Tips Membuat Foto Autofocus (Blur) ala DSLR dengan Photoshop

Zotutorial.com - Jumpa lagi dengan tutorial seputar photoshop kawan, kali ini akan saya bagian tentang tips bagaimana cara membuat foto blur autofocus ala-ala DSLR menggunakan Photoshop. Buat kawan yang belum memiliki kamera DSLR atau kamera smartphone yang memiliki fitur potrait agar bisa menciptakan effek blur pada gambar latarnya tak perlu berkecil hati, karena hanya berbekal sedikit polesan menggunakan photoshop ini shobat dapat menciptakan situasi gambar mirip dengan hasil jepretan kamera DSLR atau istilah bekenya Efek Bokeh.

Bokeh sendiri berasal dari bahasa jepang yang berarti blur, area blur atau area Out of Focus (fotografidesain) biasanya dapat dihasilkan pada sebuah bidikan lensa menggunakan kamera DSLR/Mirror lens. Efek blur ini sudah lama digunakan oleh fotografer-fotografer pemula hingga professional. Sedangkan teknologi bokeh ini baru beberapa tahun belakangan diaplikasikan dengan menerapkan (AI) pada system kamera smartphone terkini atau dual lensa.

Membuat rekayasa efek blur (autofocus) pada foto ini pun sebenarnya sangat sederhana hanya beberapa klik saja dan berbekal ketelitian saat menyeleksi area foto yang akan dibuat blur maka akan jadi foto bernuansa bokeh. Lalu bagaimana caranya simak langkah-langkah berikut sob.

Tips Membuat Foto Autofocus (Blur) ala DSLR dI Photoshop
Wujil Resort Semarang

Membuat Foto AutoFocus (Bokeh) Ala DSLR dengan Photoshop

Langkah Pertama
Import foto kedalam Photoshop, usahakan menggunakan foto yang minim noise atau clean dan tajam sehingga mempermudah proses seleksi pada area gambar.

Langkah Kedua
Seleksi pada gambar menggunakan Quick Selection Tool, sobat juga dapat menggunakan seleksi lain seperti Lasso Tool, lalu sapukan pada area yang akan dibuat blur. NOTE: seleksi serapi mungkin dan presisi pada area agar hasilnya memuaskan.

Tips Membuat Foto Autofocus (Blur) ala DSLR dI Photoshop

Langkah Ketiga
Klik pada menu bar Filter - Blur - Gaussian Blur.

Tips Membuat Foto Autofocus (Blur) ala DSLR dI Photoshop

Langkah Keempat
Kemudian akan muncul Pengaturan Gaussian Blur untuk memberi efek blur dengan cara menggeser atau memberi nilai pada Radius Pixels, disini saya memperoleh nilai ideal pada 4.5 pixels. NOTE : Atur kadar bokeh pada seleksi area secukupnya saja sehingga membuat kesan seperti hasil jepretan kamera DSLR.

Tips Membuat Foto Autofocus (Blur) ala DSLR dI Photoshop

Selesai dan hilangkan garis putus-putus dengan tekan CTRL+D pada keyboard, untuk perbandingan hasil dapat dilihat pada foto di awal tutorial ini. Cukup mudah bukan, hanya beberapa klik saja sudah jadi, yang agak ribet hanya saat menyeleksi area fotonya saja karena bila tidak presisi objek area yang harusnya focus malah ikutan menjadi blur.

Saya yakin sobat dapat membuat hasil bokeh yang lebih baik dari contoh diatas, demikian tutorial tentang Tips Membuat Foto Blur (Autofocus) ala DSLR dengan Photoshop kali ini, jangan lupa untuk share di media social atau komunitas kalian melalui tombol sosmed dibawah ini bila tutorial bermanfaat, semoga menambah pengetahuan dan selamat mencoba..

0 Response to "Tips Membuat Foto Autofocus (Blur) ala DSLR dengan Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel