Edit Video Goyang Menjadi Stabil di Adobe Premier Pro

Tutorial cara edit video goyang atau getar menjadi stabil di Adobe Premier Pro dengan Video Stabilizer - Apakah kamu sering mengeluhkan kualitas video rekaman yang tidak stabil, getar dan goyang padahal moment tersebut sangat jarang dan hanya sekali saja dalam hidup kamu? Mungkin tutorial edit video getar/goyang ini layak untuk anda simak.


Apa Video Shaky Itu ?


Video 'shaky' adalah video yang goyang atau getar karena efek kualitas rekaman yang buruk akibat tangan yang gemetar (tremor), goyang, atau dari perangkat kamera yang kurang mumpuni menjadi faktor penting yang menyebabkan kualitas hasil rekaman video tidak smooth

Terlebih lagi video rekaman yang shaky ini di perparah bilamana merekam menggunakan ponsel smartphone yang tidak di lengkapi oleh fitur stabilizer.

Hal ini akan menjadi kendala tersendiri ketika video tersebut akan digunakan untuk moment penting terlebih tidak memungkinkan untuk pengambilan rekaman ulang, bisa juga karena mendesak untuk di upload pada youtube atau untuk keperluan sosmed lainnya.

Pasti tidak mau kan video yang kamu unggah menimbulkan kesan buruk karena tidak bisa stabil seperti yang diharapkan.

Tapi tenang saja karena dengan cara ini video kamu yang shaky akan menjadi lebih stabil sehingga tidak perlu melakukan perekaman ulang dan tentunya menjadi lebih enak untuk dilihat mata, bagaimana kelanjutanya simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Note : Cara ini efektif pada video dengan getar normal atau tremor ringan, jika kualitas video shaky parah maka akan menimbulkan hasil seperti Jelly


Cara Edit Video Goyang jadi Stabil di Premier Pro


Pada tutorial ini Adobe Premier Pro yang digunakan adalah CC 2018 v12 Kamu bisa mengikuti dengan versi adobe milikmu yang tidak akan jauh berbeda.

Langkah Pertama

Open video shaky milikmu yang akan di edit, drag & drop dan masukan ke timeline panel adobe premier pro. Bisa juga dengan memotong hanya pada bagian-bagian tertentu saja yang goyang.

Open Video Goyang (Shaky) ke Timeline Adobe Premier Pro

Langkah Kedua

Kemudian Effects (Shift + 7) cari Warp Stablilizer dengan mengetikan pada search, atau dengan akses Video Effects – Distort – dan Warp Stablilizer, seperti gambar berikut *klik untuk memperjelas gambar.

Edit Video (Shaky) - Effects - Warp Stabilizer - Adobe Premier Pro

Langkah Ketiga

Selanjutnya kamu bisa klik Warp Stablilizer tahan tarik lepas (drag & drop) pada video yang akan di buat stabil. Tunggu hingga pemrosesan selesai.

Proses Edit Video (Shaky) dengan Warp Stabilizer - Adobe Premier Pro

Sekarang kamu tinggal jalankan video dengan klik space pada keyboard dan lihat hasilnya.

Cukup mudah bukan, hanya dengan beberapa langkah saja kamu sudah bisa meng edit video goyang menjadi stabil dan enak untuk dilihat, tanpa perlu menyesali moment rekaman video satu satunya yang kamu punya sia-sia dengan adanya masalah shaky tersebut.

Bagikan turorial ini ke teman kamu jika bermanfaat dan selamat belajar dirumah.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Edit Video Goyang Menjadi Stabil di Adobe Premier Pro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close