2 Cara Mengubah Word ke PDF di HP Tanpa Aplikasi dan Pakai App

Tutorial 2 cara mengubah Word ke PDF di HP tanpa aplikasi dan pakai aplikasi. Saat mendapati dokumen dengan format jenis (.doc) atau (.docx) yang khas dari word seringkali akan diminta untuk di convert Word ke PDF. Format (.PDF) ini sangat umum dijumpai ketika akan mengirimkan via email atau keperluan cetak print-out.

Langkah mengubah format jenis dokumen menjadi PDF ini akan sering di lakukan bilamana anda bekerja sebagai di perkantoran dalam bidang administrasi, karena seringkali akan mengirimkan dokument melalui email kepada atasan, partner kerja, penawaran bisnis, surat konfirmasi, lembar pengesahan, pengumuman dan lain sebagainya.

Selain itu juga convert dari word ke PDF ini seringkali dilakukan ketika melamar pekerjaan melalui e-mail dan situs website. Dimana saat melampirkan dokumen pemberkasan biasanya akan diminta untuk mengupload file dengan jenis PDF dan di gabung menjadi 1 file PDF. Cara menggabungkan beberapa file PDF jadi 1 Tanpa Software bisa kamu baca DI SINI.

Umumnya ketika membuka dokumen (.docx) pada microsoft Word pengguna bisa langsung mengubah menjadi PDF melalui Save As, tetapi terkadang akan mendapatkan file Word dari HP dan malas untuk memindah kedalam komputer atau laptop untuk di convert menjadi .pdf secara manual.


Tutorial Convert Word Ke PDF di HP Tanpa Aplikasi dan Pakai Apk

Di sini setidaknya ada 2 cara untuk convert dari word menjadi pdf di HP smartphone yang bisa kamu coba, di saat mendesak. Cara ini juga bisa di aplikasikan secara Online maupun Offline menggunakan ponsel pintar milikmu.


1. Mengubah Word Ke PDF di HP Secara Online (Tanpa Install Apk)

Kamu bisa menggunakan salah satu dari beberapa situs penyedia convert (.docx) ke (.pdf) secara online, berikut situs yang bisa kamu coba diantaranya : pdf2doc.com / freepdfconvert.com / pdf2go.com / ilovepdf.com/word_to_pdf dan masih banyak lagi. Sebagai contoh tutorial di bawah ini penulis ambil menggunakan word2pdf.com

  • Buka situs word2pdf.com dengan browser ponselmu.
  • Klik Upload berkas dari file manager Hp dan ambil dokumen word yang akan di convert.
  • Maka akan ter-upload dan akan otomatis di convert, tunggu sejenak.
  • Setelah convert selesai tinggal tekan klik Free Download
  • Maka otomatis akan tersimpan pada ponsel androidmu.

2 Cara Mengubah Word Ke PDF di HP Tanpa Aplikasi dan Pakai App


2. Mengubah Word menjadi PDF di HP Android dengan Aplikasi Tambahan

Selain online kamu bisa juga menggunakan OfficeSuite atau WPS Office yang lengkap. Kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store Android. Sebagai contoh dengan penggunaan OfficeSuite, mirip dengan penggunaan MS.Word pada komputer.

  • Sample pada penggunaan OfficeSuite, buka word yang akan di convert.
  • Pilih menu di pojok kanan atas pilih Export to PDF.
  • Setelah terbuka menjadi pdf selanjutnya save kedalam ponselmu.

2 Cara Mengubah Word Ke PDF di HP Tanpa Aplikasi dan Pakai App


NOTE : Jika memilih menggunakan install aplikasi tambahan, pastikan pilih aplikasi dengan penilaian atau rating diatas 4.0 dan banyak yang menginstall apk tersebut.


Dari kedua cara diatas yang menurut penulis paling efisien di saat mendesak adalah cara nomor 1 yaitu dengan convert secara online, karena mudah dan praktis tanpa harus install aplikasi dalam ponsel android dan membebani storage.

Itulah sedikit tips tutorial merubah format dokumen menjadi pdf yang bisa kamu lakukan untuk membantu produktivitas kerja harian anda. Karena dengan menggunakan cara tersebut anda tidak terpaku harus menggunakan laptop atau komputer PC untuk convert file word, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "2 Cara Mengubah Word ke PDF di HP Tanpa Aplikasi dan Pakai App"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close