Agar Komputer Sleep Otomatis dan Mengatur Durasinya

zotutorial.com - Agar komputer sleep otomatis beserta cara mengatur durasinya bisa Anda lakukan secara mudah pada platform Windows. Meskipun pegguna biasa melakukan sleep komputer melalui opsi pilihan cepat sama seperti ketika melakukan shutdown dan restart windows, namun tidak semua komputer sleep secara otomatis ketika dibiarkan tanpa aktifitas.

Sleep Windows sendiri merupakan keadaan tertidur dimana komputer akan mati, tetapi tidak sepenuhnya mati, karena ketika pengguna Windows 10, 8, 7 menghidupkan komputernya lagi melalui tombol power maka keadaan file-file dan aplikasi yang dibuka sebelum sleep akan tetap terbuka.

Dan pengguna bisa menentukan sendiri berapa lama durasi waktu yang dibutuhkan sebelum komputer laptop dan PC sleep otomatis tanpa aktifitas, atau bisa juga menseting tidak sleep sama sekali alias selalu hidup walau tanpa aktifitas.


Fungsi Sleep Pada Komputer


Fungsi fitur sleep otomatis pada windows ini sendiri adalah agar menghemat daya listrik pada komputer, jadi ketika pengguna sibuk dengan kegiatan lain dan komputer tidak ada sentuhan aktifitas inputan sama sekali maka akan otomatis masuk ke mode sleep.

Pada postingan terdahulu pernah diulas mengenai cara membuat Timer Shutdown Otomatis di komputer windows dengan jeda waktu shutdown yang bisa diatur sesuai kebutuhan Anda bisa baca disini.


Cara Membuat Komputer Sleep Otomatis


Cara Membuat Komputer Sleep Otomatis by zotutorial.com


Langkahnya bisa Anda ikuti seperti tutorial berikut, dan ini berlaku untuk semua sistem operasi Windows baik seri Windows 10, 8.1 dan win 7.

  1. Pada task bar Windows klik kanan icon baterai.
  2. Pilih opsi Power Options dari yang ditampilkan.
  3. Selanjutnya klik pada Change Plan Settings.
  4. Ubah ’Put The Computer to Sleep’ menjadi rentang waktu.
  5. Durasi sleep tersedia dalam satuan menit hingga jam.
  6. Lakukan di keduanya.

Cara Mengatur dan Membuat Komputer Sleep Otomatis by zotutorial.com


Arti Pada Edit Plan Setting Windows


  • On Baterai : Maksudnya waktu sleep yang dibutuhkan jika komputer menggunakan daya baterai (Tanpa di charger).
  • Plugged in : Artinya waktu yang dibutuhkan sebelum masuk sleep ketika komputer menggunakan daya charger (Sambil di charger).


Sleep akan bekerja dan dimulai dari terakhir kali Anda melakukan inputan atau aktivitas terakhir pada Windows, seperti terakhir kali menekan tombol keyboard atau terakhir menggeser & klik mouse.


Cara Mengatur Durasi Sleep Otomatis Komputer


Gaya penggunaan yang berbeda tentu akan mempengarui setingan waktu sleep windows. Jadi masing-masing pengguna bisa menentukan sendiri jeda waktu merapa menit atau jam seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Jika Anda menginginkan komputer masuk ke mode Sleep dalam rentang durasi yang cepat maka bisa di setting antara 1 menit hingga 10 menit.

Dan jika menginginkan Windows sleep saat dibiarkan lama pilih 1 jam hingga 5 jam pembiaran baru Sleep.


Cara Menonaktifkan Sleep Otomatis Komputer


Bagaimana caranya agar komputer selalu hidup terus menerus tanpa sleep bisa dibilang adalah kebalikan dari cara yang sudah dibahas diatas.

Langkahnya mudah saja, yaitu Anda tinggal menseting nilai ‘Put The Computer to Sleep’ menjadi Never.

Dengan begitu maka komputer Anda selalu terjaga untuk kegiatan misalnya mendownload dalam waktu yang lama agar tidak sleep secara otomatis. Seperti melakukan download file iso atau game dengan di tinggal tidur malam.


Menyesuaikan Pola Pengguna


Windows merupakan sistem operasi cerdas dimana pengguna bisa menyesuaikan perilaku manusia yang mengopersikan, seperti halnya bilamana Windows pada kondisi tanpa aktifitas sama sekali selam rentang waktu tertentu, maka secara otomatis Windows akan masuk pada mode sleep, sekaligus pengguna bisa mengaturnya agar tidak sleep sama sekali.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Agar Komputer Sleep Otomatis dan Mengatur Durasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close