Tutorial Membuat Barcode Dengan CorelDraw Terbaru

Cara Membuat Barcode Dengan CorelDraw
Macam-macam format barcode kemasan/produk

Pembuatan barcode dengan CorelDraw bisa dilakukan untuk mendesain mockup kemasan produk. Fungsi barcode sendiri agar dapat mengetahui harga dan sku unit dari tok produk yang tersedia secara otomatis saat di pindai dengan scanner barcode seperti yang biasa digunakan pada retail modern dan minimarket.

Barcode yang biasanya ada pada kemasan suatu produk sangat penting keberadaanya, terutama produk yang sudah memiliki jangkauan pasar yang luas dengan distribusi ke retail modern seperti mini market dan mall dengan menerapkan standar.

Manfaat barcode produk sendiri adalah guna mempercepat proses transaksi sekaligus dapat membantu entry data saat rekap produk yang tersedia, produk yang laku, kurang laku dan persediaan habis, hingga meminimalisir kesalahan stock karena semua dapat di pantau melalui inventory yang terintegrasi dengan sistem barcode ini.

Dalam standar industri terdapat beberapa jenis format barcode seperti barcode ISBN, ISSN, ITF, UPC, CodaBar, Pharmacode dan masih banyak lagi. Tentunya format barcode disesuaikan dengan peruntukan produknya, berikut sedikit penjelasan dari format code yang tersedia.


5 kategori barcode berdasarkan format kegunanaan diantaranya :

  1. Barcode untuk keperluan penerbitan – sering digunakan pada penerbitan suatu produk, misalkan barcode yang menunjukkan ISSN atau ISBN suatu buku.
  2. Barcode untuk keperluan retail – salah satu contohnya adalah UPC (Universal Price Codes), biasanya digunakan untuk keperluan produk yang dijual di supermarket.
  3. Barcode untuk packaging – biasanya digunakan untuk pengiriman barang, dan salah satunya adalah barcode tipe ITF.
  4. Barcode untuk kepentingan Non Retail – misalkan barcode untuk pelabelan buku-buku yang ada di perpustakaan. Salah satu tipe barcode untuk keperluan non retail ini adalah Code 39.
  5. Barcode untuk keperluan farmasi – biasanya digunakan untuk identifikasi suatu produk obat-obatan. Salah satu barcode farmasi adalah barcode jenis HIBC dan Pharmacode.


Cara Membuat Barcode di CorelDraw Terbaru


1. Buka CorelDraw akses menu Object – Insert – Barcode.

Cara Membuat Barcode di CorelDraw by zotutorial.com


2. Kemudian akan muncul pilihan format Barcode yang tersedia. Dalam tutorial ini di contohkan pada pembuatan barcode dengan type format EAN-13 seperti berikut.

Tutorial Membuat Barcode dengan CorelDraw X7

3. Bar Height untuk mengatur tinggi dari barcode, resolusi printer dalam satuan dot per inch (dpi) dan pengaturan lainya yang bisa digunakan, setelah itu klik next.

Settingan Barcode Wizard - CorelDraw

4. Selanjutnya muncul pengaturan font dan add-ons text, klik finish dan tinggal atur pada posisi template kemasan.

Berikut hasil dari barcode dengan type EAN-13.

Sample EAN-13 barcode
sample barcode format EAN-13

Jenis format codaBar juga sering digunakan. Fitur barcode di coreldraw ini telah ada di versi lama CorelDraw X7, X6, X4 dan yang terbaru CorelDraw 2021 hanya saja fitur ini pada versi lama ada di menu Edit.

Secara teori nomor barcode tidaklah sama, seperti halnya nomor pada lembar uang kertas. Sebab sebelum produsen dapat mencetak sebuah barcode pada produk, dia harus mendaftarkan kode number dan barcode ke sebuah lembaga internasional, sedangkan pembuatan barcode di CorelDraw diatas hanyalah sebagai contoh yang bisa Anda kembangkan dan integrasikan.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Barcode Dengan CorelDraw Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel