Mempertajam Foto Yang Buram dengan Photoshop (Sharpen)

Hasil foto yang kurang memuaskan dan cenderung redup apa lagi ditambah foto buram dan tidak jelas terkadang menjadi masalah yang serius. Apa lagi di zaman sekarang, hampir semua kegiatan kebanyakan memerlukan proses dokumentasi berupa foto baik pengambilan gambar untuk sekedar dokumentasi pekerjaan, foto pribadi hingga kegiatan pemotretan profesional atau lebih dikenal fotografi.

Pengambilan foto pun beragam cara mulai dari menggunaan perangkat smartphone atau HP Android/IOS dengan kualitas kamera yang ala kadarnya, dengan kamera ponsel yang mumpuni, scan hingga pemotretan menggunakan kamera Mirrorless dan DSLR.

Hasil foto kurang jelas dan buram salah satu penyebab pengguna harus meningkatkan kualitas atau resolusi pixel image menjadi lebih baik, dan kamu bisa melakukan cara ini untuk membuat kualitas foto menjadi lebih tajam, mempertajam kualitas foto kamera hp maupun kamera profesional.


Pertajam Foto Dengan Photoshop


Kendala hasil foto yang kurang tajam dan buram bisa diatasi dengan beragam cara mulai dari aplikasi edit foto di hp Android, IOS hingga pertajam foto online. Namun topik kali ini adalah bagaimana cara memperjelas kualitas foto agar tajam adalah dengan menggunakan fitur Sharpen dan Unsharp Mask pada Adobe Photoshop. 

Anda bisa menggunakan Adobe Photoshop CS6 maupun versi Ps CC terbaru untuk bisa menajamkan foto dengan fitur ini, dan caranya pun cukup mudah simak tutorial dari berikut.


Menajamkan Foto di Photoshop dengan Sharpen


  • Open Image yang akan di edit kedalam Photoshop
  • Pada menu pilih FilterSharpen
  • Tersedia beberapa pilihan Anda bisa menggunakan
  • Gunakan Sharpen, Sharpen Edges, More untuk mode Auto
  • Pilih Smart Sharpen untuk customisasi sesuai kebutuhan


Cara Mempertajam Foto Yang Buram Dengan Photoshop by zotutorial.com

Kekurangan dari tindakan menajamkan foto adalah tekstur objek akan terlihat semakin kasar, karena efek detail objek foto yang dipertajam. Oleh karena itu pastikan untuk melakukan sharpen sewajarnya.


Mempertajam Kualitas Foto di Photoshop dengan Unsharp Mask

Cara kedua juga bisa dilakukan yaitu dengan Unsharp, dilihat dari artinya bukankah tidak membuat tajam? Atau malah akan membuat blur? Sobat tidak perlu khawatir karena itu hanya penamaan saja, dengan Unsharp Anda juga bisa melakukan untuk menajamkan kualitas foto yang tersedia.


  • Siapkan foto yang akan di edit dan buka di Ps.
  • Pilih menu Filter - sharpen, dan klik Unsharp Mask.
  • Kemudian akan muncul pop-up dialog dan terdapat 3 parameter setingan.
  • Masing-masing adalah Amount, Radius dan Threshold.


Berikut ini yang bisa Anda lakukan dengan mengatur 3 Parameter yang terdapat pada unsharp tersebut dengan memperhatikan beberapa lingkup dibawah.


Cara Memperjelas Foto Yang Buram Dengan Photoshop by zotutorial.com


  1. Amount : 150% untuk foto manusia, 65% untuk foto Landscape, 85% untuk foto sehari-hari.
  2. Radius : 1 untuk foto manusia, value 3 untuk Landscape, value 1 untuk foto serbaguna.
  3. Threshold : 9 untuk foto manusia, 2 untuk foto Landscape, 5 untuk foto sehari-hari.


*Settingan diatas hanya sebagai sebagai contoh, Anda bisa menggunakan setingan sendiri dengan menyesuaikan kondisi foto yang kamu miliki agar lebih balance.

Barangkali Anda juga bisa menggunakan cara diatas untuk memperjelas foto tulisan hasil scan yang terkadang tidak dapat terlihat jelas. Itulah tutorial yang bisa Anda gunakan untuk membuat kualitas foto buram menjadi tajam secara mudah, praktis dan cepat dengan fitur Sharpen dan Unsharp pada Adobe Photoshop. 

Penggunaan Photoshop bisa menjadi alternatif dari sekian banyak cara yang bisa Anda gunakan, jadi cara mana yang terbaik dan termudah untuk menajamkan foto? kembali kepada kebutuhan Anda tentunya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Mempertajam Foto Yang Buram dengan Photoshop (Sharpen)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close