Antivirus AVAST & SMADAV Kolaborasi Mantap Untuk Menangkal Virus

Zoutorial.com - Perlu diketahui bahwa serangan Virus terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi terutama pada perangkat Komputer PC, laptop dan mobile (Smartphone) dengan bermacan jenis variant virus beserta kemampuan dalam merusak atau mencuri data hingga menghancurkan komponen Hardware, membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab ini terus mengembangkan cara untuk memasuki celah pada system yang ada, sehingga para pengguna yang lalai pun merasakan dampak buruknya dari kehadiran virus dan malware ini terhadap data-data yang dikelolanya.

Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya selama menggunakan perangkat komputer dengan antivirus yang saya gunakan untuk menghadapi dan menangkal serangan virus membandel. Pada laptop saya beri antivirus ganda sebagai upaya untuk mengamankan data-data pribadi dan data kerja dari virus dan malware, selain itu karena kedua antivirus ini mempunyai kelebihan masing-masing. Berikut alasan saya menggunakan 2 Antivirus ini sekaligus.


Artikel ini murni OPINI sekaligus pengalaman penulis zotutorial selama menggunakan antivirus dan hanya sekadar sharing informasi untuk para pengguna device Komputer/laptop. Tidak ada bujukan serta endorse dari suatu produk antivirus tertentu dan juga tidak bermaksud untuk mendiskreditkan suatu brand antivirus yang lain.


Tampilan UI Avast Premier 2018

Mengapa Menggunakan Antivirus AVAST ??

▪ Selama penggunaan Antivirus Avast ini ringan, tidak memberatkan kinerja system windows, setelah sebelumnya telah mencoba beberapa antivirus akhirnya mantap untuk menggunakan Avast ini selama beberapa tahun kebelakang dan menjadikanya sebagai antivirus utama.

▪ RAM laptop yang saya gunakan hanya sebesar 2GB tetapi dapat berjalan lancar saat menjalankan bersamaan dengan software-software berat lain seperti CorelDraw, PES, Photoshop, AI, Emulator android, dan lainya. Mungkin Avast ini tidaklah antivirus yang paling ringan dan sempurna tapi sudah dapat memenuhi kebutuhan saya dalam memprotect data.

▪ Antivirus Avast minim false detection, jika dibanding dengan penggunaan antivirus sebelumnya yang sering menimbulkan kesalahan deteksi, misalnya kumpulan master software saya dengan ekstensi (.exe) akan terindikasi oleh antivirus sebagai virus.

▪ Pada pengaturan Avast dapat disetting tingkat sensitifitasnya melalui pengaturan sensitivity apakah low, normal atau high dan juga pengaturan disable sementara untuk menghindari kesalahan deteksi pada saat install program tertentu.

▪ Avast ini memiliki 4 versi FREE Antivirus (Gratis), Internet Security, Premier, dan versi tertinggi Ultimate yang fungsi dasar utamanya sama saja yaitu memblokir virus dan malware. Avast juga kompatibel terhadap berbagai jenis OS mulai dari Windows XP SP3 hingga windows 10.

▪ Fitur-fitur yang lebih seperti Wifi Inspector, VPN, Data sherdder, Webcam Shield dan lainya dapat menggunakan versi diatasnya, Info untuk perbedaan fitur di keempat jenis ini silahkan buka pada situs resminya www.avast.com/id-id/compare-antivirus

▪ Saya pribadi menggunakan versi Avast Premier karena kegiatan yang sering terkoneksi dengan internet wifi juga membutuhkan fitur pendukung lain. Bila hanya berfokus pada penangkalan virus dan malware versi Free saja sudah cukup mengatasi.

▪ Meskipun demikian pada Avast ini juga tetap mempunyai kelemahan diantaranya Avast lambat dalam mendeteksi virus lokal baru dibanding Antivirus Smadav yang dapat dengan cepat mendeteksi hingga ribuan virus dalam Flashdisk yang terinfeksi. Juga avast kurang mampu menjangkau virus yang ter archive password.



Tampilan UI SMADAV Pro 2018 | Antivirus Lokal

Mengapa Menggunakan Antivirus SMADAV ??

SMADAV ini memang di desain sebagai perlindungan ganda (second protection) dari antivirus utama yang digunakan. Sangat ringan dan lebih ringan dari Avast, tidak membuat beban pada OS Windows maupun bentrok dengan antivirus utama.

▪ Sangat bagus menangkal serangan variant virus lokal dari flashdisk seperti autorun, shortcut, ramnit, Trojan dan lain sebagainya. Dari sekian banyak virus yang terjangkit melalui flashdisk hampir selalu dapat teratasi tuntas dengan SMADAV ini, karena proses scan file nya juga berjalan relatif lebih cepat.

▪ Dapat meng Unhide (memunculkan kembali) file yang disembunyikan oleh virus juga beberapa fitur-fitur tambahan lain seperti Anti-Ransomeware pada versi PRO. info lebih lanjut melalui situs resmi berikut : www.smadav.net

▪ Produk dalam negeri (Indonesia) sekaligus saya ingin memberi apresiasi terhadap produk lokal Indonesia karenanya antivirus ini menjadi salah satu andalan untuk saya gunakan karena efektif (Pastikan anda memperolehnya dengan cara resmi yaitu membeli pada versi pro)

Kesimpulan

Kolaborasi kedua Antivirus Avast dan Smadav ini selama penggunaan saya memang cocok dan mantap untuk digunakan pada spesifikasi komputer Low End yang tidak ingin memperberat kinerja windows dan software yang lain, bahkan laptop yang saya pakai menggunakan RAM 2GB dengan Intel i3 generasi awal tetap oke ketika menjalankan aplikasi berat, juga kedua antivirus ini saling menutup kekurangan pada proses pendeteksian virus lokal maupun virus global, dan terakhir jangan lupa untuk selalu mengupdate antivirus yang anda miliki karena devinisi virus juga berkembang di setiap waktu.

Apabila artikel ini bermanfaat dapat anda share di media social kalian pada tombol sosmed dibawah, salam..

0 Response to "Antivirus AVAST & SMADAV Kolaborasi Mantap Untuk Menangkal Virus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel