat daftar isi manual.

Pada tutorial kali ini zotutorial akan membagikan cara membuat daftar isi manual dengan titik-titik otomatis pada penomoran halaman agar tidak perlu mengisi titik-titik daftar isi secara manual, maka tutorial ini wajib Anda simak karena sangat berguna bagi anda yang sedang menyelesaikan study di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.


Pedoman Penyusunan Daftar Isi TA / Skripsi


Format Margin Layout yang digunakan pada penulisan daftar isi untuk TA/Skripsi tutorial kali ini adalah sebagai berikut.

  • Magrin Top & Left  : 4 Cm
  • Margin Right & Bottom  : 3 Cm
  • Jenis Font  : Times New Roman
  • Ukuran Font  : 12 
  • Spasi Baris (Line Spacing)  : 1.5

*Perhatian aturan diatas mungkin akan berbeda pada pedoman penulisan skripsi/TA di kampus Anda, jadi pastikan sesuaikan & ikuti petunjuk dari pedoman yang di berikan oleh masing-masing kampus. Penulisan diatas dan tutorial dibawah ini hanya sebagai refrensi pada salah satu Universitas.


Cara Membuat Daftar Isi Skripsi/TA di Word


  • Tulis semua list dari daftar isi untuk Skripsi /TA anda di Ms.Word.
  • Biarkan rata kiri semua dan apa adanya dahulu.
  • Kemudian setelah keseluruhan di tuliskan (Besar kecil huruf diperhatikan)
  • Selanjutnya atur Tab untuk per BAB dan Sub BAB seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Daftar Isi Skripsi/TA di Word

Membuat huruf kecil semua atau besar semua di Ms. Word bisa baca disini.


Langkah Membuat Daftar Isi Skripsi/TA Titik-Titik Otomatis


Kemudian masuk ke inti pembuatan nomor halaman Daftar Isi dan titik-titik otomatis dengan tab.
Amati langkahnya dan ikuti petuntuk dari gambar berikut ini.

CaraMembuat Daftar Isi Skripsi/TA Titik-Titik Otomatis


Penjelasan :

  • Seleksi dahulu semua list daftar isi.
  • Lalu buat Tab siku yang saling berhadapan, gambar detailnya di bawah.

*Jika ruler tidak muncul klik Menu View – centang Ruler.

Cara Membuat Daftar Isi Tugas Akhir Otomatis Titik-titik

  • Kemudian seleksi per bagian.
  • Lalu klik kanan 2x pada tab siku dan pada Leader pilih No. 2 kemudian Ok.
  • Selanjutnya tinggal arahkan pada daftar tekan Spasi 1x dan di ikuti Tab 2x.
  • Tab ke 1 untuk membuat titik otomatis tab ke 2 untuk loncat ke penomoran.
  • Untuk menuju ke baris bawah gunakan panah kebawah jangan Enter.
  • Lakukan langkah tersebut hingga keseluruhan daftar isi.


Ada baiknya membuat daftar isi di New dokumen Word baru yang berbeda agar tidak menggangu susunan bab yang telah Anda susun dibawahnya.

Perlu diperhatikan lagi contoh diatas seperti ukuran huruf dan margin Layout, mungkin saja bisa berbeda dengan kaidah pedoman penulisan karya tulis ilmiah pada kampus atau Universitas Anda.

Cara membuat Daftar isi untuk Skripsi/TA diatas merupakan salah satu contoh dari beberapa metode yang bisa digunakan, dan langkah diatas termasuk cara pembuatan daftar isi secara manual namun dengan titik-titik yang dapat terisi secara otomatis saat di Tab.



Akhir Kata


Dengan Pembuatan daftar isi sekaligus melengkapi dan menyempurnakan sebuah hasil karya tulis yang Anda buat. Tutorial ini sendiri masih manual semi otomatis jadi tidak sepenuhnya otomatis, untuk daftar isi yang benar-benar otomatis mungkin bisa penulis buatkan tutorialnya di kemudian hari, semoga dapat membantu dan mempermudah Anda dalam membuat karya tulis ilmiah.

Jika terbantu dengan tutorial ini Anda bisa bagikan informasi ini ke rekan anda yang sedang mencari literasi pembuatan daftar isi melalui sosmed dibawah.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Daftar Isi Skripsi/TA dengan titik-titik Otomatis di Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel