Cara Melamar Pekerjaan Online & Offline Beserta Kelengkapan Dokument

Zotutorial - Bagaimana cara melamar pekerjaan ? Apa saja sih persiapan dan perlengkapan anak milenial melamar kerja ? Ya, kegiatan yang satu ini tentunya setiap orang akan mengalaminya, seperti halnya kita mencari dan mendaftar sekolah maupun kuliah (kecuali bagi yang memilih jalan hidup lain seperti mengurus anak atau usaha sendiri).

Melamar suatu pekerjaan pada sebuah perusahaan memanglah sedikit menguji mental dan besarnya harapan diterima perusahaan, karena bersaing dengan beberapa kandidat calon karyawan terbaik lainya, tak sedikit juga para pelamar kerja yang kecewa karena jumlah ketersediaan tak sebanding dengan kebutuhan lowongan yang ada.

Meskipun begitu anda dapat mempersiapkan beberapa persyaratan wajib berikut ini yang pastinya dibutuhkan ketika akan melamar suatu pekerjaan. Seperti kita ketahui bahwa melamar suatu pekerjaan di zaman sekarang dapat dilakukan baik Secara Online melalui situs Recruitment perusahaan, Email, Jobstreet dll, maupun Secara Offline yaitu melalui Job Fair dan Drop CV di kantor perusahaan.

Cara dan Dokument Persiapan Saat Akan Melamar Pekerjaan Online & Offline

Hal yang pertama kali akan di review oleh tim seleksi atau (HRD) adalah proses seleksi administrasi, yaitu semua kelengkapan dan berkas-berkas data lamaran anda. Jadi pastikan kelengkapan dokument telah anda siapkan jauh hari sebelum melamar pekerjaan. Berikut beberapa syarat kelengkapan dokument lamaran kerja yang wajib jobsekeer ketahui, agar tidak di reject saat review berkas.

1. CV & Surat Lamaran

CV (Curriculum Vitae) adalah resume daftar riwayat hidup anda, sebenarnya CV merupakan inovasi dari Surat Lamaran itu sendiri yang dibuat lebih menarik, pada CV biasanya hanya terdapat point-point penting saja yang berkaitan dengan data diri anda seperti skill, profil diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi. Sedangkan Surat Lamaran biasanya pernyataan, curahan dan harapan anda pada perusahaan yang akan dilamar beserta profil anda. Tidak ada salahnya anda membuat keduanya baik CV dan Surat Lamaran.

TIPS : Usahakan CV 1 lembar saja tetapi kompleks, karena HRD hanya sekilas membaca point-point penting dari diri anda untuk mengetahui layak tidaknya untuk diteruskan pada seleksi selanjutnya.

2. Ijazah & Traskrip Nilai

Baik SLTA atau D3/S1/S2 biasanya hanya melampirkan Fotocopy Ijazah & Transkrip nilainya saja. Ijazah/document legalisir tidak perlu dilampirkan bila tidak diminta atau di persyaratkan, pastikan anda tetap membawa satu atau dua lembar ijazah legalisir untuk berjaga-jaga.

3. SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian Ini Juga salah satu syarat yang penting dan biasanya diminta untuk dilampirkan. Perlu diketahui bahwa membuat SKCK ini ada 2 jenis, SKCK untuk melamar perusahaan Swasta dan SKCK untuk CPNS, BUMN, TNI & POLRI.

NOTE: Anda tetap bisa menggunakan SKCK perusahaan Swasta untuk digunakan melamar pada BUMN. Tetapi khusus untuk CPNS, TNI & Polri anda harus membuat SKCK khusus institusi tersebut.

4. Pas Foto

Pastikan anda telah menyiapkan pas foto dengan ukuran 3x4 dan 4x6 dengan background berwarna merah. Bila anda melamar pada institusi perbankan atau institusi BUMN biasanya juga dibutuhkan pas foto full body (seluruh tubuh dengan pakaian formal berdasi).

5. FC KTP & KK

Fotocopy KTP juga penting untuk mengetahui kebenaran identitas NIK, status domisili dan kewarganegaraan anda. Untuk Kartu Keluarga anda dapat menyiapkan beberapa lembar untuk berjaga-jaga meskipun FC KTP sudah dapat mewakili.

6. Setrifikat Pendukung (TOEFL, Surat Pengalaman Kerja, Prestasi, Dll)

Sertifikat yang paling umum dibutuhkan adalah TOEFL, Surat Pengalaman Kerja (bila sebelumnya pernah bekerja) maupun prestasi-prestasi baik akademik, olahraga maupun organisasi ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri dimata HRD.

7. Surat Kesehatan (Optional)

Surat sehat atau surat kesehatan, ini bersifat opsional karena tidak semua perusahaan meminta surat kesehatan, pastikan mengetahui detail persyaratan saat akan melamar. Bila anda melamar di perusahaan BUMN anda tidak perlu untuk melampirkan surat kesehatan, karena pada proses seleksi nya (biasanya pada saat seleksi akhir), anda akan diminta untuk melakukan Medical Check Up yang dibiayai oleh perusahaan.

