Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 & 11 Tanpa Install Aplikasi

ZOTUTORIAL.com - Merekam layar komputer PC dan laptop atau istilahnya disebut dengan screen recorder merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membuat video dengan memanfaatkan aktifitas pergerakan layar monitor laptop atau PC.

Jika print screen merupakan tangkapan layar berupa gambar biasa, lain halnya dengan screen recorder dimana bagian pada layar dapat diamati secara detail dan jelas karena pergerakan real time dengan durasi tertentu sesuai kebutuhan pengguna.

Kegiatan perekaman layar monitor ini sering dilakukan untuk membuat tutorial dengan memanfaatkan aktifitas layar windows sehingga penonton dapat mengamati seperti dipandu dalam aktifitas pergerakan pointer di layar monitor.


Merekam Layar Laptop Windows


Seperti yang sudah banyak diketahui jika Microsoft telah menyediakan fitur screen recorder pada windows 10 dan windows 11 yang bisa dimanfaatkan oleh gamers dan pembuat konten untuk sarana pembelajaran maupun video hiburan seperti konten gaming.

Cara merekam layar laptop dan PC bisa dilakukan dengan beberapa cara atau metode, contohnya seperti yang zotutorial bagikan kali ini, yaitu merekam windows tanpa instal aplikasi di komputer. 

Dengan fitur ini selain praktis, juga sangat bisa diandalkan untuk melakukan suatu perekaman layar di windows 11 dan windows 10 terbaru secara instant.

Dengan demikian pengguna tidak lagi perlu repot mencari aplikasi dan menginstal di laptop hanya untuk melakukan screen recorder karena windows telah menyediakanya. 


Cara Screen Recorder Windows Tanpa Aplikasi Tambahan


Anda dapat merekam video youtube, streaming game, webinar zoom dan aktifitas lainya pada layar monitor. Pastikan Windows anda telah teraktivasi dengan baik sebelum menggunakan fitur ini. Cara penggunaanya sebagai berikut:

  1. Buka Windows 10 / 11 di Laptop atau PC milikmu.
  2. Tekan kombinasi key pada keyboard Tombol Win + G
  3. Bisa juga dengan kombinasi key Win + Alt + R
  4. Selanjutnya muncul aplikasi untuk perekam screen monitor dengan beberapa pengaturan.
  5. Screen Recorder siap untuk digunakan.

Fitur ini include pada Windows 10 dan 11 terbaru, jika kamu pengguna windows 8.1 dan windows 7 ada baiknya untuk berpikir ulang untuk migrasi ke sistem operasi diatasnya karena belum terdapat screen recorder tambahan pada OS tersebut.

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 / 11 Tanpa Aplikasi

Settingan lain seperti dusrasi video, frame rate, video quality dan lokasi folder bisa kamu atur di menu Pengaturan Windows (Settings) – Gaming – Captures.


Cara Merekam Layar Monitor Windows 10 / 11 dengan Aplikasi Gratis


Ada pula cara lain namun dengan aplikasi gratis (open source) yang dapat diandalkan sebagai perekam aktivitas monitor. Berikut 2 aplikasi perekam layar windows yang dapat digunakan sebagai alternatif lain yang gratis dan aman untuk digunakan.


Screen Recorder Menggunakan OBS Studio


Yang pertama ada OBS Studio atau Open Broadcaster Software yang dapat digunakan secara gratis untuk merekam aktivitas layar komputer anda baik laptop MacOS maupun Windows. 

Fiturnya pun cukup lengkap dan mumpuni dalam beragam sekenario perekaman dan streaming, berikut cara penggunaanya:

  • Download OBS for windows terlebih dahulu di internet, aplikasi ini gratis dan Open Source.
  • Masuk ke tab Auto Configuration, pilih Optimize just for Recording, I Will not be Streaming pengaturan bertujuan untuk memaksimalkan kualitas video saat proses recording. 
  • Tekan Next dan pilih resolusi dan FPS (23-30) sesuai kebutuhan. 
  • Tekan tombol Next kembali dan klik Apply.
  • Tekan tanda + pada aplikasi OBS Studio, lalu pilih Display Capture.
  • Beri nama sesuai keinginanmu dan tekan OK. Maka, seluruh aktivitas pada layar laptop akan terekam oleh OBS ini.

Tips agar hasil rekaman tidak patah-patah, anda bisa disable preview. Kemudian untuk merekamnya tekan Start Recording yang ada pada bagian bawah kolom control di samping kanan bawah.

Jika ingin mengakhiri proses recording, bisa tekan menu Stop Recording. Hasil video bisa kamu lihat di File Explore bagian video.


Screen Recorder menggunakan VLC Media Player


Cara lain yang bisa diandalkan yaitu dengan media player VLC. Aplikasi Open Source ini bisa dimanfaatkan untuk rekaman layar monitor Windows, Linux, macOS caranya sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi VLC Media Player.
  • Buka aplikasi VLC Media Player dan pilih menu Media.
  • Pilih menu Open Capture Device dan cari bagian capture mode, kemudian pilih Desktop.
  • Atur Desired frame rate for the capture menjadi 25.00 f/s
  • Klik tanda panah ke bawah yang ada di sebelah tombol Play, dan pilih Convert.
  • Seting profile: Video – H.264 + MP3 (MP4)
  • Atur destinasi file hasil rekaman, lalu klik Start untuk memulai proses merekam.
  • Untuk mengakhiri proses recording, Anda bisa langsung klik Stop Recording melalui icon.

Cara Merekam Layar Laptop Windows dengan VLC Media Player

Jika menggunakan screen recorder bawaan windows dirasa tidak maksimal dengan fitur terbatas maka kamu bisa menggunakan cara lain dengan menggunakan aplikasi tambahan yang menawarkan fitur lengkap beserta editor video.

Anda dapat menggunakan aplikasi screen recorder berbayar seperti Bandicam, FlashBack Pro, Camtasia, Filmora Screen Recorder dan beberapa aplikasi terpercaya lainya yang menawarkan fitur perekam layar plus editing video yang lengkap.

Hati-hati apabila ingin menggunakan screen recorder free atau gratisan lain yang banyak di tawarkan di internet, pastikan mendownload melalui sumber yang jelas atau langsung di official website resminya.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 & 11 Tanpa Install Aplikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close