Membuat Emboss Efek Tulisan Timbul di CorelDraw Terbaru

Tutorial cara membuat Emboss Efek tulisan timbul di CorelDraw terbaru by zotutorial. Kali ini akan mengulas seputar tulisan dengan menggunakan CorelDraw 2020 untuk efek timbul pada suatu tulisan merupakah hal yang biasa dan kerap dilakukan dalam desain poster, banner, reklame brosur iklan, dan caranya pun terbilang mudah hanya dengan beberapa langlah dengan menggukan software coreldraw maka desain emboss sudah menjadi. Tapi sebelumnya simak dulu apa sih tulisan emboss itu.

Apa Emboss Itu?

Fungsi Emboss sendiri merupakan efek yang akan memberi kesan timbul atau menonjol seperti halnya emblem suatu logo produk atau brand, dan biasanya memang dipergunakan untuk memberi kesan menonjol pada bidang tulisan atau teks yang di desain agar memberi kesan hidup, mencolok dan tidak monoton. Biasanya penulisan efek tulisan timbul ini disertai dengan outline dan shadow atau bisa juga dipadukan dengan efek gradasi.

Efek emboss banyak digunakan pada percetakan cover buku, komik, majalah atau hard cover yang di cetak, apakah kalian pernah mengetahuinya? Jika ya biasanya ini bisa kamu temui saat meraba sebuah cover buku dan terasa timbul itu sebenarnya merupakan penerapan dari emboss. Sedangkan lawan dari emboss adalah deboss yakini efek cekung kedalam yang biasa di temui pada logo kulit dompet.

Ketika menggunakan efek emboss di desain 2D, kamu juga bisa memanfaatkan untuk berbagai rangkaian keperluan, misalnya untuk memberi efek tulisan timbul saat mencetak stiker, atau bisa juga sebagai tambahan kreasi pada content poster agar terlihat lebih menarik. Untuk kamu yang menggunakan versi dibawahnya seperti coreldraw X7 tidak perlu khawatir karena cara menggunakan sama saja.

Langkah Membuat Emboss Efek Tulisan Timbul di CorelDraw 2020


  • Buat Teks/tulisan dengan Text Tool (F8) atur jenis font sesuai keinginanmu di contoh ini menggunakan jenis font Franklin Gothic Heavy.
  • Setelah itu beri warna dasar kamu bisa juga menambah outline jika diperlukan.
  • Kemudian klik Bitmaps pada menu bar – pilih Convert to bitmap, color mode RGB Color (24-bit) centang pada 2 pilihan options – klik OK. Selanjutnya klik Edit Bitmap.

Membuat Emboss Efek Tulisan Timbul di CorelDraw Terbaru

  • Setelah klik Edit Bitmap pada property bar, maka akan diarahkan ke tampilan Corel Photo Paint.
  • Pilih Effects – Texture – Plastic.
  • Setelah itu atur parameternya pada Highlight, Depth dan Smoothness dengan menggeser ke kanan atau kiri.
  • Jika sudah sesuai keinginan klik OK – Save.

Membuat Emboss Efek Tulisan Timbul di CorelDraw Terbaru

Akhir Kata

Sangat mudah bukan, kamu bisa menggunakan fungsi dari Corel Photo Paint ini untuk membuatnya menjadi efek tulisan timbul atau emboss yang jarang digunakan saat mendesain. Fungsi lain corel photo paint sendiri adalah sebagai pengganti dari photoshop yaitu editing foto yang bisa kamu manfaatkan. Dengan demikian selesai sudah ulasan membuat tulisan timbul ini, jika tutorial ini menarik jangan lupa bagikan ke teman kamu. Selamat mencoba.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Membuat Emboss Efek Tulisan Timbul di CorelDraw Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close