Tips sebelum interview (offline dan online) panggilan kerja di perusahaan

Memperoleh panggilan kerja untuk tahapan seleksi interview atau wawancara kerja awal merupakan sesuatu yang paling di tunggu-tunggu oleh para pencari kerja (jobseeker). Di tengah harapan dan persaingan antar peserta tak jarang para pencari kerja rela datang jauh keluar kota hingga luar provinsi untuk menghadiri seleksi interview dan psikotest.

Interview pada umumnya dilakukan dengan kita bertatap muka langsung antar Jobseekers dengan Perekrut atau bisa saya sebut Interview Offline. Namun ditengah teknologi yang pesat kini wawancara juga mulai diaplikasikan secara virtual, yakini Interview Online melalui aplikasi video call.

Tidak ada yang salah interview juga dilakukan secara online ini, selain menghemat cost transportasi, efisien dan juga tidak terkendala oleh jarak, sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke lokasi kerja diluar daerah hingga provinsi. Apalagi di tengah pandemi seperti saat ini. lalu apa saja tips sebelum interview online dan offline? Mari simak poin dibawah ini.

Tips Sebelum Interview Kerja (Offline dan Online)

Tips Sebelum Interview Offline


1. Baca Teliti Detail Informasi 
Baik panggilan langsung maupun Walk In Interview. Pastikan kamu sebelum berngkat interview baca kembali informasi dari email / telp / sms tentang info persyaratan yang dibawa, jam, tempat dan tanggal yang diharuskan atau konfirmasi kehadiran.

2. Pastikan Syarat Telah Lengkap
Sebelum berangkat cek kembali kelengkapan misal Print Out Formulir pendaftaran, surat pernyataan, materai, lamaran, CV lengkap dsb yang di persyaratkan. Jangan sampai gagal interview karena ada salah satu persyaratan yang di wajibkan tidak terpenuhi atau lupa.

3. Membawa ATK Lengkap
Walaupun agendanya interview awal pastikan kamu tetap membawa alat tulis lengkap, karena siapa tahu ada sambungn psikotest sehabis interview atau mengisi blangko formulir. Kecuali sebelumnya sudah dilaksanakan test.

4. Dress Code yang Digunakan
Jangan sampai salah kostum, karena akan mempengaruhi penilaian terhadapmu. Karena ada wawancara yang bersifat Casual kemeja / kaos kerah ada juga yg Formal Office. Bila tidak ada info yang tertera beranikan diri untuk bertanya atau menggunakan standar formal saja ( hijam, putih, pantofel ).

5. Rambut dan Jambang
Pastikan rambut atau jambang kamu potong dan sisir rapi sebelum datang interview. Karena selain penampilan pakaian kamu, rambut yang rapi juga akan membuat kamu terlihat fresh dan kerapian kamu juga dapat membantu penilaian terutama pekerjaan pada posisi Front Office (CS, Kasir, Teller, Pramu Saji).

6. Jangan Sampai Telat!!
Belum jadi karyawan sudah telat apa jadinya ketika sudah masuk? Mungkin itu di benak tim perekrut tentang kedisiplinan kamu jika telat. Pastikan sampai di lokasi 15-30 menit sebelum interview dimulai, karena biasanya juga ada absensi, lapor satpam dsb.


Tips Sebelum Interview Online


1. Testing Dahulu Aplikasinya
Misal menggunakan wa / skype / zoom kamu bisa testing dahulu dengan Hp teman atau keluarga supaya tau kualitas suara, video dan jaringan saat interview online nantinya. Begitu juga dengan penggunaan webcam laptop.

2. Kuota Data Mencukupi
Jika kamu tidak pengguna WIFI pastikan kuota data smartphone kamu mencukupi untuk sesi interview, minimal kamu mempunyai kuota 2-3Gb data atau lebih untuk video confersation.

3. Sipakan Earphone
Jika kualitas suara live video tidak baik saat interview, kamu bisa menggunakan bantuan earphone atau headphone untuk membantu, karena itu persiapkan terlebih dahulu.

4. Pencahayaan Cukup dan Tenang
Pastikan pencahayaan di ruangan yang kamu gunakan untuk interview cukup cahaya tidak redup dan over light. Carilah tempat yg tenang atau tidak banyak gangguan suara kendaraan dan anak-anak.

5. Penyangga HP dan Posisi Duduk
Atur kenyamanan duduk dan body yang terlihat, dari dada keatas pastikan tercakup oleh frame kamera. Agar video tidak goyang jangan pegang dengan tangan, gunakan Holder penyangga smartphone atau di letakan dengan posisi yg kuat & stabil.

6. Charger Perangkat
Isi penuh baterai perangkat yang akan kamu gunakan, jika baterai perangkat drop kamu bisa juga pergunakan sesi interview sambil men-charger.

7. Siapkan Kertas & Pen
Siapkan secarik kertas kosong atau buku catatan yang berguna untuk menulis point yang perlu kamu catat dari pembicaraan dan point yang ingin di tanyakan.

Jangan lupa berdoa dan meminta restu Orang Tua

Semoga tips ini membantu dan menambah refrensi anda semua para job seeker dalam mencari pekerjaan yang anda impikan dan terus melatih kemampuanmu upgrade skill & kompetensi diri.
Jangan lupa share ke kerabat kamu.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Tips sebelum interview (offline dan online) panggilan kerja di perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel