12 Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Lag dan Lemot

12 Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Lag dan lemot saat main sosmed atau main game sering kali dialami para pengguna. HP android nge lag dan lemot saat digunakan memang menjengkelkan, dimana saat sedang asik-asiknya atau sedang butuh respon cepat malah terganggu dengan adanya lag atau macet pada ponsel android yang sedang digunakan. Tentu ini menjadi masalah oleh sebagian kalangan dengan aktivitas yang padat dan cepat.

HP Android Nge-Lag & Lemot?

Ngelag mecet-macet ngehang dan lemot merupakan respon tanda hp androidmu sedang terbebani dengan banyaknya load kinerja, selain itu bisa juga terjadi karena ketidakstabilan antara system, hardware dengan perintah yang sedang dijalankan sehingga membuat menjadi delay sesaat atau kurang responsive. Nge-lag dan lemot pada Hp Android umumnya terjadi ketika umur ponsel berusia 2 tahun atau lebih. Karena efek penggunaan secara terus menerus maka kemampuan kinerja system dan hardware menjadi lemah.

Sebagai contoh saat bermain game, bermain game melalui console mungkin sekarang sudah jarang ditemui karena kebanyakan anak milenial sekarang lebih tertarik memainkan game melalui satu perangkat yang bisa gonta ganti game hanya dengan mendownloadnya, sekaligus bisa digunakan beragam aktifitas lain seperti social media dan chating. Saat memainkan game mendadak ngelag macet-macet maka ini akan membuat kualitas bermain game menjadi terganggu dan terhambat.

Aktivitas install delete apk secara berulang dan menggunkaan beberapa aplikasi selama jangka waktu lama juga menyebabkan kemanpuan Hp Android semakin menurun, oleh karenanya penyebab lag dan lemot pada android bisa beragam faktor, karena itulah disini zotutorial akan bagikan beberapa penyebab dan solusi yang mungkin bisa membantu anda untuk mengatasi masalah hp lag ketika sedang asik aktivitas gaming maupun social media kususnya kamu yang menggunakan smartphone jenis android

12 Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Lag dan Lemot


12 Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Lag dan Lemot

1. Sesifikasi HP Kurang Mumpuni

Tidak bisa dipungkiri teknologi aplikasi andorid semakin besar dan berat tiap tahunya, apa lagi game masa kini dengan grafis yang tinggi, hp smartphone android yang sudah jadul atau android dengan Processor & GPU generasi awal akan membuat lag dan lemot saat menjalankan aplikasi belum lagi di tambah versi OS Android yang sudah lama. Solusi : Jika ngelag dan lemot saat manjalankan aplikasi sebisa mungkin menggunakan versi Lite, misalkan FB Lite, Line Lite, Browser Lite dan sebagainya, sedangkan pada game gunakan game yang ringan sesuai spesifikasi hp kamu atau mengikuti petunjuk system requirement yang ada.

2. Space Memori Internal Penuh

Memori internal yang kecil dengan banyak data dan aplikasi terinstall akan membuat free space semakin sempit, tentu ini akan berpengaruh saat menjalankan aplikasi dalam android tersebut, biasanya bila space memori sudah limited maka akan muncul notifikasi. Solusinya tidak lain dengan memindahkan beberapa data dari memori internal kedalam microSD atau OTG flashdisk dan sisakan space memori internal minimal yang tersedia sebesar 2 Gb atau lebih.

3. Sinyal Jaringan Lemah

Lemahnya kualitas sinyal jaringan atau mobile data faktor yang paling berpengaruh saat menjalankan game dimana untuk menjalankan game mengharuskam untuk terkoneksi dengan bandwith yang stabil. Solusi : gunakan provider/ISP yang terbaik di daerah tempat tinggalmu, karena kualitas jaringan dan cakupan area pada masing-masing ISP berbeda. Penggunaan WiFi yang diakses secara bersamaan dalam jumlah banyak juga berpengaruh menurunya kualitas bandwith.

4. Cache Tidak Pernah Dibersihkan

Cache atau sekumpulan data yang disimpan sementara dalam memori android. Aplikasi dan system android yang tidak rutin dibersihkan akan menumpuk dan dapat membebani kerja system android ini bisa menjadi penyebab hp android ngelag dan lemot. Solusi : dengan rutin membersihkan cache ponsel dengan cache cleaner bawaan android yang sudah tersedia untuk mengurangi lemot pada ponselmu.

5. Banyak Aplikasi Yang Berjalan

Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan pada latar belakang (background) akan membuat membuat ponsel androidmu bekerja ekstra keras untuk membagi pekerjaan pemrosesan data. Solusi : Bersihkan recent app atau beberapa aplikasi yang terakhir anda buka terlebih dahulu agar ruang ram menjadi lega.

6. Memori RAM Penuh 

Memori RAM yang penuh juga berperan dalam menyebabkan ponsel menjadi ngelag dan hang terlebih lagi menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, Solusi : jika kamu menggunakan Hp android dengan RAM yang terbatas 2-3Gb, tutup dahulu beberapa aplikasi lainnya kemudian jalankan game atau social media yang akan digunakan.

7. Penggunaan Wallpaper/ Tema Bergerak

Penggunaan tema android dengan desain animasi bergerak pada smartphone spesifikasi entry level juga menjadi penyebab ngelag di androidmu, Solusi : gunakan thema standar dan ringan jika spesifikasi android kamu kang kurang mencukupi terutama pada penggunaan RAM kecil.

8. Menggunakan Launcher Yang Berat

Launcher banyak digemari karena bisa mengcustom tampilan menjadi berbeda sesuai selera tapi pemilihan yang tidak tepat juga bisa menjadikan smartphone ngelag saat menjalankan aplikasi berat lain. Solusi : Gunakan launcher yang ringan, pemilihan launcher dengan banyak widget dan iklan juga menyita banyak resource RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan launcher.

9. Android Terkena Virus / Mallware

Ponsel android yang terkena virus atau mallware karena sering mendownload apk yang ilegal dapat berpotensi tersusupi oleh beragam mallware dan virus. Solusi : scan perangkat androidmu dengan antivirus yang bisa kamu unduh di Play Store, hindari situs website yang tidak aman (http://) dan jangan instal aplikasi ilegal/mod yang berbahaya karena berpotensi disusupi spyware.

10. Update System yang Nge-Bug

Setelah meng-update system android harapanya adalah ada perbaikan bug dan kinerja dalam update tersebut, tetapi tidak semua update OS berjalan mulus seperti demikian, karena dalam beberapa kasus setelah upgrade versi OS malah muncul masalah baru yang sebelumnya tidak muncul. Solusi : Downgrade ke versi frimware Android sebelumnya jika dimungkinkan, dan jika tidak bisa maka terpaksa menunggu update selanjutnya dengan harapan memperbaiki bug saat ini.

11. (Optional) Factory Reset (kembali ke awal pengaturan pabrik) jika dengan beberapa cara diatas belum berhasil mengatasi lemot dan lag kamu bisa coba cara ini bila memang diperlukan, dengan syarat pastikan semua data penting anda telah di backup semua kedalam media lain seperti flashdisk, microSd card, atau laptop. Klik settings - additional settings - backup & reset - factory reset

12. (Optional) Flashing atau flash juga bisa menjadi pilihan yaitu menginstal ulang dengan stock ROM resmi bawaan masing-masing tipe Hp androidmu, kamu bisa bawa ke counter atau service center terdekat untuk melakukan ini. Flashing diperlukan jika tingkat hang parah atau bahkan mati dan rebort secara berulang.

Sekian info kali ini tentang beragam penyebab dan solusi untuk mengatasi hp android yang nge-lag dan lemot saat menjalankan aplikasi game dan android versi zotutorial.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "12 Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Android Lag dan Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel