Membuat Timer Shutdown Komputer Otomatis Dengan Shortcut

Zona Tutorial - Terkadang disela kesibukan bekerja maupun asyik menggunakan Komputer kita sampai sampai lupa akan waktu dan istirahat. Begitu juga dengan computer kita disaat kita istirahat atau ketiduran computer terkadang masih menyala. Yang umum biasa dilakukan sebagian orang mungkin hanya mengaktifkan fitur Sleep ataupun Hibernate pada perangkat computer mereka melalui power option - control panel, namun sebenarnya computer tidaklah sepenuhnya mati, dan jika dibiarkan computer dalam keadaan sleep secara terus menerus tentunya dapat memperpendek umur perangkat computer itu sendiri, terutama hardisk sebagai perangkat penyimpanan yang vital.

Untuk sobat yang sayang terhadap perangkat komputernya pastinya akan mengambil langkah untuk menonaktifkan secara benar yaitu melalui shutdown manual. Lantas bagaimana bila keinginan kita untuk mematikan computer yang bisa kita atur sendiri misalkan kita menginginkan agar computer mati setelah kita mengatur waktu beberapa jam atau menit kemudian, atau bisa dikatakan timer otomatis untuk shutdown perangkat computer.

Cara yang umum digunakan adalah menggunakan CMD, namun pada kali ini saya akan membagikan cara membuat apliaksi Timer Shutdown PC otomatis dengan menggunakan Shortcut. Tentunya perintah yang digunakan sama saja dengan perintah yang digunakan pada CMD hanya saja di implementasikan pada bentuk sorcut.

Tutorial Membuat Aplikasi Timer Shutdown Komputer Otomatis :

1. Klik kanan pada desktop Windows – New – shortcut.

Membuat Timer Shutdown Komputer Otomatis Dengan Shortcut

2. Masukan kata Shutdown -s -t 3600 lalu klik Next. tutorial yang saya buat menggunakan waktu 1 jam.

Membuat Timer Shutdown Komputer Otomatis Dengan Shortcut

3600 merupakan satuan waktu secon/detik yang berarti 1 jam. Apabila ingin memendekan lagi waktunya atau memperpanjang waktu dapat menambah dan mengurangi nominal tersebut, misalkan mau diatur mati setelah 10 menit berarti 60 detik x 10 = 600.

3. Setelah itu “Type a name of this shortcut” beri nama sesuai keinginan - klik next dan selesai shortcut siap digunakan.

Membuat Timer Shutdown Komputer Otomatis Dengan Shortcut

Apakah ini bisa digunakan berulangkali ? Bisa, karena apabila computer dihidupkan kembali shortcut masih tetap ada, berbeda jika kita nggunakan CMD harus membuka dan mengetik kembali kodenya. Untuk menghapusnya sobat tidak perlu meng uninstall tinggal Delete saja shortcut tersebut.

Apakah bisa diganti Iconya ? Bisa, sobat tinggak klik kanan pada aplikasi - properties - dan change icon

Membatalkan Perintah Shutdown Komputer Melalui CMD (Command Prompt) :

1. Masuk CMD atau Ctrl + R - CMD
2. Ketikan shutdown.exe -a
3. Enter

Ketika sobat berubah pikiran untuk meng-cancel perintah shutdown tersebut dapat anda batalkan melalui cara diatas atau bisa sobat buat lagi aplikasinya dengan cara seperti membuat shorchut diatas tetapi memasukan kode shutdown.exe –a lalu rename dengan nama Shutdown Cancel atau batal.

Mudah bukan, itulah sedikit tutorial tentang bagaimana cara membuat timer shutdown otomatis untuk mematikan computer dengan shortcut menggunakan perintah CMD dan bagaimana cara membatalkan perintah mematikan komputer melalui CMD. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan selamat mencobanya...

1 Response to "Membuat Timer Shutdown Komputer Otomatis Dengan Shortcut"

Iklan Atas Artikel

Iklan2

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel