Pakai Cara ini Agar Sepeda Motor Anda Tidak Hilang Dicuri | Tips

Zotutorial.com - Untuk kali pertama saya akan membagian tips diluar ilmu komputer yang biasanya saya share yaitu mengenai cara untuk mengamankan kendaraan bermotor khusus roda dua (sepeda motor) dari pencurian. Hal ini karena bentuk kepedulian saya terhadap para mengguna roda dua sekaligus maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor yang sering terjadi di lingkungan saya.

Bahkan status kehilangan sepeda motor ini kerap kali muncul pada story dan grup-grup social media yang membuat saya begitu prihatin, mengingat begitu cepatnya para pencuri ini mengambil kendaraan yang terparkir walaupun hanya sebentar dan sudah dalam keadaan terkunci.

Mungkin bagi anda yang punya uang berlebih kehilangan kendaraan dapat dengan segera memperbaruinya, namun berbeda dengan yang mempunyai perekonimian pas-pasan seperti saya atau mendapatkan motor dari hasil tabungan atau kredit bertahun-tahun, ini yang sangat memilukan hati saat motor kesayangan lenyap begitu saja oleh pencuri.

Perlu Diketahui!!!

Alat Apasih Yang Digunakan Pencuri Motor Dalam Membobol Kunci Kontak??

  • Alat utamanya adalah Kunci T yang telah dimodifikasi agar dapat merusak rumah kontak sepeda motor ( Paling Umum Dugunakan Pencuri ) biasanya kurang dari 1 menit untuk merusak rumah kontak.
  • Menggunakan Cairan Setan, yaitu cairan yang bersifat sangat korosif sehingga dapat melarutkan logam besi dan baja (Tetapi ini jarang sekali digunakan) karena membutuhkan waktu tidak secepat dengan kunci T.

Cara-Cara berikut ini setidaknya dapat digunakan untuk mencegah kehilangan motor, sekaligus menghambat gerak pencuri yang akan mengambil kendaraan kalian.

1. Menggunakan Disk Brake Lock / Kunci Cakram

Disk Brake Lock

Kunci cakram ini memiliki banyak model dan ukuran, anda dapat membeli di bengkel maupun Olshop dengan harga yang tejangkau antara 40-150ribuan.

2. Menggunakan Gembok Biasa

Gembok Biasa

Sama seperti kunci cakram, menggunakan gembok juga dapat digunakan sebagai alterative untuk mengunci Disk Brake, pastikan menggunakan gembok yang kuat dan tebal.

3. Menggunakan Pengunci Velg / Gembok Rantai Biasa

Cara ini juga bisa digunakan dengan menggunakan pengunci velg yang biasanya include pada motor Honda jaman dahulu atau menggunakan rantai pagar rumah, tetapi cara ini jarang digunakan karena ukuranya yang besar dan kurang praktis.

NOTE : Dengan Ketiga Cara diatas pencuri tetap dapat membobol rumah kunci kontak motor anda, tetapi tidak dapat berjalan karena Disk Brake masih terkunci, dan apakah pencuri akan berfikir memotong Gembok itu atau membongkar cakram depan bahkan meggotongnya? Pastinya keburu tercyduk warga sob :D

4. Punya Uang Lebih dan Ingin Yang Lebih Praktis ??

Smart Key Less
Image Otomotifnet
Dengan memasang Smart Keyless, ya dengan menggunakan smart keyless ini termasuk teknologi terkini yang sudah banyak diterapkan pada motor-motor keluaran terbaru disamping Shock Alarm. Dengan menggunakan Smart Keyless maka tidak tersedia lagi rumah kontak yang merupakan Celah bagi para pencuri untuk membobol dengan kunci T. Untuk harganya ada dikisaran 1jutaan.

5. Dengan Saklar Pemutus Arus ke Koil atau Pengapian Busi

Cara ini juga bisa dilakukan baik mengcustom sendiri atau di bengkel untuk dibuatkan sakelar tambahan. Jadi ketika kontak motor telah berhasil dibobol namun mesin tidak dapat dihidupkan.
Saklar biasanya dipasang pada bagian yang tersembunyi pada sepeda motor misalnya dibawah jog atau bagasi sepeda motor.

Semoga dengan maraknya kasus kehilangan motor juga disertai kesadaran para masyarakat untuk selalu waspada sekaligus lebih berhati-hati dalam menjaga kendaraan kesayangan dari para pencurian dan modus penggelapan.
Ingat kejahatan dapat terjadi dimana dan kapan saja!!! dan pencurian terjadi bukan hanya karena ada niat dari sang pelaku, tetapi juga karena ada Kesempatan.
Bila bermanfaat silahkan artikel ini Share di Grup WA atau social media lain melalui tombol sosmed dibawah ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Pakai Cara ini Agar Sepeda Motor Anda Tidak Hilang Dicuri | Tips"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close