Tutorial Mengatur Jarak Tulisan dan Baris di Photoshop (Line Spacing)

Bagaimana cara mengatur jarak tulisan dan baris di photoshop? Pada tutorial ini zotutorial akan membahas mengenai pengaturan jarak antar tulisan atau font, tapi bagi kamu yang belum mengerti sebenarnya apa itu fungsi dari merubah jarak antar kata, simak dahulu ulasan berikut.

Secara default ketika kita menuliskan text pada Adobe Photoshop maka jarak antar kata satu dengan kata yang lainya akan saling renggang atau mungkin juga berhimpitan sesuai dengan masing-masing jenis font yang dipakainya. Belum lagi jarak baris antar tulisan di atas dengan di bawahnya yang mungkin dirasa cukup lebar space nya pasti akan mengganggu pelampilan desain. Maka dari itu kita perlu mengatur jarak tulisan dan juga font agat terlihat lebih menarik dan kompak.

Fungsi lain dari merapatkan space antar baris ini juga tak lain berkaitan dengan estetika penulisan dan mempercantik teknik dalam pedoman Typography. Jika pada penulisan text paragraf maka yang lebih dominan diperhatikan adalah dari jarak antar baris paragraf di bawah dengan baris yang ada di atasnya (Line Spacing) sehingga perlu untuk mengatur manual agar sesuai dengan kebutuhan project desain yang sedang dibuat. Lalu bagaimana caranya mari simak tutorial mengatur jarak antar tulisan dan baris di Photoshop ini.

Langkah Pertama


  • Siapkan text atau tulisan yang akan kamu atur.
  • kemudian klik window pada menu bar dan klik Character

Tutorial Mengatur Jarak Tulisan dan Font di Photoshop (Line Spacing)


Mengatur Jarak Tulisan Baris Atas dengan Bawah


  • Blok tulisan kamu dengan kursor dan klik icon A| pada bilah samping. 
  • Atur pada kolom merah seperti gambar di bawah ini, nilai (pt) semakin tinggi maka lebar jarak antar tulisan atas dengan tulisan bawah menjadi renggang.

Tutorial Mengatur Jarak Tulisan dan Font di Photoshop (Line Spacing)


Mengatur Jarak Antar Font atau Huruf


  • Blok seperti cara diatas kamu beri nilai pada kolom merah dibawah ini.
  • Nilai yang lebih besar maka akan semakin renggang, dan nilai kecil (minus) untuk jarak font yang semakin sempit.

Tutorial Mengatur Jarak Tulisan dan Font di Photoshop (Line Spacing)

Cukup simpel dan mudah tentunya, tetapi untuk anda yang baru berkenalan dan memulai belajar dengan software editing adobe photoshop ini pasti akan kebingungan dalam mencari dimana letak dari pengaturan baris, font dan paragraph di photoshop, bila dirasa penting kamu bisa bagikan informasi dari zotutorial ini kepada teman kamu yang belum paham, semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tutorial Mengatur Jarak Tulisan dan Baris di Photoshop (Line Spacing)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close