Backup Kontak Nomor HP Android Anda Dengan 4 Cara Ini.!!!

Zona Tutorial - Backup kontak nomor telepon pada HP smartphone khususnya android merupakan suatu hal yang memang sering terlupakan bahkan diabaikan pada sebagian pengguna ponsel cerdas ini, entah memang merasa aman-aman saja atau pecaya diri bila sesuatu yang dia simpan tidak akan terjadi sesuatu yang berarti. Tetapi hal ini akan berubah menjadi penyesalan setelah sesuatu terjadi misalnya hp hilang jatuh, dicuri bahkan kerusakan pada smartphone yang dimiliki, padahal terdapat data-data dan kontak penting relasi kerja, teman-teman saudara maupun gebetan yang kalian sayangi.

Kontak pada perangkan HP android itu bisa diibaratkan dengan Database pribadi yang bisa kita kelola, mau di hapus atau di tambah kontak semuanya kita lakukan secara manual. Dan kita (Pengguna Smarthpone) bertindak sebagai admin pada kehidupan pribadi masing-masing, dan bagaimana jadinya jika sang admin ini lalai dalam menjaga database nya, yakini melupakan satu tugas sepele tadi “backup kontak nomor HP” sebelum kegagalan system terjadi. Kurang lebih seperti itu jika dianalogikan.

Backup sendiri merupakan kegiatan untuk menyalin atau membuat duplikat data yang telah ada dari suatu media storage ke dalam storage lainnya atau suatu device ke device lainnya, fungsinya sudah jelas yaitu membuat data cadangan apabila sesuatu yang tidak dinginkan terjadi, terhapus, hilang atau kerusakan. Backup sangatlah penting sebagai upaya dalam mengamankan dan merawat (maintenance) data pribadi kita.

4 Cara Backup Kontak Nomor HP Android

Backup pada kontak telepon Anda juga sangat penting untuk dilakukan backup sesering mungkin agar selalu terjaga, update dan terhindar dari kehilangan data nomor kontak. Hal ini merupakan langkah baik Apalagi jika anda orang yang sering gonta ganti HP maupun nomor sim card, tentunya membuat Anda harus kerepotan jika tidak melakukan backup kontak sebelumnya. Backup kontak HP juga penting dilakukan bila anda melakukan reset pengaturan pabrik (factory reset) pada smartphone sobat. Ayo simak langkah-langkah berikut ini.

Tutorial 4 Macam Cara Backup Kontak Telepon di HP Android

Cara 1 - Backup Kontak Kedalam Memory Card (Micro SD) | Eksport Format (.VCF)

Note: Tampilan kontak pada contoh dibawah ini mungkin akan berbeda dengan smartphone yang anda miliki tetapi setiap merek smartphone pasti terdapat fitur seperti screenshot berikut.

Langkah pertama buka kontak pada smartphone anda - klik Menu - Klik Import/Ekspor Kontak.

4 Cara Backup Kontak Nomor HP Android

Selanjutnya Akan muncul dialog daftar kontak akan di ekspor kedalam SDcard klik YA - untuk melihat hasil backup kontaknya dapat dilihat pada File Manager - SDcard/Penyimpanan Eksternal - Contacts (Dengan Format .VCF)

4 Cara Backup Kontak Nomor HP Android

NOTE : 
▪ Cara ini juga bisa juga untuk transfer backup kontak kedalam SIM Card
▪ Untuk memulihkan kontak tinggal pilih menu - Eksport/Import Kontak - Import dari memory
▪ Sebaikya hasil backup .VCF ini disimpan kembali dalam Google Drive, Flashdisk atau Laptop


Cara 2 - Backup Kontak Melalui Aplikasi SYNCit (Apps Android) | Online

Saya menggunakan smartphone Lenovo jadul jadi aplikasi ini sudah default ada di HP saya, bila anda belum memiliki dapat unduh dahulu di PlayStore - SYNCit
Pastikan terkoneksi dengan internet/data buka aplikasi SYNCit - Daftar akun menggunakan email dan buat password - Klik Cadangkan Kontak - Selesai

4 Cara Backup Kontak Nomor HP Android

NOTE :
▪ Untuk Memulihkan kontak pada HP baru download SYNCit lagi - masuk ke akun - kemudian klik Pulihkan Kontak.
▪ Dapat juga digunakan untuk membackup pesan SMS, dan Log Panggilan telepon


Cara 3 - Backup Kontak Hp Android Kedalam Google Drive atau Aplikasi lain | Backup Online

Ini sama seperti cara yang pertama, hanya saja melalui Bagi Kontak (Share Contacts) - klik menu pada kontak - bagi kontak - tandai semua kontak lalu klik bagi/share - muncul meberapa aplikasi pilih Google Drive - berinama_kontak_anda.VCF  - klik Simpan.

4 Cara Backup Kontak Nomor HP Android

NOTE : Selain dapat Di upload pada Google Drive Cara ini juga dapat digunakan untuk share ke dalam Email, Whatsapp atau aplikasi lainya


Cara 4 - Backup Kontak HP Dengan Sinkronisasi Akun Google | Online

Cara yang satu ini terbilang mudah karena kita hanya menyinkronkan (Sync) dengan akun gmail google utama kita. Pilih menu Settings/Pengaturan pada android - Akun Google - Pilih Email yang akan dikaitkan - Pastikan Pada Kontak tercentang sehingga akan otomatis tersingkronisasi.



Silahkan sobat gunakan salah satu dari cara diatas atau mungkin dengan cara yang lain yang menurut anda jauh lebih mudah, tetapi mau bagaimanapun caranya yang terpenting adalah anda telah melakukan backup kontak HP sebagai langkah untuk mengamankan kontak.
Membackup Lebih Baik Daripada Kehilangan Data
Sekian ulasan tutorial kali ini tentang 4 cara Backup Kontak Nomor HP smartphone/Android. Apabila tutorial ini bermanfaat dapat anda share di media sosial kalian, semoga membantu dan selamat mencoba..
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Backup Kontak Nomor HP Android Anda Dengan 4 Cara Ini.!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close