Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Android dan PC Online & Offline

Cara mengecilkan ukuran PDF di Android dan PC - Dalam suatu dokumen berbasis digital, file dengan format .pdf pasti akan sering di jumpai selain format file .docx dari Microsoft Word. Nah kali ini admin zotutorial memberikan cara kompres file pdf yang biasa dilakukan untuk mengecilkan ukuran pdf menjadi size sesuai kebutuhan upload berkas kedalam website.

Sekarang hampir segala sektor memanfaatkan perangkat digital untuk memaksimalkan suatu pekerjaan sekaligus efisiensi kerja. Bukan tanpa alasan apa lagi di masa pandemi seperti ini memaksa untuk membatasi kegiatan diluar rumah agar meminimalkan resiko penularan.


Fungsi Kompres PDF


Batasan ukuran file pdf saat upload dokumen biasanya digunakan untuk mengontrol serta menghemat resource hosting website sehingga tidak membebani server dan memori penyimpanan host dengan besarnya file di tiap user.

Mengecilkan ukuran pdf seringkali dilakukan ketika mengupload berkas pada email kantor dengan batasan ukuran pdf yang di tetapkan, seperti saat upload berkas CV atau lamaran kerja. 

Selain via email, upload berkas pdf biasanya dibutuhkan untuk upload dokumen ke website recuitment seperti penerimaan CPNS, form google docs dan form kerja di berbagai perusahaan lain.

Hanya saja terkadang file pdf yang dibuat memiliki ukuran yang besar, bisa mencapai lebih dari 1Mb. Padahal batasan besar upload berkas pdf maksimal 500kb atau 200kb saja. Maka compress pdf bisa menjadi alternatif cara mengatasi pdf yang besar ini.

Setidaknya terdapat 3 cara untuk mengecilkan ukuran pdf yang bisa dilakukan di Hp Android, IOS dan perangkat komputer PC tergantung dari perangkat mana yang Anda gunakan, selengkapnya simak tutorial kompres pdf berikut.


Cara 1

Cara Mengecilkan PDF Secara Online (for Smartphone and PC)


Cara ini bisa dilakukan di ponsel dan komputer, dengan koneksi internet. Sebagai sample ukuran PDF dari 1.21Mb dapat di kompres menjadi ukuran 531kb.

  • Buka browser di ponsel atau komputer.
  • Masukan alamat salah satu situs compress online.
  • Contoh kali ini menggunakan www.ilovepdf.com/compress_pdf
  • Upload pdf kedalam situs dan tunggu sesaat.
  • Terdapat 3 pilihan: Extreme Compression, Recomended dan Less.
  • Pilih salah satu setelah itu hasil kompres pdf tinggal di unduh.
  • Umumnya berkas upload format PDF di reduce sebesar 40-50% dari ukuran awal.

Mengecilkan Ukuran PDF Online di Android dan PC - zotutorial.com


Berikut daftar situs Comress PDF online lain yang bisa Anda gunakan:


Disclaimer: Menggunakan Compress PDF Online tidak ada jaminan jika File PDF yang Anda upload benar-benar dihapus pemilik tools kompres online, bebas di intip, atau bebas pengumpulan data secara diam-diam oleh pemilik server.

Walaupun biasanya tools online memberi keterangan jika server akan menghapus pdf yang diupload setelah 1 jam / selang waktu tertentu. Jadi bila dokumen PDF Anda dirasa penting/sensitif pastikan memahami resiko ini.


Penyebab Ukuran PDF Masih Besar setelah di Compress?


Ukuran File PDF untuk upload berkas umumnya memiliki besar antara 100kb - 500kb. Jika setelah di compress ukuran pdf masih besar berarti file PDF awal anda terlalu besar. Pastikan 1 file pdf sebelum dikompres berukuran antaran 800kb hingga 1.3Mb, karena kompres pdf hanya bisa mengecilkan di kisaran 40% – 60% saja.

Jika pdf adalah foto hasil scan atau foto hasil kamera ponsel yang ukuranya besar, kompres atau perkecil dahulu ukuran image (.jpg) tersebut sebelum di convert ke PDF.


Cara 2

Cara Mengecilkan PDF Lewat Microsoft Word (for PC)


Buka Office word milikmu, cara ini bisa dilakukan ketika dokumen masih dalam bentuk file word dan akan di simpan menjadi pdf.

  1. Klik Save as type pilih PDF.
  2. Kemudian dibagian bawah pada option check.
  3. Centang dibagian Minimum Size (Publishing Online).
  4. Klik Save, dan otomatis ukuran pdf akan kecil daripada ‘Standard’.

Mengecilkan PDF Lewat Microsof Word - zotutorial.com


Cara 3

Cara Kompres PDF Menggunakan Nitro PDF Pro (for PC)


Compress PDF offline dengan menggunakan Nitro PDF Pro juga bisa dilakukan jika Anda memiliki programnya. Hanya saja hasil compress tidak begitu maksimal, sebagai contoh file pdf ukuran 1.21Mb setelah di kompres menjadi ukuran 900kb.

  • Caranya buka Nitro PDF yang Anda miliki.
  • Pilih tab menu File.
  • Pada sidebar kiri Pilih Optimize PDF.
  • Klik Button Option Reduce Size dan terakhir klik Optimize.
  • File akan di kompress dan Save PDF.

Kompres PDF Menggunakan Nitro PDF Pro - zotutorial.com


Bisa juga dengan menggunakan Adobe Acrobat Pro dengan save as others Reduce size PDF.

Perlu di perhatikan semakin kecil file pdf akan semakin buram atau gambar menjadi pecah. Maka dari itu meskipun ukuran pdf kecil, pastikan tulisan pada pdf masih terlihat dengan jelas. 

Apakah kini ukuran pdf milikmu sudah sesuai? meskipun tanpa install aplikasi tambahan untuk cara online, namun cukup efektif dalam memperkecil pdf menjadi 100kb hingga 500kb. Semoga bermanfaat | zotutorial.com
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Mengecilkan Ukuran PDF di Android dan PC Online & Offline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close