Mengubah MBR ke GPT Tanpa Menghapus Data (EaseUS Partition Master)

Dalam perangkat media penyimpanan (storage) selain ada tipe hardisk mekanikal HDD ada juga tipe SSD (solid state drive) dimana mengacu pada teknologi dan inovasi dari kekurangan hardisk sebelumnya, begitu juga dengan 2 jenis partisi style MBR dan GPT pada hardisk.

Kedua jenis partisi GPT dan MBR wajib anda ketahui sebelum melakukan tindakan installan ulang windows atau biasa disebut ''inul'' secara fresh. Namun sebelum lebih jauh sebenarnya apa yang membedakan antara jenis partisi MBR dengan jenis partisi GPT beserta cara convert MBR ke GPT, simak poin-poin berikut.


Perbedaan GPT Dan MBR Pada Hardisk (HDD/SSD)


(GPT) Guide Partition Table

Merupakan standart skema partisi baru pada hardisk yang support UEFI BIOS. Tipe harddisk style ini adalah pengembangan dari pada hardisk tipe MBR yang memiliki beberapa kekurangan.

Partisi GPT juga telah banyak digunakan pada komputer PC dan Laptop keluaran terbaru sehingga memaksimalkan kinerja hardware yang semakin tinggi. Adapun kelebihan GPT secara garis besar diantaranya adalah :

  • Mendukung pastisi hardisk hingga 128 Primary Partition.
  • Mendukung kapasitas penyimpanan hardisk hingga 9ZB (Zetabyte)


(MBR) Master Boot Rercord

Adalah tipe partisi harddisk skema lama yang hingga saat ini masih banyak digunakan oleh pengguna komputer PC & Laptop keluaran lama. Meskipun MBR tetap bisa bekerja baik untuk menjalankan Operating System (OS) terbaru seperti Windows 10 Pro 64-bit.

Hanya saja jika di lihat lebih dalam partisi MBR akan membatasi pengguna untuk membuat 4 primary partition dalam Hardisk HDD/SSD komputer Anda. Jika pembuatan pastisi melalui Disk Management bawaan windows partisi yang tercipta 3 Primary Partition dengan 1 Logical Drive.

Selain itu MBR hanya mendukung kapasitas Hard Disk sebesar 2 TB (Terabyte) atau setara 2048 GB.


Kendala (MBR dan GPT) Saat Install Ulang Windows


Apakah Anda mengalami kendala saat mengistall ulang windows hingga memunculkan pesan seperti berikut :

MBR partition table. On EFI system, Windows can only be installed to GPT disk

Atau

Windows cannot be installed on this disk. The selected disk is of the GPT partition style

Atau

Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks

Dari contoh pesan diatas merupakan peringatan bahwa bootable windows yang sedang anda gunakan untuk menginstal ulang via flashdisk tidak cocok dengan tipe partisi Hardisk yang Anda gunakan.

Dimana proses penginstallan windows melalui bootable flashdisk mengharuskan membuat skema partisi (Partition Scheme) yang sama dengan hardisk yang akan di install MBR dengan MBR, GPT dengan GPT. 

Ini bisa Anda lakukan saat membuat bootable usb menggunakan rufus dengan setting tipe partisi MBR/GPT di dalamnya cara membuat bootable dengan rufus lebih lanjut bisa anda baca Disini.

Hal penting lain convert partisi style ke GPT adalah mungkin dari Anda ingin membuat partisi primary tanpa adanya logical partition lebih dari 4 maka salah satu cara yang tepat adalah merubah disk menjadi GPT. Cara convert GPT/MBR selengkapnya berikut ini.


NOTE! : Pastikan cara ini digunakan sebelum anda belum install ulang Windows. Karena jika tidak berakibat pada gagalnya proses install ulang dan windows anda akan gagal boot terlebih jika anda telah format partisi C: system Windows saat install ulang via bootable Flashdisk.


Cara Mengubah MBR ke GPT Tanpa Menghapus Data HardDisk


Step 1 :

  • Buka EaseUS Partition Master yang telah kalian install.
  • Pada tutorial ini tampilan pada versi 14.0 Unlimited, anda bisa download dan gunakan versi gratisnya Disini.
  • Klik kanan pada disk yang ingin di convert. Pilih Convert to GPT, atau Convert to MBR sesuai kebutuhan Anda.
  • Pada gambar dibawah Disk 0 menunjukan hardisk utama windows pada laptop/PC.

Mengubah MBR ke GPT Tanpa Menghapus Data (EaseUS Partition Master)




Step 2 :

  • Setelah itu klik Execute 1 Operation (no.3) untuk mengeksekusi perintah, klik Apply.
  • Kemudian proses convert akan berjalan via reboot, jika muncul permintraan reboot klik yes saja.

Mengubah MBR ke GPT Tanpa Menghapus Data (EaseUS Partition Master)


Tunggu hingga proses selesai dan pastikan HardDisk anda tidak dalam kondisi trouble (bad sector)

Jika Anda telah terlanjur format partisi C: install ulang dengan menghapus maka cara lain untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat Boolable AOMEI menggunakan flashdisk. Semoga bermanfaat dan membantu Anda mengubah (convert) GPT ke MBR dan sebaliknya.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Mengubah MBR ke GPT Tanpa Menghapus Data (EaseUS Partition Master)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close