Membuat Pintasan Shortcut Keyboard di CorelDraw Agar Kerja Desain Lebih Cepat

Membuat Pintasan dalam sebuah ruang kerja desain grafis sangatlah penting terutama Pintasan Shortcut keyboard dalam CorelDraw. Karena dengan menggunakan Shortcut Keyboard kamu tidak perlu ribet bolak balik mengklik Icon Tools yang ada di Toolbox. Dengan demikian bisa menghemat waktu dan efisiensi kerja lebih cepat dalam menggambar desain.

Pintasan atau Shortcut Key tidak hanya bisa kalian jumpai coreldraw saja karena hampir semua software desain atau editing baik foto dan video pasti juga menyematkan shortcut key, misalnya Photoshop, Adobe Ilustrator dan Adobe Premire pro.

Versi CorelDraw yang saya gunakan ini adalah CorelDraw 2020 jadi kamu sesuaikan saja dengan versi corel milikmu. Karena pada coreldraw versi sebelumnya misal coreldraw X7 X8 atau 2019 tidak jauh beda pada letak dan tampilanya.

Pada contoh ini saya akan buat pintasan shortcut CorelDraw untuk Pen Tool dengan menggunakan huruf Q pada keyboard. Kamu bisa menyesuaikan tools apa yang akan dibuat pintasan shortcut key.

Membuat Shortcut Keyboard di CorelDraw Agar Kerja Desain Lebih Cepat

  • Pertama klik Tools pada Menu Bar
  • Kemudian pilih Options – Customization
  • Lalu pilih Commands – All (Show All Items) – cari Tools yang kamu akan buat pintasan.
  • Setelah itu saya klik Pen Tool – kemudian klik Tab Shortcut Keys.
  • Pada New Shortcut Key isikan key apa yang akan kamu gunakan, untuk Pen Tools saya menggunakan huruf q. Tinggal ketik Q saja, karena nantinya tidak peduli q kecil atau Q besar sama saja tetap bisa digunakan.
  • kemudian klik Assign – maka akan pindah ke kolom atas Current Shortcut key, bila ingin ganti tinggal klik dan Delete.
  • Jangan lupa klik OK.

Pintasan Shortcut Keyboard CorelDraw 2020

Kamu bisa juga meggunakan kombinasi key lain misal Ctrl+Q atau Alt+Q atau Shift+Q atau Space dengan huruf lain yang kamu inginkan, asal tidak bentrok dengan shortcut Keys yang lain.

Note : Jika key huruf shortcut sudah ada yang mengunakan/duplikat, maka di bawah Currently Assigned to: akan muncul tools dari yang menggunakan key itu, jika kosong maka bisa digunakan.

Kamu bisa juga mengembalikan semua perintah ke awal (default) dengan Reset All dan klik OK, maka semua perintah Pintasan Shortcut Keyboard akan dikembalikan seperti semula. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Pintasan Shortcut Keyboard di CorelDraw Agar Kerja Desain Lebih Cepat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close