Alat dan 3 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah Yang Efektif

Jika lingkunganmu tempat tinggal banyak hama tikus yang mengganggu maka alat dan 3 cara ampuh membasmi tikus di rumah yang efektif ini wajib Anda simak dan coba. Karena selain merugikan keberadan tikus-tikus ini juga berpotensi menjadi media penyebaran bakteri dan penyakit.

Bagaimana tidak, bayangkan saja tikus hidup di tempat yang kotor seperti pada tempat sampah dan got misalnya, lalu beralih mencari makanan di dapur hingga menyentuh/menginjak perabotan dapur piring sendok dan lain sebagainya, maka bakteri dapat dengan mudah berpindah.

Belum lagi jika kamu memiliki toko perabotan atau toko sembako kelontong maka barang dagangan bisa-bisa di rusak karena di makan atau di lubangi pada kemasanya, pastinya ini sangat merugikan persediaan gadangan kamu bukan, disamping itu juga barang dagangan menjadi kotor dan tidak steril. Sebelum masuk cara membasmi tikus mari simak dahulu jenis-jenis tikus yang ada di lingkunganmu. Tetapi sebelumnya kenali dulu jenis-jenis tikus disekitarmu.

Alat dan 3 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah Yang Efektif

Jenis-Jenis Tikus

Macam jenis tikus sendiri ada beberapa jenis yang umum tempat tinggalnya tergantung dari keberadaan lingkungan dan kecocokan pada tempat tersebut. Jenis tikus yang biasa temui di sekitaran kita diantaranya yaitu tikus celurut, tikus wirok, tikus sawah, tikus rumah dan tikus mencit.

1. Tikus Wirok adalah jenis tikus yang paling besar diantara semua tikus yang ada, dengan ukuran tikus lebih besar daripada tikus pada umumnya.

2. Tikus Sawah sering di jumpai pada pedesaan dan persawaan karen memakan hasil bumi gabah jagung dan sebagainya. Hama ini sering kali menjadi buruan para petani karena kerap merusak hasil panen.

3. Tikus Celurut atau orang jawa menyebut dengan curut merupakan tikus berukuran kecil dengan moncong panjang mengerucut dan bau menyengat yang kurang sedap. Jenis tikus ini juga meninggalkan kotoran bau menyengat pada sudut-sudut tempat atau kolong yang sempit.

4. Tikus Rumah adalah jenis tikus yang paling lincah diantara semuanya karena dia dapat memenjat benda secara vertikal dan kelincahanya sehingga dijuluki pemanjat ulung selain itu juga gesit dalam melompat.

5. Tikus Mencit merupakan jenis tikus yang berukuran kecil mirip dengan tikus rumahan tetapi lebih kepada merusak dengan gigitan perabotan dan elektronik rumah karena kerap kali menggigit kabel atau barang-barang rumah lainya. Tikus ini juga sering di jumpai pada rumah perkotaan.

3 Cara Ampuh Membasmi Tikus Yang Efektif

Bicara soal perangkap tikus banyak memang alat yang bisa digunakan, tetapi dengan cara mana yang efektif kamu gunakan maka perlu untuk kamu kenali dulu kelebihan dan kekurangan pada masing-masing cara.

1. Perangkap Tikus

Penggunaan perangkap ini umum digunakan diantaranya berbentuk seperti jaring besi berukuran kotak dengan umpan dikaitkan di dalamnya yang dapat menutup seketika ketika umpan tergigit oleh tikus. Ada juga jenis perangkap yang bekerja seperti mencapit, dengan umpan di tengah dan ketika tikus memakan maka akan terjepit. Anda juga bisa mendesain sendiri perangkap tikus yang sesuai dengan keinginan dan bentuk. Berbagai jenis perangkap tikus juga banyak tersedia di toko bangunan, pasar hingga toko online.

Kelebihan menggunakan perangkap, tertangkap tidaknya tikus bisa dilihat dan di kontrol pada tempat itu juga, bisa juga mati seketika jika dengan alat jepit.

Kekurangan menggunakan perangkap terkadang tikus rumah yang cerdik dan tidak mau masuk pada perangkap. Dan saat menggunakan alat capit, jika tikus besar tidak dapat mati seketika kemungkinan alat jepitan akan ikut terbawa pergi oleh tikus tersebut.

2. Menggunakan Racun Tikus

Penggunaan racun tikus untuk membasli tikus dirumah bisa dibilang cukup ampuh, tetapi dengan syarat racun tikus yang digunakan original, karena banyak produk KW/Aspal asli palsu yang beredar di pasaran. Racun tikus dapat berupa cairan yang biasanya dijual dengan warna merah atau kuning, dan jenis racun tikus seperti butiran beras berwarna merah yang telah diberi racun. Penggunaan racun tikus cair anda tinggal meneteskan 2 tetes saja pada tengah-tengah umpan makanan tahu, tempe atau lainya dengan diberi sayatan kecil pada bagian tengah agar racun meresap. Pastikan ukuran umpan kecil saja sehingga dapan dimakan sekali habis, misalkan ukuran umpan 1.5cm x 1.5cm.

Kelebihan racun tikus ini sangat efektif untuk semua jenis tikus termasuk juga jenis tikus wirok (ukuran besar)

Kekurangan dari penggunaan racun tikus adalah bila racun tidak kunjung membunuh tikus seketika setelah memakan umpan maka tikus yang mati sulit di temukan keberadaanya.

3. Dengan Lem Tikus

Lem tikus juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat untuk beberapa jenis tikus. Jika kamu tidak ingin menggunakan cara perangkap dan racun tikus maka dengan menggunakan lem tikus bisa menjadi efektif memebrantas hama tikus rumahan. Cara penggunaan lem tikus mudah, kamu bisa meletakan lem pada triplek dengan membeli lem secara melingkar (obat nyamuk) dan dengan memberi umpan makanan di bagian tengah area lem tersebut. Kamu bisa meletakan di tempat tikus biasa berlalu lalang di sekitar rumahmu.

Kelebihan menggunakan lem tikus lebih efektif pada jenis tikus ukuran kecil seperti tikus rumah, tikus mencit dan celurut. Dengan tekstur yang lengket tikus kecil yang terjebak akan kesulitan keluar karena bulu-bulu halusnya juga akan lengket satu sama lain.

Kekurangan dari penggunaan lem tikus adalah tidak efektif pada jenis tikus yang berukuran besar seperti tikus wirok karena jika terjebak pada umpan tersebut maka tikus tetap bisa lolos dari jebakan.

Dari ketiga pilihan cara ampuh membasmi tikus rumah dari zotutorial diatas sekarang kamu bisa menentukan mau dengan cara mana kamu akan menggunakan sekaligus bisa menjadi pilihan Anda dalam mengontrol populasi hama tikus di lingkungan sekitarmu. Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "Alat dan 3 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah Yang Efektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close