Membuat Fade In dan Fade Out Video di Adobe Premier Pro CC

Tutorial cara membuat Fade In dan Fade Out Video di Adobe Premier Pro CC memanglah mudah, tetapi tidak semudah pada aplikasi software video editing yang lain, wajar karena aplikasi Adobe Premier Pro diperuntukan untuk kalangan menengah hingga professional editing juga. Tetapi jika para pemula atau awam ingin belajar juga tidak ada salahnya agar menambah skill dan lebih terbiasa dengan proses editing menggunakan Adobe Premier Pro.

Betapa tidak karena rata-rata dunia industri lebih banyak mempersyaratkan kandidat yang ingin join dalam perusahaanya dengan beberapa keahlian aplikasi editing video, dimana dalam salah satu requirement skill yang harus dimiliki adalah dapat mengoperasikan editing Adobe Premier Pro atau After Effect.

Dari sekian banyak proses editing, effek dan transisi yang bisa dibuat menggunakan Adobe Premier Pro salah satu dasar yang umum dan sering digunakan adalah efek Fade in dan Fade Out ketika mengedit sebuah video, tapi sebelumnya bagi yang belum tau apa itu efek fade in & fade out simak ulasan berikut ini.

Apa Video Fade In dan Fade Out itu?

Fade In dalam proses editing video sering digunakan sebagai efek transisi dari gelap atau tidak ada gambar video berlahan muncul tampilan gambar, atau proses transisi opacity dari 0% berlahan naik mencapai 100% tanpa transparency. Sehingga terkesan video muncul secara biasanya diterapkan untuk beralih dari scene ke scene baru.

Sedangkan Fade Out adalah kebalikan dari fade in yaitu proses menghilangnya gambar video secara berlahan atau menurunya opacity dari 100% menuju 0% secara halus, sehingga memberi efek video menghilang atau lenyap, untuk menuju ke scene selanjutnya atau bisa juga ending suatu film dan video.

Efek Yang Sering Digunakan

Proses editing penambahan efe fade in dan fade out ini sangat sering digunakan pada video-video bahkan film bioskop sekalipun juga banyak kan sering menerapkan efek ini pada beberapa scene nya, paling tidak di awal dan di akhir pemutaran film.

Kebutuhan akan editing video semakin meningkat karena semakin banyak juga para konten  creator untuk kebutuhan video channel Youtube. Bukan hanya itu saja karena perusahaan biasanya juga memerlukan dokumentasi video untuk keperluan marketing dan presentasi company profile.

Berikut simak langkah-langkah proses pembuatanya sangat mudah oleh zotutorial.com. Tutorial ini dilakukan menggunakan versi Adobe Premier Pro CC 2018 apabia Anda menggunakan versi di bawah (Adobe Premier Pro CS3, CC 2014, CC 2015) atau diatasnya Premier Pro CC 2020 secara teknis tidak jauh berbeda dalam hal penggunaan dan posisi pengaturan.


Tutorial Membuat Fade In Video di Adobe Premier Pro CC


  • Masukan footage video yang akan diedit kedalam timeline Adobe Premier Pro.
  • Tentukan Start bagian mana yang ingin di beri efek Fade In bisa juga memotong dahulu videonya.
  • Klik pada Effect Controls – fx Opacity – Opacity, Pastikan icon jam (Toggle Animation) berwarna biru yang menandakan Aktif.
  • Tentukan darimana video kosong/blank dimulai – Add Keyframe dengan klik icon (○) – atur Opacity ke 0.0%.
  • Setelah itu geser dimana video akan muncul - klik Add Keyframe (○) – kemudian 

Membuat Fade In dan Fade Out Video di Adobe Premier Pro CC - Proses Fade In
Proses Fade In Video - Adobe Premier Pro CC
Perlu di ingat Opacity 100% = gambar tampil normal, sedangkan Opacity 0% membuat gambar akan hilang atau transparan sepenuhnya.


Tutorial Membuat Fade Out Video di Adobe Premier Pro CC

Pada proses ini sebetulnya kebalikan saja dari cara Fade In diatas. Hanya saja Fade Out dari posisi video gambar tampil kemudian berangsur menjadi hilang secara halus.

  • Tentukan Start waktu dimana video akan hilang secara berlahan.
  • Pastikan Opacity masih di 100% - klik Add Keyframe (○).
  • Geser waktu akhir dimana video akan hilang sepenuhnya – klik lagi Add Keyframe (○) – atur Opacity ke 0.0% dan jalankan untuk melihat hasilnya.

Membuat Fade In dan Fade Out Video di Adobe Premier Pro CC - Proses Fade Out
Proses Fade Out Video - Adobe Premier Pro CC
Mengubah nilai Opacity bisa dilakukan dengan cara klik tahan - geser ke kiri atau ke kanan untuk mengatur nilai.

Dari kedua cara diatas sekarang kamu bisa membuat dan menjadi tahu bagaimana cara mengatur Fade In & Fade Out pada video atau film untuk berbagai keperluan, meskipun caranya tidak se-simple software lain sejenis seperi Sovy Vegas Pro tetapi penggunaan Adobe Premier Pro Ini menjawab kebutuhan para pengguna edit video yang menginginkan eksplorasi lebih dalam mengedit video.

Baca Juga : Cara Edit Video Goyang/Getar/Shaky menjadi Stabil Dengan Adobe Premier Pro

Cukup disini tutorial kali ini tentang cara membuat video Fade In dan Fade Out menggunakan Adobe Premier Pro CC jika bermanfaat dapat mengirimkan tutorial ini ke teman kamu yang suka edit video, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Fade In dan Fade Out Video di Adobe Premier Pro CC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close