Clone Objek di CorelDraw Fungsi dan Cara Membuat

Cara Clone Objek di CorelDraw Fungsi dan Cara Membuat dengan CorelDraw 2020. Dalam membuat suatu desain vector atau grafis dalam bentuk banner, poster, spanduk, billboard dan sebagainya perlu teknik dalam proses pembuatan agar lebih cepat dan efisien, seperti halnya teknik menggandakan objek vector maupun gambar foto dengan cara Clone ini.

Clone Objek di CorelDraw Fungsi dan Cara Membuat

Mungkin anda bertanya-tanya lalu apa bedanya dengan duplikat Copy & Paste biasa? Apakah sama antara duplikat objek dan menggandakan objek dengan cara clone objek di coreldraw? Tentu ada perbedaanya, selengkapnya mari simak ulasan dan tutorial dari zotutorial berikut ini.


Fungsi Clone Objek di CorelDraw


Clone objek pada CorelDraw fungsinya adalah untuk membuat duplikasi objek menjadi dua atau lebih objek yang sama persis dengan objek utama yang akan di perbanyak, jadi pengguna tidak perlu repot membuat lagi dari awal satu persatu, melainkan hanya membuat satu bagian objek dan di perbanyak. Banyangkan jika ingin membuat susunan batu bata, atau jendela atau susunan pagar tentu akan melelahkan jika membuat satu persatu. Selain lambat juga cara tersebut tidak efisien kerja.

Dengan clone vector maka anda bisa mengubah semua objek hasil clone mengikuti satu objek vector utama sehingga objek lain yang diperbanyak ikut berganti warna atau bentuk sesuai dengan aktivitas edit apa yang anda lakukan pada objek utama. Sekilas Clone objek ini sama saja dengan duplikat / menggandakan objek seperti biasa hanya saja ada hal yang membedakan dari segi fungsi.


Perbedaan Clone Objek dengan Duplikat Objek?


Duplikat objek sama halnya meng copy objek menjadi 2 atau lebih dan jika objek utama di edit tidak akan mengubah susunan bentuk dan warna objek yang lain. Duplikat objek coreldraw bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan CTRL + D, klik drag & drop klik kanan atau copy paste biasa.

Sedangkan Clone Objek, jika objek utama di edit maka objek lain yang di clone akan mengikuti objek utama tersebut, misalkan di ubah warna maupun edit bentuknya maka objek lain hasil clone akan berubah juga mengukuti objek utama.

Fitur clone bisa anda temui mulai dari CorelDraw X4, X5, X7, X8 hingga versi terbaru yang membedakan mungkin hanyalah icon dari fiture clone saja.


Cara Menggunakan dan Membuat Clone Objek di CorelDraw


Buat objek dengan bentuk sesuai keingainan Anda, bisa kotak persegi dan sebagainya, di contoh ini adalah menggunakan bentuk persegi panjang.

1. Klik objek yang akan di Clone.
2. Kemudian klik Edit pada Menu Bar - pilih Clone.
3. Jika objek banyak, Anda cukup buat 1 clone saja untuk selanjutnya hasil Clone tersebut di duplikat dengan CTRL + D.

Clone Objek di CorelDraw Fungsi dan Cara Membuat

4. Selanjutnya klik pada objek utama tadi, dan selanjutnya tinggal anda edit sesuai dengan keinginan.
5. Anda bisa merubah warna, bentuk, ukuran dan sebagainya pada objek utama, maka yang lain akan mengikuti.

Clone Objek di CorelDraw Fungsi dan Cara Membuat

Cara ini bisa digunakan untuk membuat beberapa karakter objek dalam jumlah banyak seperti kaca gedung, genting rumah, besi pagar, bantalan rel kereta, bintang dan sebagainya.


Nah sekarang kamu jadi tau perbedaan menggandakan objek dengan duplikat dan melalui clone yang mudah dan membuat kinerja editing gambar kamu menjadi semakin cepat selesai.

Itulah sedikit gambaran tentang fungsi dan cara membuat Clone Objek di CorelDraw 2020 yang bisa Anda coba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Clone Objek di CorelDraw Fungsi dan Cara Membuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel