5 Macam Jenis Media Backup Data (Storage) untuk Mengamankan Data

Seberapa penting media penyimpanan untuk mencadangkan data digital? kali ini zotutorial akan mengulas 5 macam jenis media backup data lebih tepatnya storage yang bisa diandalkan untuk (Backup Data), mengamankan data penting dan pribadi anda yang akan dibagikan pada artikel berikut ini.

Kebutuhan akan media penyimpanan pada setiap manusia pasti akan selalu bertambah dan meningkat seiring dengan meningkatknya aktivitas dalam penggunaan perangkat digital. Hal ini tentu akan membuat manusia untuk selalu meng-upgrade kapasitas media penyimpanan yang dimiliki.

Tetapi perlu anda ketahui juga, selain akan terus mengupgrade kapasitas penyimpanan, perlu dan penting juga untuk menyiapkan media backup storage untuk mengamankan data pribadi anda. Mencadangkan data akan membuat dokument berharga dalam bentuk digital anda aman ketika data utama anda rusak hilang atau bahkan terkena ransomeware.

Pentingnya Media Backup Storage

Kehilangan atau kerusakan suatu perangkat baik Laptop, HP smartphone atau komputer PC mungkin bisa saja mengiklaskan dan membeli perangkat lagi yang baru dan lebih baik. Tetapi bagaimana jika yang mengalami kehilangan dan kerusakan itu ada pada data pribadi, penting dan sangat berharga bagi hidup anda? mungkin ini akan menjadi penyesalan dan ujian tersendiri bagi anda.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal tidak terduga dan sebagai langkah antisipasi dari kejadian yang tidak di inginkan maka pentingnya untuk selalu mencadangkan data kedalam media backup storage untuk mengamankan data penting yang anda miliki.


5 Macam Jenis Media Backup Data (Storage Offline dan Online)


5 Macam Jenis Media Backup Data (Storage) untuk Mengamankan Data

1. Flash Disk (Flash Drive)
Flashdisk umum digunakan untuk menyimpan data sementara, kapasitas drive nya pun beragam mulai dari yang terkecil 2Gb hingga sebasar 128 Gb bahkan lebih. Biasanya pengguna menggunakan Flash Drive (FD) ini untuk memindahkan beberapa jenis data seperti untuk keperluan print out dan transfer file antar perangkat komputer. Kamu bisa menggunakan Flash Disk ini untuk membackup data penting yang anda miliki.

2. Hardisk Eksternal (HDD / SSD)
Hardisk Eksternal juga bisa diandalkan untuk membackup data atau menggandakan data penting milik anda. Umumnya hardisk eksternal adalah berupa HDD ukuran 2.5 inci seperti hardisk yang digunakan laptop dengan kapasitas yang beragam. Selain itu kamu bisa juga menggunakan jenis hardisk eksternal jenis SSD dengan kecepan tranfer data (Read & Write) yang lebih cepat, tentu dengan harga yang lebih tinggi pula.

3. CD/DVD
CD dan DVD biarpun sudah cukup jadul tetapi merupakan media yang masih bisa diandalkan untuk membackup data jenis-jenis tertentu. Ukuran DVD biasanya lebih besar daripada CD dan dapat untuk menampung beragam foto album maupun audio musik .mp3. Untuk type CD-R/RW umumnya kapasitasnya adalah sebesar 700Mb dan untuk DVD 4.7Gb - 8.5Gb untuk jenis dual layer

4. Micro SD card
Micro SD merupakan alternatif media backup yang baik untuk perangkat hp smartphone android milik anda. Sehingga jika terjadi masalah atau kerusakan hp yang menyebabkan ponsel perlu di flash maka anda sudah mempunyai backup data melalui micro sd tersebut. Ukuran dan harganya sendiri bervariasi mulai dari kapasitas 2Gb hingga 1Tb bisa anda temui di marketplace, selain itu Micro SD card juga di bedakan menjadi class mulai dari Class 4, Class 6, Class 10 dan UHS class 1, UHS class 3. Dimana semakin tinggi class akan semakin cepat speed transfernya.

5. Cloud Storage
Google Drive, dropbox, OneDrive, mediafire, iCloud, Mi Cloud itu semua merupakan beberpa jenis penyimpanan awan atau biasa juga disebut media penyimpanan online semakin banyak macamnya. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis penyimpanan online tersebut sebagai media backup storage untuk data-data penting anda. Hanya saja aksesnya memerlukan jaringan internet. Selain praktis penggunaan online storage ini juga lebih efisien karena dapat diakses melalui lintas platform untuk masuk dashboard drive.

Dari kelima jenis media backup data diatas yang bisa anda gunakan sesuaikan dengan perangkat, kebutuhan dan ukuran file yang anda miliki, dan pastikan melakukan backup data secara rutin melalui beberapa media backup storage diatas.

Jika anda memilih menggunakan media storage offline simpan cadangan data tersebut pada tempat yang aman, dan jika kamu lebih memiih backup dengan menggunakan media cloud storage, pastikan menggunakan password yang berbeda dengan akun lain dan ganti secara berkala.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "5 Macam Jenis Media Backup Data (Storage) untuk Mengamankan Data"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close