Melihat Spesifikasi Laptop dan PC Windows 10, 8, 7 Lengkap

Postingan kali ini akan membahas mengenai 4 cara melihat spesifikasi PC dan laptop tanpa software tambahan dan dengan aplikasi yang bisa dilakukan, termasuk untuk cek detail graphics card atau VGA internal dan dedicated VGA. Jadi bagi sobat yang masih awam dan baru pertama kali mengoperasikan laptop, Anda bisa mengukuti tutorial berikut sehingga dapat dijadikan refrensi untuk cek spek lepi dan PC kalian.

Disini sobat anggaplah baru pertama memiliki sebuah komputer atau pertama kali kenal dengan komputer PC atau Laptop, atau berencana membeli laptop dan PC baru. Kemudian bingung dan tidak tahu cara untuk melihat spek dari hardware komputer atau laptop tersebut, pastinya sobat akan bertanya pada yang paham atau mencari jawaban pada google seperti saat ini. 

Terlebih ketika akan menginstall game dan ingin mengetahui spek PC atau laptop apa yang kuat untuk menjalankan game berat sesuai System Requirement Game & Software yang ingin sobat install, ini juga berlaku sebelum beli laptop untuk kebutuhan grafis AutoCAD, illustrator dan edit rendering video.

Barangkali untuk melihat spek sebuah motor atau mobil, Anda dapat melihat spesifikasinya melalui brosur, namun bagaimana dengan Spesifikasi Laptop dan PC? maka cara praktisnya dapat diketahui melalui sistem operasi dalam windows tersebut dan melalui tools deteksi hardware.


4 Cara Melihat Spesifikasi Laptop atau PC Secara Detail


Mengingat masing-masing komputer PC atau laptop ini pastilah memiliki spesifikasi yang beragam, apa lagi PC rakitan. Tentu akan membuat semakin banyak spek yang ditawarkan. Karena itu jika sobat mengalami kendala seperti permasalahan cara cek spesifikasi komputer PC ataupun Laptop silahkan gunakan diantara 4 cara cek hardware laptop dan PC berikut ini.


#1 Cek Spek Komputer Melalui System Properties


Melihat spesifikasi komputer yang pertama sobat dapat melihat detail speknya melalui system properties yang ada di file explore dengan sangat mudah.

  • Caranya cukup klik kanan pada My komputer atau This PC lalu klik kanan dan pilih Properties.

Melihat Spesifikasi Laptop dan PC Windows 10, 8, 7 Lengkap by zotutorial.com

  • Setelah klik Properties - kemudian akan dialihkan ke system komputer.


Disana akan ditampilkan detail singkat mengenai spesifikasi singkat komputer yang sedang Anda gunakan seperti RAM, Jenis Processornya dan versi Windows yang digunakan beserta aktivasi windowsnya.

Cara ini juga dapat diakses melalui laman Control Panel - System and Security - System.

Melihat Informasi Sistem Windows 10, 8, 7 Lengkap by zotutorial.com



#2 Cek Spek Laptop melalui Command Prompt (CMD Admin)


Sobat juga bisa menggunakan Command Prompt (Admin) dimana kamu bisa menggunakan perintah untuk menjalankan systeminfo.exe yang memungkinkan sobat untuk mendapatkan informasi tentang system laptop atau PC milik Anda. 

Perintah ini juga bisa memberi tahu Anda tentang informasi kapan pertamakali OS Windows tersebut di Instal pada laptop atau komputer PC sobat.
Untuk melihat informasi system komputer laptop sobat menggunakan perintah berikut:

  • Klik kanan pada start windows (Pojok kiri bawah)
  • Kemudian pilih Command Prompt (Admin) atau dijalankan secara Administrator
  • Masukan perintah systeminfo kemudian Enter

Setelah perintah berjalan beberapa saat, Anda akan mendapatkan rincian informasi system dan juga spesifikasi, mulai dari info:

  • Seri Windows yang digunakan versi hingga build type.
  • System type 64-bit atau 32-bit.
  • Tanggal awal Windows di install.
  • Versi BIOS, memori, dan jenis network card adapter yang digunakan.


#3 Cek Spesifikasi PC Melalui DXDIAG


Melihat spesifikasi komputer yang umum dilakukan adalah melalui Dxdiag. Cara ini memungkinkan user dapat melihat detail Spesifikasi dengan cukup lengkap ketimbang cara 1 dan 2 pada cara diatas.

Apa DxDiag itu ?

Dxdiag (DirectX Diagnosticts) merupakan sebuah utilitas fitur bawaan windows yang dirancang untuk menampilkan spesifikasi dari penggunaan hardware, dan juga untuk menguji DirectX perangkat lunak.

Fitur ini biasanya sebagai acuan untuk melihat spesifikasi sebelum menginstal software aplikasi berat seperti game video atau grafis editor yang memerlukan spesifikasi khusus, maka dengan cara ini kita dapatakan jawabanya.

  • Caranya dengan menjalankan RUN atau tekan tombol (Windows + R) pada Keyboard. 
  • Setelah itu lalu Ketikkan dxdiag di Jendela Run yang muncul, seperti gambar dibawah ini.

Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10, 8, 7 via regedit by zotutorial.com

  • Kemudian klik OK atau enter. Beberapa saat kemudian Jendela menu Dxdiag akan terbuka. 


Disana akan ditampilkan detail lumayan lengkap Spesifikasi dari Komputer atau Laptop yang sedang Anda gunakan pada masing-masing tab menu System, Display, Sound dan Input.

Melihat Spesifikasi Laptop dan PC Windows 10, 8, 7 Lengkap by zotutorial.com


#4 Cek Spek Laptop dan PC menggunakan Aplikasi


Jika melalui 3 metode cek spesifikasi laptop diatas dirasa kurang detail dan kurang puas, sobat bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama CPU-Z dan GPU-Z yang bisa digunakan secara portable dan gratis, pilihan lain juga tersedia HWiNFO.

Downlod Aplikasi Cek Hardware di Sini
CPU-Z  |  GPU-Z  |  HWiNFO

GPU-Z merupakan aplikasi khusus melihat spek VGA atau graphics card laptop dan PC, dengan menggunakan aplikasi tersebut sobat dapat melihat informasi spek hardware laptop dengan lebih detail lagi.

Anda dapat memakai 4 metode untuk melihat Spesifikasi pada laptop dan PC sendiri maupun milik orang lain sebelum membeli seken. Entah menggunakan Windows 10, 8.1 atau win 7 dapat dilakukan dengan semua cara diatas.

Pastinya semua cara diatas merupakan alternatif yang dapat sobat lakukan dengan mudah tanpa harus menginstall software tambahan di komputer ataupun memilih dengan App yang lebih detail untuk cek spesifikasi laptop. Jangan lupa untuk melihat tutorial-tutorial maupun informasi lain dari zotutorial, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Melihat Spesifikasi Laptop dan PC Windows 10, 8, 7 Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close