Tutorial Membuat Efek Bayangan (Drop Shadow) di Photoshop

Tutorial membuat efek bayangan Drop Shadow di Photoshop CS atau CC agar terlihat realistis. Kembali lagi dengan tutorial seputar Adobe Photoshop dari zotutorial. Kali ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat efek bayangan atau shadow pada suatu objek dalam lembar kerja adobe photoshop dengan Fitur Drop Shadow.

Tutorial Membuat Efek Bayangan (Drop Shadow) di Photoshop CS & CC

Apa Drop Shadow Itu?

Dikutip dari Wikipedia dijelaskan bahwa drop shadow adalah efek visual yang terdiri dari elemen gambar yang tampak terlihat seperti bayangan suatu objek, sehingga memberikan kesan objek tersebut ditinggikan atau menonjol lebih tinggi daripada objek yang ada di belakangnya.

Drop shadow ini juga sering digunakan untuk tambahan elemen antarmuka pengguna grafis seperti arah cahaya datang dan untuk tulisan teks. Dengan menggunakan drop shadow akan memberikan kesan lingkungan gambar memiliki bayangan jatuh, karena efek ini secara efektif membedakan teks dari latar belakang yang berwarna sama yang ada di depannya.

Biasanya dropshadow ini umum digunakan pada tulisan atau teks yang ada pada poster, banner sosmed hingga iklan billboard, fungsinya tak lain adalah agar tulisan jelas terlihat dan tidak bias antara background dengan element diatasnya yaitu teks.

Kamu bisa menerapkan efek bayangan ini disemua versi Adobe Photoshop CS6 atau dibawahnya baik CS3, CS4, CS5 hingga Adobe Photoshop CC, hanya saja pada adobe photoshop terbaru tersedia tambahan fitur (+) pada dimana bisa membuat banyak bayangan sekaligus.

Pada tutorial terdahulu juga pernah membahas hal serupa tentang pemberian efek pada font yaitu: Cara membuat bayangan di dalam objek (Inner Shadow) di Photoshop dan juga cara membuat Double Outline (border) Tulisan/Teks dengan Adobe Photoshop.

Penggunaan shadow ini juga agar memperjelas dan memberi efek realistis seperti halnya bayangan dalam kehidupan nyata, sehingga desain terlihat tidak kaku dan flat.

Langkah Membuat Efek Bayangan (Drop Shadow) di Photoshop

Tutorial ini akan mencontohkan membuat bayangan pada tulisan "SHADOW" simak langkah-langkahnya.

  1. Siapkanan backgroud yang ingin dibuat dengan cara open file atau drag & drop ke photoshop.
  2. Buat tulisan atau bisa juga dengan objek lain seberti foto/gambar hasil Crop.
  3. Klik kiri 2x pada layer tulisan untuk memunculkan Layer Style.
  4. Pilih Drop Shadow dan atur angka dari Distance, Spread dan Size.
  5. Atur juga Angle dalam derajat (°) sesuai arah cahaya datang, jika diperlukan.
  6. Jika sudah klik OK, untuk detailnya lihat gambar bergerak dibawah.

Tutorial Membuat Efek Bayangan (Drop Shadow) di Photoshop CS & CC

Nilai Distance, Spread dan Size diatur se-realistis mungkin sesuai dengan keadaan suasana background gambar milikmu agar tidak terlihat kaku.

Kamu bisa juga memberi warna lain pada bayangan tersebut dengan klik pada kotak warna hitam disamping Blend Mode dan pilih warna bayangan yang di inginkan.

Jika ingin menghilangkan bayangan mudah saja kamu tinggal hilangkan centang pada Drop Shadow pada point nomor 4 diatas.

Cukup mudah bukan hanya beberapa kali klik saja sudah bisa membuat efek shadow pada tulisan atau bisa juga dengan objek lain menggunakan adobe photoshop. Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat dan semoga menambah kreatifitas Sobat grafis dalam rancang desain typografi.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Membuat Efek Bayangan (Drop Shadow) di Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close