Cara Cek Lupa Nomor NPWP Online Tanpa ke Kantor Pajak

ZOTUTORIAL.com - Sudah pernah bikin NPWP tapi lupa nomor NPWP karena kartu NPWP hilang atau ketinggalan? anda tidak perlu cemas, sebab tiada yang tak mungkin dalam dunia online alias digital seperti sekarang, sebab semua dapat diakses sama halnya untuk mengetahui nomor kartu NPWP pribadi Anda!

Nomor NPWP sangat penting terutama saat pengajuan kredit di bank, seperti pengajuan KPR, KUR dan kredit konvensional lainnya, beli Emas Antam, beli mobil atau barang mewah lain, menang undian berhadiah, hingga lampiran berkas masuk kerja di perusahaan dengan mencantumkan foto copy NPWP.

Bagaimana jika NPWP hilang? Sebenarnya jika NPWP hilang kamu bisa melakukan pencetakan ulang NPWP di kantor KPP pajak terdekat agar bisa di buatkan kartu NPWP baru. Namun jika kesibukan tersendiri dan sifat yang urgent bagi sebagian orang tidak akan ada waktu untuk meminta kartu NPWP baru di kantor pajak, maka ada solusi lain dari hilangnya kartu NPWP sobat yaitu dengan pengecekan nomor NPWP secara online.

Berikut ini adalah cara alternatif yang bisa dilakukan untuk pengecekan nomor NPWP nasabah siapapun yang akan dilakukan pengecekan oleh sebab lupa atau kehilangan NPWP, simple dan praktis tanpa perlu pergi ke kantor KPP pajak terdaftar, berikut caranya.


Cek Nomor NPWP Secara Online bisa dari HP


Pastikan Anda sudah pernah membuat NPWP sebelumnya, jika belum pernah maka pengecekan tidak akan berhasil. Kamu bisa membuat NPWP secara online dan gratis melalui laptop, komputer PC maupun HP namun kurang di sarankan. Berikut cara cek nomor NPWP melalui browser HP/laptop.

  1. Buka browser (Chrome/Edge/Firefox/Safari) dari komputer atau ponsel Anda.
  2. Masukan alamat situs web cek NPWP https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp
  3. Isi nomor NIK dan Nomor Kartu Keluarga .
  4. Isi captcha dan klik Cari.
  5. Nomor NPWP akan muncul beserta KPP terdaftar beserta status NPWP Aktif / Non Efektif (NE).

Cara Cek Lupa Nomor NPWP Online Tanpa ke Kantor

Nama pada pemegang KTP akan di samarkan dengan tanda (*) karena demikian pastikan awalan dan akhiran huruf sudah sesuai dengan nama anda dan juga jumlah karakternya.


Informasi status NPWP NE dan Aktif


  • Status NE pada NPWP : Adalah Wajib Pajak yang tidak memenuhi persyaratan subjektif dan/atau objektif, tetapi belum dilakukan penghapusan NPWP. Tidak Wajib Lapor SPT, jika lapor SPT maka NPWP otomatis menjadi Aktif.

  • Status Aktif pada NPWP : Adalah Wajib Pajak yang memenuhi persyaratan subjektif dan objektif dan menjalankan hak dan kewajiban perpajakan secara efektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Status WP Aktif wajib lapor SPT tahunan meski anda tidak bekerja sekalipun.


Cetak NPWP Sementara Untuk Kelengkapan Berkas


Untuk keperluan pemberkasan atau melampirkan syarat NPWP kamu bisa dengan melampirkan NPWP mu yang hilang dengan Screenshot (Print Screen) tangkapan layar seperti diatas dan kemudian print, atau bisa dengan Ctrl+P langsung jika perangkat anda terhubung dengan Printer, karena yang di butuhkan hanyalah nomor NPWP nya saja.

Demikian cara mudah anda mengetahui status NPWPmu, kini Anda tidak perlu cemas dan kebingungan lagi ketika tidak membawa NPWP atau hilang sekalipun karena dapat dengan mudah mengetahui nomor NPWP dengan nomor KK dan KTP saja. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Cek Lupa Nomor NPWP Online Tanpa ke Kantor Pajak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close