5 Langkah Mengirim Folder Lewat Email Gmail di HP dan Laptop

Kembali lagi dengan zotutorial kali ini akan mengulas 5 langkah mengirim folder lewat E-mail Gmail di HP dan Laptop terbaru 2021. Melampirkan file (File Attachment) umum dilakukan ketika akan mengirimkan dokument berupa file pdf, word, excel dan lain sebagainya melalui email, baik email Gmail (Google Mail) maupun email Ymail (Yahoo Mail).

Electronic Mail Atau pesan elektronik yang kemudian biasa di singkat dengan nama Email ini sudah menjadi kebutuhan utama dari rutinitas dan aktivitas manusia dewasa. Karena selain berkomunikasi via aplikasi messengger, voice call dan video call komunikasi dan berkirim pesan melalui Email juga sangat penting dibutuhkan.

Kegiatan mengirim file dan folder lewat email seringkali dilakukan misalnya pada saat melamar pekerjaan atau melampirkan CV, atau dokument suatu pekerjaan kantoran, dan ketika mengirim email untuk keperluan administrasi, penawaran, kerja sama, dan report pekerjaan.


Apakah Bisa Kirim Folder di Email Secara Langsung?

Kendala ketika akan menyisipkan file lewat email Gmail adalah tidak bisa kirim folder secara langsung, mengapa demikian? itu karena email tidak bisa atau tidak support jenis folder. 

Sehingga jika anda ingin mengirimkan beberapa file dalam satu folder melalui Gmail harus di kompres terlebih dahulu agar menjadi ekstensi .zip atau .rar baru selanjutnya bisa di lampirkan pada email.


Ukuran Maksimal Kirim File di Email Gmail?

Pastikan jika mengirim file attachment melalui email Gmail ukuran zip atau rar tersebut tidak lebih dari 25 Mb, karena Gmail hanya bisa support pengiriman file attach max 25 Mb.


Bagaimana Melampirkan File ukuran Lebih dari 25 MB di Gmail ?

Jika file milikmu ukuranya lebih dari 25Mb mungkin 100Mb - 10Gb atau lebih maka anda bisa meng-upload file tersebut pada Google Drive, dan selanjutnya share link google drive tersebut untuk link nya di tempel pada pesan email anda sehingga penerima email bisa download file tersebut melalui Google drive.

Pada Google Drive anda bisa melampirkan file dengan ukuran hingga 15GB. dan tidak hanya itu melalui Penyimpanan online (cloud drive) lain juga bisa kamu lakukan misalnya dropbox, mediafire OneDrive dan sebagainya. Berikut langkah-langkah melampirkan file di email Gmail lewat hp maupun laptop.


5 Langkah Mengirim Folder Lewat Email Gmail di HP Andoid


  1. Buka dahulu File Manager di HP Android milikmu.
  2. Tekan dan tahan folder yang akan di kirim hingga muncul More (Titik 3).
  3. Selanjutnya pilih Compress.
  4. Kamu bisa memberi nama file zip tersebut (rename) jika tidak langsung klik OK.
  5. Kemudian Buka GmailComposeAttach File dan tinggal sematkan file zip tersebut.

5 Langkah Mengirim Folder Lewat Email Gmail di HP dan Laptop

*Tampilan gambar di atas bisa berbeda pada jenis merek ponsel yang berbeda, tetapi secara teknis langkahnya sama saja.

Kamu bisa juga baca Cara Upload dan melampirkan File dari Google Drive.


Cara Melampirkan Folder di Email Gmail Laptop atau PC

Langkah kirim folder melalui email dari laptop dan komputer caranya tidak jauh berbeda dari cara menggunakan hp cara diatas.

1. Siapkan Folder berisi beberapa file yang akan di kirimkan.
2. Klik kanan folder – Send to – Pilih compressed (zipped) folder.
3. Bisa juga menggunakan Add to “foldermu.rar jika anda menginstall rar.

5 Langkah Mengirim Folder Lewat Email Gmail di HP dan Laptop

4. Selanjutnya buka email GmailCompose – dan klik Attach Files.
5. Maka File compress tersebut bisa langsung digunakan untuk dilampirkan pada email.

5 Langkah Mengirim Folder Lewat Email Gmail di HP dan Laptop


Akhir Kata

Cukup mudah bukan dimana intinya anda hanya perlu mengompress file menjadi berekstensi zip atau rar agar bisa dilampirkan. Dimana ini sangat penting ketika akan mengirim berkas pekerjaan, report data, atau portofolio ketika melamar pekerjaan menggunakan email.

Itulah sedikit ulasan dan tutorial tentang 5 langkah dalam mengirim folder lewat email terbaru yang bisa anda lakukan baik di HP android, laptop maupun komputer PC.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "5 Langkah Mengirim Folder Lewat Email Gmail di HP dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close