Agar Kalimat Huruf Kecil atau Huruf Besar Semua di Word

Cara mengatur Agar Kalimat Huruf Kecil atau Huruf Besar Semua di Word dan 3 cara mengubah besar kecil huruf di word pada kalimat/paragraf dokument .doc. Kembali dengan zotutorial yang akan memberikan tutorial seputar Microsoft Word, membuat huruf menjadi besar atau menjadi kecil sekaligus dalam suatu kata kalimat atau paragraf sangatlah membantu dalam proses pengetikan dokument di Microsoft Word sehingga pengolahan kata-kata akan lebih cepat terselesaikan.

Umumnya membuat tulisan atau teks kata pada kalimat menjadi besar semua atau kecil semua menggunakan Microsoft Word adalah dengan mengandalkan Caps Lock yang aktif untuk membuat karakter huruf besar semua dan Caps Lock Off untuk huruf normal atau keci. Selain itu untuk memperbesar huruf juga bisa menggunakan fungsi Shift + huruf untuk memperbesar awalan kata atau karakter dalam suatu kalimat.

Tetapi ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat semua karakter huruf pada kata, kalimat atau paragraf menjadi kecil semua atau besar semua, yaitu dengan menggunakan fungsi Change Case. Selain itu untuk mempercepat kata yang sudah terlanjut di tulis bisa juga dengan menggunakan pintasan.

Selain praktis dan cepat, cara ini juga sering dipakai untuk merapikan kalimat atau paragraf secara keseluruhan agar rapi dan karakter yang berantakan dapat di sesuaikan tanpa perlu mengedit manual huruf atau kata satu persatu. Biasanya ini bisa diperlukan pada saat mendapatkan teks mentah dengan karakter yang masih belum sesuai dan ingin dirapikan untuk digunakan kembali.

3 Cara Mengatur Besar Kecil Huruf di Word

Cara ini juga bisa digunakan pada saat penulisan judul kalimat yang biasanya huruf besar semuanya atau huruf besar hanya di awal kata. Ada 3 cara setidaknya yang bisa anda gunakan yaitu dengan 2 pintasan keyboard dan dengan Change Case.


#1 - Mengubah Besar Kecil Huruf di Word Dengan Change Case

Caranya mudah saja Anda tinggal klik dan blok kata, kalimat atau paragraf yang ingin di rubah semua karakternya.
Lalu pilih klik Change Case (Aa) kemudian pilih jenis karakter kalimat yang dibutuhkan seperti contoh dibawah ini.

Agar Kalimat Huruf Kecil atau Huruf Besar Semua di Word | zotutorial

Hasil pada masing-masing perintah adalah sebagai berikut :

1. Test tulisan kata atau kalimat ini menggunakan jenis sentence case.
2. test tulisan kata atau kalimat ini menggunakan jenis lowercase.
3. TEST TULISAN KATA ATAU KALIMAT INI MENGGUNAKAN JENIS UPPERCASE.
4. Test Tulisan Kata Atau Kalimat Ini Menggunakan Jenis Capitalize Each Word.
5. tEST TULISAN KATA ATAU KALIMAT INI MENGGUNAKAN JENIS TOGGLE CASE.


#2 – Agar Huruf Besar Semua Dengan Pintasan Keyboard (Ctrl + Shift + A)

Untuk cara kedua ini bisa menjadi pilihan untuk digunakan pada saat kondisi tertentu, hanya saja untuk cara yang satu ini hanya terbatas untuk membuat besar karakter tulisan saja, atau hanya (UPPERCASE) dengan 1 perintah karakter, caranya cukup mudah.

  • Klik sorot atau blok semua kata yang ingin di buat besar semua.
  • Setelah itu tekan Ctrl + Shift + A pada keyboard maka semua teks yang di seleksi akan menjadi besar.
  • Jika ingin mengembalikan menjadi kecil, tinggal tekan lagi maka akan kembali seperti teks original.


#3 – Mengatur Huruf Besar dan Huruf Kecil Dengan Pintasan Keyboard (Shift + F3)

Untuk cara kedua ini sangat mudah di gunakan dan banyak digunakan para penulis professional karena kepraktisan dan kemudahan pengaplikasian. Tetapi cara ini juga jarang yang mengetahui, yaitu dengan pintasan keyboard caranya mudah saja.

  1. Klik dan blok dahulu kalimat atau paragraf yang ingin diubah karakternya.
  2. Kemudian tekan tombol Shift + F3 pada keyboard.
  3. Kamu bisa menekan sebanyak 3x dengan masing-masing tekan akan mewakili karakter lowercase, UPPERCASE dan Capitalize Each Word.


Bagaiman cara ke berapakah yang menurut anda dirasa paling mudah digunakan? Tetunya sesuai dengan kebutuhan dan selera anda masing-masing dalam mengoperasikan teks dokument pada Microsoft Word.

Itulah tutorial tentang 3 cara bagaimana Agar Teks Kalimat Huruf Kecil atau Huruf Besar Semua di Word yang semoga bisa memberi anda pilihan task saat mengoperasikan atau meng edit tulisan teks Microsoft Word dengan mudah dan cepat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Agar Kalimat Huruf Kecil atau Huruf Besar Semua di Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close