8. Portofolio (Optional)

Portofolio ini merupakan kumpulan hasil karya yang pernah anda buat misalkan anda seorang arsitek & desainer grafis yang sudah pernah membuat beberapa jenis desain logo dan maket rumah. Maka anda dapat merangkum beberapa gambar karya anda itu menjadi 1 file dan diprint untuk dilampirkan. Bisa juga portofolio dalam bentuk blog website pribadi.


Persiapan Sebelum Melamar Kerja Online

Dalam melamar pekerjaan Online ada 3 cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui situs resmi perusahaan/instansi contoh: CPNS (mengisi form dan uplod berkas di situs web tersebut), kedua melamar melalui email resmi perusahaan, dan yang ketiga melalui situs khusus penyedia kerja (jobstreet, jobs.id, upgrad.id, kalibrr.com dll). Pastikan anda berhati-hati untuk melamar kerja dari situs yang tidak valid, bukalah sumber-sumber penyedia kerja terpercaya.

Semua kelengkapan diatas anda scan dan masing-masing dijadikan format (.PDF) dan (.JPG dengan ukuran max 200kb untuk masing-masing dokument) dan pastikan bila berkas di compress (di perkecil kapasitasnya) gambar tetap dapat terlihat dengan jelas.

Biasanya berkas ini diminta untuk di Upload sedangkan format maupun besaran file maksimal yang diperlukan akan berbeda di tiap perusahaan. Kedua Format tersebut merupakan format umum yang di syaratkan pada situs Recruitment Online.

NOTE : Bila melamar melalui Email (pastikan Email Resmi yang valid) anda dapat menggabungkan beberapa file pdf diatas menjadi 1 file (.pdf) saja dengan ukuran file max 1Mb

Jika anda melamar pada melalui situs resmi dan melalui situs khusus penyedia kerja, pastikan anda mengisi form secara teliti, lengkap dan benar. Jika melamar melalui email pastikan tulis subjek yang tepat Contoh : Nama Posisi_Nama Anda_Ijazah Terakhir/Domisili. Kemudian pada badan email anda tulis seperti pada surat lamaran dalam versi singkat, atau anda bisa copas dari surat lamaran untuk selajutnya lampirkan file attachment CV dan kirim.


Persiapan Sebelum Melamar Kerja Offline

Jika melamar pekerjaan secara Offline (Jobfair / Drop CV di kantor / Walk In Interview) anda bisa Foto Copy semua persyaratan diatas disusun rapi kemudian di klip menjadi 1 dan gunakan Foto Copy biasa saja tidak perlu yang dilegalisir (Kecuali di persyaratan harus melampirkan FC Legalisir) selain itu apabila Apply melalui Job Fair & Walk In Interview anda tidak perlu memasukan dokumen pada amplop coklat. Sedangkan Drop CV ke perusaahaan (tititp satpam) anda harus memasukanya dalam amplop dan memberi alamat jelas dan posisi yang dilamar.

Hati-hati!!! Bila anda menerima E.mail panggilan kerja dan mendapati File PDF yang dibuat seolah kop resmi perusahaan untuk meyakinkan korban, kemudian diminta untuk membeli akomodasi perjalanan melalui biro yang dituju dengan sistem penggantian uang akomodasi (reimbursement), Fix Penipuan. Perusahaan tidak memungut biaya apapun terhadap pelamar dan tidak menyuruh untuk membeli akomodasi apapun bahkan reimbursement. Penipuan ini bisa terjadi bilamana anda melamar kerja melalui online yang tidak valid sumbernya.

Sedikit merepotkan bukan, setelah melamar suatu di suatu perusahaan belum tentu di panggil dan setelah di panggil pun belum tentu lolos masuk perusahaan tersebut, hanya kandidat yang terbaik dimata HR yang akan lolos disemua tahap seleksi. Tetapi anda tidak perlu berkecil hati dan putus asa, gagal masuk di suatu perusahaan adalah hal biasa, anda harus tetap semangat dan fokus melamar di perusahaan lain agar memperoleh penghidupan dari suatu pekerjaan tersebut dan jangan lupa untuk meningkatkan skill kemampuan diri dan selalu berdoa.
Barangkali sekarang anda sedang susah payah bekerja di sebuah perusahaan atau bekerja ikut orang, begitupun sebaliknya bisa jadi suatu saat akan mempekerjakan orang lain di usaha/bisnis milik anda sendiri, karena begitulah roda kehidupan siapa yang tahu.
Akhirnya anda menjadi tahu tentang cara persiapan melamar pekerjaan Online dan Offline beserta kelengkapan dokument yang diperlukan, jika bermanfaat dapat anda Share di WA atau group kamu melalui tombol sosial media dibawah.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Melamar Pekerjaan Online & Offline Beserta Kelengkapan Dokument"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel